Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendahuluan untuk Skripsi, Makalah, dan Proposal beserta Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/ katemangostar
Ilustrasi proposal penelitian
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Pendahuluan adalah hal yang penting harus tertulis dan tercantum didalam karya tullis.

Hal ini karena penulisan pendahulan adalah sebagai awal yang baik untuk membahas bagaimana karya tulis tersebut hadir dan dapat diterima masyarakat.

Oleh sebab itu, proses penulisan pendahuluan ini menjadi suatu hal yang menantang. 

Pendahuluan harus ditulis dengan menarik dan menunjukkan adanya ketertarikan antara topik dengan konteks dan juga alas an mengapa karya tulis tersebut dibuat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut ini kami akan menjelaskan pengertian hingga contoh dari pendahuluan skripsi, makalah dan proposal.

Baca juga: Proposal Penelitian Tindakan Kelas: Pengertian dan Penyusunannya

Pengertian Pendahuluan 

Berikut ini pengertian pendahuluan dari skripsi, makalah dan proposal, yakni:

Pengertian pendahuluan skripsi 

Sesuai dengan namanya, bab 1 dalam skripsi berisi pendahuluan yang memuat pengenalan topik secara komprehensif.

Bab ini menguraikan topik dan memberikan uraian yang dapat membantu pembaca untuk mendapatkan gambaran awal tentang isi skripsi, misalnya topiknya, baik pemahaman isi maupun kaitannya dengan topik yang lebih luas atau lebih kecil. 

Pendahuluan berisi informasi mengenai pentingnya topik skripsi, sehingga memberikan impresi atau kesan yang menarik bagi pembaca untuk mengetahui topik skripsi.

Selain itu pendahuluan juga mengandung informasi yang menjembatani dunia pembaca dengan topik skripsi. 

Pengertian pendahuluan makalah 

Makalah merupakan salah satu karya tulis yang berisi mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup tertentu.

Suatu makalah memiliki struktur yang terbagi menjadi 4 bagian yakni pendahuluan, studi kepustakaan, pembahasan dan simpulan atau penutup. 

Pendahuluan pada makalah menguraikan latar belakang masalah yang akan diungkapkan, seperti alasan mengapa masalah tersebut perlu dibahas, kenyataannya data yang ditemukan di lapangan serta tujuan pembahasan. 

Baca juga: Pengertian Proposal, Fungsi, dan Kerangkanya

Pengertian pendahuluan proposal 

Bab pendahuluan merupakan bab pembuka isi sebuah proposal penelitian. Bab ini penting karena pada bab ini dasar, maksud dan arah penelitian ditentukan.

Bab-bab lain tentu harus mengacu pada apa yang menjadi arah dari bab pendahuluan. Dan bahkan temuan maupun kesimpulan dari sebuah penelitian harus mengacu pada bab pendahuluan.

Kesalahan dalam merumuskan bab pendahulan akan berdampak pada semua bagian dalam proposal penelitian maupun hasil temuan penelitian.

Contoh pendahuluan 

Berikut penjelasan mengenai contoh dari pendahuluan makalah, proposal dan skripsi:

Contoh pendahuluan makalah

BAB 1 

Pendahuluan

  1. Latar belakang 

Di era global sekarang ini, pendidikan merupakan sesuatu yang penting bagi semua orang karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa.

Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar dapat menjawab tantangan kehidupan.

Untuk memperoleh pendidikan banyak cara yang bisa ditempuh, diantaranya melalui pendidikan formal dan non formal.

Selain itu pendidikan juga dapat diperoleh melalui jalur non formal salah satunya melalui perpustakaan, khususnya perpustakaan umum. 

Perpustakaan umum mempunyai peran sangat strategis dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, sebagai wahana belajar sepanjang hanya untuk mengembangkan otensi masyarakat agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri.

Menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional, serta merupakan wahana pelestarian kekayaan budaya bangsa, hal ini sesuai dengan yang diamanatkan oleh undang-undang dasar 1945 yaitu sebagai wahana mencerdaskan kehidupan bangsa. (Daryono, 2009:1)

Baca juga: Contoh Latar Belakang Makalah

Contoh pendahuluan proposal 

Pendahuluan 

Latar belakang 

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kehadirat allah swt yang telah memberikan hidayah, inayyah serta rahman dan rahim-Nya sehingga kita senantiasa lancar dalam menunaikan kewajiban dan sukses dalam beraktivitas dan beribadah kepadanya.

Sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjunan kita nabi besar Muhammad SAW sebagai panutan terbaik umat yang membawa cahaya islam. 

Madrasah merupakan tempat dimana berkumpulnya orang-orang untuk menuntut dan mengembangkan ilmu pengetahuan baik ilmu agama maupun ilmu umum yang dijadikan bekal dalam mengarungi kehidupan. 

Contoh pendahuluan skripsi 

Bab 1

Pendahuluan 

  1. Latar belakang 

Angkutan transportasi laut merupakan moda transportasi yang sarat akan regulasi aturan.

Sejak kapal dipesan untuk dibangun hingga kapal beroperasi, selalu ada peraturan yang harus dipatuhi dan didalam proses pelaksanaannya pun selalu dilakukan pengawasan.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mewujudkan keadaan terpenuhinya persyaratan keselamata dan keamanan yang menyangkut angkutan diperairan. 

Namun transportasi dilaut Indonesia saat ini bisa dikatakan sedang mengalami masalah. Kecelakaan laut yang menelan banak korban jiwa dan harta benda terjadi bergantian.

Akar penyebab kecelakaan laut belum ditangani secara serius sehingga bahaya selalu mengintai pengguna jasa angkutan laut setiap saat. 

Menurut capt. Bambang pada data statistic IMO menunjukkan bahwa 85 dari semua kecelakaan laut disebabkan oleh kesalahan manuasia (human eror).

Dimana 60% merupakan kesalahan manajemen seperti kesalahan dalam mengoperasikan kapal atau secara sadar memuat muatan dalam kapal secara berlebihan. 

Baca juga: Cara Menyusun Proposal

 

Referensi:

  • Pasassung, Nikolaus. 2019. Menulis Skripsi. Kendari: Unsultra Press
  • Amirullah. 2022. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Malang: Media Nusa Creative.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi