Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis dan Fungsi BankĀ 

Baca di App
Lihat Foto
FREEPIK/VECTORJUICE
Daftar 5 bank di Indonesia dengan laba terbesar pada tahun 2022
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Bank secara harafiah berasal dari bahasa Itali, banco yang artinya bangku. 

Zaman dahulu, bangku digunakan para banker untuk melakukan kegiatan operasional melayani masyarakat atau nasabah. Kemudian istilah itu perkembang menjadi bank. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, pengertian bank adalah badan usaha yang menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan. 

Bank juga bisa didefinisikan sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya menghimpun dana dari masyarakat dan menyakurkannya kembali ke masyarakat, serta memberikan jasa bank lainnya. 

Baca juga: Jenis-jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank

Jenis bank berdasarkan kegiatan operasional 

Terdapat dua jenis bank berdasarkan kegiatan operasionalnya, sebagai berikut: 

Umumnya, bank tradisional berfungsi dengan merilis berbagai produk untuk menampung dana dari masyarakat, seperti tabungan, simpanan deposito, dan simpanan giro. 

Selanjutnya, dana yang terkumpul akan disalurkan dengan memberikan kredit, seperti kredit investasi, kredit modal kerja, kredit konsumtif, dan kredit jangka pendek. 

Selain itu, bank juga menyediakan layanan keuangan seperti kliring, inkaso, pengiriman uang, Letter of Credit, serta jasa lain seperti jual beli surat berharga, bank draft, wali amanat, penjamin emisi, dan perdagangan efek.

Bank syariah telah berkembang pesat saat ini. Bank syariah pertama kali muncul di Indonesia pada awal 1990-an setelah diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tanggal 18 - 20 Agustus 1990. 

Bank syariah merupakan jenis bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam, di mana bank ini mengikuti ketentuan-ketentuan syariah Islam dalam operasinya, terutama dalam hal tata cara bermuamalah secara Islam.

Baca juga: Cara Menghitung Bunga Bank dan Angsuran pada Soal Matematika

Fungsi bank 

Ada dua fungsi bank, yaitu fungsi bank secara umum dan khusus. Berikut penjelasannya: 

Fungsi bank secara umum 

Bank menghimpun dana masyarakat dan menyalurkan kembali pada masyarakat untuk berbagai tujuan atau kenal sebagai Financial Intermediary. 

Fungsi bank secara khusus

Fungsi bank secara khusus terbagi menjadi:

Bank dianggap sebagai lembaga yang sangat bergantung pada kepercayaan sebagai kunci dan landasan utama dalam aktivitas perbankan. 

Kepercayaan ini berkaitan dengan semua operasional yang terkait dengan kepentingan nasabah. 

Ketika masyarakat menyetorkan dana ke bank, ini menunjukkan bahwa mereka sudah memiliki kepercayaan pada lembaga keuangan tersebut. 

Tujuannya adalah agar masyarakat sebagai nasabah dapat mengambil uang kapan saja tanpa masalah dan tanpa takut bank akan bangkrut, dan sebagainya. 

Selain itu, kepercayaan ini juga dilakukan oleh bank kepada nasabah dalam hal pemberian pinjaman. Bank akan menilai kemampuan nasabah untuk mengembalikan pinjaman yang diambil.

Baca juga: Bank Sentral: Pengertian dan Tugasnya

  • Agent of development 

Ini disebabkan oleh kemampuan bank untuk menawarkan berbagai aktivitas seperti investasi, distribusi, konsumsi, atau jasa yang menggunakan uang sebagai medianya, yang mendorong masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan tersebut.

Semua kegiatan perbankan memiliki pengaruh yang besar terhadap pembangunan ekonomi masyarakat. Sektornya terdiri dari sektor riil dan moneter, yang saling mempengaruhi. 

Jika salah satu sektor tidak berjalan dengan baik, maka sektor yang lain juga akan terpengaruh dan tidak akan berjalan dengan baik.

  • Agent of service 

Bank menyediakan berbagai layanan keuangan seperti penyimpanan dana, pemberian pinjaman, dan lain-lain. 

Sebagai pengumpul dana masyarakat, bank bertujuan untuk memberikan layanan yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi masyarakat. 

Oleh karena itu, layanan yang disediakan harus sesuai dengan kebutuhan perekonomian masyarakat.

Baca juga: Fungsi Bank Sentral dan Contohnya

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi