Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Penyakit Pada Telapak Kaki

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi tujuh penyakit pada tepalak kaki yang sering terjdadi
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Fungsi telapak kaki adalah sebagai tempat tumpuan saat berjalan. Jika mengalami masalah, maka aktivitas berdiri dan berjalan akan terganggu.

Ada berbagai jenis kondisi yang dapat menyebabkan sakit pada telapak kaki dengan gejala dan cara penanganan yang berbeda-beda.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut tujuh penyakit yang terjadi pada telapak kaki, yaitu:

Kapalan

Kapalan merupakan salah satu masalah kulit yang paling kerap timbul di telapak kaki. Lapisan kulit yang tebal serta mengeras ini dapat terbentuk ketika kulit mencoba untuk melindungi dirinya dari gesekan dan tekanan.

Penebalan kulit ini kadang kala menyebabkan rasa sakit ketika melangkah karena adanya gesekan serta tekanan. Apabila tidak menimbulkan rasa sakit, kapalan tak perlu untuk diobati.

Meski demikian, jika kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman, ada perawatan rumahan serta obat-obatan oles yang berguna untuk mengatasi kapalan.

Baca juga: 3 Fungsi Telapak Kaki

Plantar warts

Plantar warts ini sebetulnya memiliki bentuk yang cukup mirip seperti kapalan. Masalah kulit yang satu ini juga sering kali muncul pada kulit-kulit bantalan, misalnya pada bagian tumit atau telapak kaki.

Tekanan serta gesekan bisa menyebabkan kutil plantar tumbuh ke bagian dalam di bawah lapisan kulit yang keras serta tebal (kalus).

Perbedaan plantar warts dengan kapalan, plantar warts disebabkan oleh adanya sebuah virus yakni human papillomavirus.

Virus ini bisa dapat ke dalam tubuh melalui luka kecil atau titik lemah lainnya yang berada pada bagian bawah kaki. Umumnya plantar warts bukanlah merupakan masalah kesehatan yang serius serta bisa hilang tanpa pengobatan khusus.

Plantar fasciitis

Plantar fasciitis merupakan salah satu penyebab yang umum atas terjadinya rasa nyeri pada bagian tumit.

Kondisi ini dapat terjadi saat pita pada jaringan tebal yang membentang di bagian bawah kaki serta menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki yang mengalami peradangan.

Peradangan inilah yang menyebabkan adanya rasa nyeri menusuk yang umumnya terjadi ketika sedang melakukan langkah pertama di pagi hari.

Ketika bangun dan bergerak, rasa sakit umumnya akan berkurang, tetapi mungkin terasa kembali setelah lama berdiri atau ketika berdiri setelah duduk.

Baca juga: 5 Cedera yang terjadi Pada Pergelangan Kaki dan Perawatannya

Tarsal tunnel syndrome

Tarsal tunnel syndrome (TTS) disebabkan karena adanya tekanan berulang yang mengakibatkan terjadinya kerusakan pada saraf tibialis posterior atau saraf yang berada dekat dengan pergelangan kaki.

Saraf tibialis berjalan melewati terowongan tarsal, yang adalah lorong sempit di dalam sebuah pergelangan kaki. Kerusakan saraf tibialis secara umum dapat terjadi ketika ada tekanan yang konsisten.

Ketika mengalami TTS, mungkin kita akan mengalami rasa nyeri, mati rasa, atau pun kesemutan.

Nyeri ini dapat dirasakan di mana saja pada sepanjang saraf tibialis, tetapi umumnya dirasakan di daerah telapak kaki atau dalam pergelangan kaki.

Telapak kaki datar (flat feet)

Mayoritas orang mempunyai lengkungan pada bagian tengah telapak kakinya. Walau begitu, pada orang yang mengalami kelainan flat feet, telapak kakinya tidak mempunyai lengkungan dan bentuknya hanya datar saja.

Kebanyakan orang tak mempunyai pertanda atau gejala yang berhubungan dengan kelainan kaki datar.

Meski demikian, beberapa orang yang memiliki kelainan kaki datar mengaku mengalami nyeri kaki, terutama pada area lengkungan dan tumit.

Rasa nyeri dapat memburuk ketika orang tersebut sedang beraktivitas. Pembengkakan pada sepanjang bagian dalam pergelangan kaki juga dapat terjadi.

Kaki datar bisa terjadi ketika lengkungan tak berkembang ketika sedang dalam masa kanak-kanak. Dalam kasus lain, flat feet bisa berkembang setelah cedera atau seiring dengan bertambahnya umur.

Baca juga: Fungsi Tulang Pergelangan Kaki dan Ligamennya

Metatarsalgia

Metatarsalgia merupakan suatu kondisi dimana bagian metatarsal atau telapak kaki mengalami nyeri yang diakibatkan karena adanya peradangan.

Kondisi ini kerap kali dialami oleh atlet lompat atau atlet lari. Ada juga beberapa penyebab lainnya, termasuk kelainan bentuk kaki, dan ukuran sepatu yang terlalu longgar atau pun terlalu ketat.

Perawatan sederhana di rumah, seperti menggunakan kompres es dan beristirahat, kerap kali mampu untuk meredakan gejala.

Mengenakan alas kaki dengan ukuran yang tepat dengan sol penyerap guncangan atau penyangga lengkungan bisa mencegah dan meminimalisir terjadinya metatarsalgia.

Bunion

Bunion merupakan kelainan yang berupa benjolan tulang. Bunion terbentuk pada sendi pada daerah pangkal jempol kaki.

Bunion dapat terjadi saat beberapa tulang pada bagian depan kaki bergerak keluar dari tempatnya semula.

Hal ini dapat menyebabkan ujung jempol kaki tertarik ke arah jari-jari kaki yang lebih kecil sehingga memaksa sendi pada pangkal jempol kaki menjadi menonjol. Kulit yang berada di atas bunion mungkin akan tampak merah dan terasa perih.

Baca juga: Tulang Pergelangan Kaki: Bagian dan Jenis-jenisnya

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi