Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kemajuan Iptek Penting bagi Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
Quizizz
Dampak Iptek
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Rekayasa teknologi yang dikembangkan oleh manusia terus mengalami kemajuan, bahkan menuju kesempurnaan.

Ditemukan beberapa alat yang sangat menunjang pada perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, seperti televisi, komputer, dan sebagainya.

Selain itu, terdapat perkembangan teknologi transportasi yang semakin menunjukkan bahwa dunia ini tanpa batas, seperti mobil, pesawat, kapal yang membuat seakan-akan jarak antardaerah bahkan antarnegera begitu dekat.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sedang dinikmati oleh seluruh masyarakat dunia, termasuk masyarakat Indonesia.

Lalu, mengapa kemajuan iptek penting bagi Indonesia? Salah satu alasan kemajuan iptek penting bagi Indonesia karena pengembangan iptek dalam suatu negara mencakup penggunaannya sebagai sarana untuk menjaga keamanan dan pertahanan negara.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan adanya iptek, pengawasan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan terjangkau. Selain itu, iptek juga dapat membantu dalam penanganan bencana yang tidak diinginkan melalui pemberian peringatan dini atau pengelolaan yang efektif.

Baca juga: Pengertian IPTEK, Dampak, dan Perannya bagi Ekonomi 

Dampak iptek di berbagai bidang

Beberapa dampak iptek di berbagai bidang, yaitu:

Dampak iptek bagi politik

Tidak dapat dimungkiri bahwa kemajuan iptek telah berhasil menanamkan nilai-nilai dalam kehidupan politik bangsa Indonesia yang selama ini dianggap tabu.

Kemajuan iptek menjadikan nilai-nilai seperti keterbukaan, kebebasan, dan demokrasi berpengaruh kuat terhadap pikiran maupun kemauan bangsa Indonesia.

Dengan adanya keterbukaan, dimungkinkan akan dapat mencegah praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme sehingga dapat dicapai pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Pemerintahan yang demokratis sangat dimungkinkan akan meningkatnya kualitas dan kuantitas partisipasi politik rakyat dalam penentuan kebijakan publik oleh pemerintah.

Sementara itu, adanya kebebasan dalam arti kebebasan yang bertanggung jawab, maka setiap orang dapat meningkatkan kualitas dirinya dengan kreativitas dalam kehidupannya tentu saja dalam hal- hal positif.

Dampak iptek bagi ekonomi

Produktivitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.

Oleh karena itu, menyebabkan makin meningkatnya investasi asing atau penanaman modal asing di negara kita dan makin terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri sehingga pertumbuhan ekonomi akan semakin tinggi. 

Hal tersebut mendorong para pengusaha untuk meningkatkan efisiensi dan menghilangkan biaya tinggi karena semakin maraknya penggunaan teknologi akan semakin membuka lapangan pekerjaan.

Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.

Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas karena pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu.

Baca juga: Globalisasi Bidang IPTEK dan Upaya Menghadapinya

Dampak iptek bagi sosial budaya

Kemajuan teknologi dan informasi, serta komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antar manusia dari suatu tempat ke tempat yang lain. Kemajuan teknologi dan informasi yang ditandai dengan munculnya internet dan makin canggihnya alat-alat komunikasi secara langsung telah mempermudah kita untuk memperoleh informasi dari belahan bumi lainnya, sehingga kita secara tidak langsung telah melakukan proses tranformasi ilmu yang sangat bermanfaat bagi kita.

Selain itu juga, dengan adanya informasi tersebut kita bisa mencontoh atau belajar banyak dari tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola berpikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju untuk kemajuan dan kesejahteraan kita.

Dampak iptek bagi hukum, pertahanan, dan keamanan

Pengaruh positif iptek dalam bidang hukum, pertahanan, dan keamanan, di antaranya:

  • Makin menguatnya pertahanan dan keamanan, supremasi hukum, demokratis dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak asasi manusia.
  • Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundangundangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak.
  • Makin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum (polisi, jaksa dan hakim) yang lebih profesional, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Menguatnya supremasi sipil dengan mendudukan tentara dan polisi sebatas penjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara.

Baca juga: Contoh Sikap Tanggung Jawab dalam Pengembangan IPTEK

Dampak iptek bagi pendidikan

Kemajuan iptek memungkinkan pengembangan teleconference kelas virtual atau kelas yang berbasis teknologi dan tidak memerlukan pendidik dan peserta didik dalam satu ruangan.

Iptek memunculkan media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pendidikan pusat. Informasi yang dibutuhkan jadi lebih cepat dan mudah dalam mengakses tujuan pendidikan.

Sistem administrasi pada lembaga pendidikan akan lebih mudah dan lancar berkat adanya penerapan sistem teknologi.

Munculnya metode pembelajaran baru yang memungkinkan pendidik dan peserta didik menjalankan aktivitas belajar mengajar dengan lebih mudah.

Dengan bantuan teknologi, pendidik bisa dengan mudah menerangkan materi pengetahuan, sedangkan peserta didik bisa belajar materi melalui bantuan teknologi abstrak.

Sistem pembelajaran juga tidak harus bertatap muka. Berkat kemajuan teknologi guna mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun. Hal ini akan turut memajukan kualitas pendidikan dari negara tersebut.

Baca juga: Manfaat IPTEK di Bidang Pertanian

 

Referensi:

  • Mujiawati, Yuniar. Serba-serbi Wawasan Kebangsaan. 2020. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Insitute.
  • Apriani, Rani dan teman-teman. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 2019. Yogyakarta: Deepublish
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi