Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Struktur Tulang dan Sendi Pergelangan Tangan

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi susunan tulang pergelangan tangan
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Setiap hari kita menggunakan pergelangan tangan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti membuka pintu, memasak, mencuci, dan mengangkat benda.

Seringkali kita lupa betapa pentingnya tulang pergelangan tangan dalam aktivitas kita sehari-hari, dan jika terjadi cedera atau sakit, akan sangat mengganggu aktivitas kita.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pergelangan tangan terdiri dari susunan tulang, sendi, dan saraf yang berfungsi untuk menjaga agar tangan dapat bergerak dengan baik.

Baca juga: Bagian dan Jenis Tulang Manusia

Struktur tulang pergelangan tangan

Pergelangan tangan kita terdiri dari delapan tulang berukuran kecil yang bisa disebut dengan tulang karpal.

Baris proksimal tulang karpal berisi tulang yang berartikulasi dengan lengan bawah (radius dan ulna), dan barisan tulang karpal bagian timur berartikulasi dengan tulang panjang pada tangan (metacarpals).

Selain berukuran kecil, tulang karpal memiliki bentuk kotak, oval dan segitiga. Fungsi dari sekelompok tulang karpal ini membuat pergelangan tangan menjadi kuat dan juga lentur.

Tanpa adanya delapan tulang karpal ini, persendian pergelangan tangan tidak akan bekerja secara baik dan maksimal.

Berikut adalah delapan jenis tulang karpal yang perlu diketahui:

Tulang scaphoid memiliki bentuk seperti perahu panjang dan terletak di bawah ibu jari. Tulang ini merupakan tulang terbesar di pergelangan tangan dan membentuk bagian samping dari terowongan karpal.

Fungsi tulang ini adalah menjaga stabilitas dan pergerakan pergelangan tangan. Namun, tulang ini rentan patah jika terjatuh atau melakukan gerakan tangan yang terlalu cepat. Jika tidak diobati, patah tulang scaphoid dapat menyebabkan masalah pada tulang lain di sekitarnya.

Terletak di samping tulang skafoid dengan bentuk seperti bulan sabit kecil. Tulang lunate menjadi pusat dari tulang karpal pada barisan proksimal di susunan pergelangan tangan.

Fungsi dari tulang ini adalah membentuk permukaan distal artikular pada sendi radiocarpal dengan tulang scaphoid dan tulang triquetrum.

Baca juga: Tulang Belikat: Posisi, Fungsi, dan Masalahnya

Trapezium terletak di antara tulang scaphoid dan tulang metakarpal ibu jari dengan bentuk seperti trapesium.

Tulang ini adalah tulang karpal pada pergelangan tangan yang termasuk ke dalam barisan distal. Tulang ini memiliki fungsi untuk membentuk persendian pada pergelangan tangan.

Pada bagian atas, tulang ini berbatasan dengan tulang metakarpal ibu jari dan jari telunjuk. Sementara pada bagian tengah tulang ini berdekatan dengan tulang trapezoid. Pada bagian bawah tulang ini berbatasan dengan tulang scaphoid.

  • Trapezoid

Trapezoid terletak di samping tulang trapesium dengan bentuk seperti irisan. Tulang ini termasuk tulang yang berukuran paling kecil.

Tulang trapezoid terletak di antara tulang trapezium dan tulang capitate. Bersama dengan tulang trapezium, tulang trapezoid dikenal sebagai multangular.

  • Capitatum

Capitatum terletak di tengah pergelangan tangan dengan bentuk seperti oval. Tulang ini adalah tulang karpal yang paling besar yang letaknya berada di tengah barisan distal.

Posisi tulang ini berada pada bagian tengah, sehingga membuatnya terlindungi dan hampir tidak mungkin mengalami patah atau fraktur.

  • Hamatum atau hamate

Tulang karpal ini juga merupakan tulang yang terletak pada barisan distal. Terletak pada bagian bawah tulang jari kelingking di pergelangan tangan.

Sama seperti tulang karpal lainnya, tulang hamatum memiliki fungsi membentuk sendi di pergelangan tangan.

  • Triquetrum

Triquetrum terletak di bawah tulang hamatum, tulang ini memiliki bentuk segitiga atau mirip dengan bentuk piramida kecil. Pada barisan proksimal dalam tulang karpal, tulang triquetrum berada pada bagian tengah.

Sama halnya dengan tulang lunatum, fungsi dari tulang pada pergelangan tangan ini adalah membentuk permukaan distal artikular pada sendi radiocarpal, bersama dengan tulang scaphoid dan tulang lunate.

  • Pisiform

Tulang pisiform terletak di bagian atas atau ujung tulang triquetrum dengan bentuk tulang bulat kecil.

Sama dengan tulang triquetrum, pada barisan proksimal tulang karpal, tulang pisiform ini juga terletak pada bagian tengah. Tulang ini juga bisa sebut sebagai tulang sesamoid yang berada dalam tendon fleksor karpi ulnaris.

Baca juga: Tulang Pipih: Struktur, Fungsi, dan Daftar Tulang Pipih

Sendi pergelangan tangan

Tidak hanya susunan tulang, pada pergelangan tangan juga terdapat tiga sendi utama, yaitu:

  • Sendi Radiocarpal

Sendi radiocarpal menghubungkan antara jari-jari dan tulang lengan bagian bawah, tepatnya terletak pada sisi ibu jari dari pergelangan tangan.

  • Sendi Ulnocarpal

Sendi ulnocarpal menghubungkan ulna dan tulang pergelangan tangan lunate dan triquetrum, tepatnya terletak di sisi jari kelingking.

  • Sendi Radioulnar Distal

Sendi radioulnar distal menghubungkan antara ujung bawah jari-jari dan ulna, terletak di sekitar pergelangan tangan.

Fungsi sendi dalam pergelangan tangan membantu menghubungkan antara tulang-tulang di telapak tangan dan lengan.

Tanpa adanya sendi-sendi ini, pasti akan kesulitan untuk menggerakkan pergelangan tangan, seperti menggenggam, menyentuh, memutar tangan dan lain-lain.

Baca juga: Tulang Rawan: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi