Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya Artikel dan Jurnal

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Bedanya artikel dan jurnal terletak pada jenis karyanya. Artikel merupakan jenis karya non-fiksi. Sedangkan jurnal adalah jenis karya tulis ilmiah.
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Artikel dan jurnal adalah dua jenis karya tulis nonfiksi yang didasarkan pada temuan fakta serta data.

Sekilas, artikel memang terlihat mirip dengan jurnal. Namun, jika ditelusuri lebih dalam, artikel dan jurnal adalah dua jenis karya tulis yang berbeda.

Apa bedanya artikel dan jurnal?

Perbedaan artikel dan jurnal

Menurut A Wan Bong dalam buku Menulis Artikel (2022), artikel adalah karya non-fiksi yang memuat fakta, fenomena, juga data tertulis.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian artikel adalah jenis tulisan yang berisi pendapat, alasan, pikiran, dan kritik terhadap suatu persoalan yang sedang terjadi di masyarakat.

Baca juga: Perbedaan Artikel dan Editorial

Dilansir dari buku Pengantar Metodologi Penelitian Sosial (2019) karya Ahmad Tohardi, pengertian jurnal adalah hasil penelitian pada umumnya.

Jurnal adalah hasil penelitian akademis yang biasanya menjadi output atau keluaran hasil studi, seperti skripsi dan disertasi.

Berdasarkan pengertian tersebut, kita bisa mengetahui bahwa salah satu perbedaan artikel dan jurnal adalah jenis karyanya.

Artikel termasuk jenis karya non-fiksi. Sedangkan jurnal termasuk jenis karya tulis ilmiah atau publikasi ilmiah.

Dilihat dari bentuknya, artikel dan jurnal juga berbeda. Artikel merupakan bagian dari karya sastra. Sedangkan jurnal adalah bagian dari karya tulis ilmiah.

Perbedaan bentuk ini turut memengaruhi sifat artikel dan jurnal itu sendiri. Jika artikel bersifat non-fiksi dan informatif, sifat jurnal lebih cenderung pada akademik.

Baca juga: Perbedaan Artikel dan Makalah

Bedanya artikel dan jurnal juga terletak pada muatan atau isinya.

Artikel umumnya memuat berita, informasi, saran, hingga opini. Sedangkan jurnal berisi artikel ilmiah, resensi, hingga konten editorial.

Jika disimpulkan, perbedaan artikel dan jurnal terletak pada pengertian, jenis, bentuk karya, sifat, serta muatan atau isinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi