Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Korologi menjadi Prinsip Geografi yang Paling Komprehensif?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Mengapa prinsip korologi menjadi prinsip yang paling komprehensif? Karena korologi terdiri atas beberapa prinsip geografi.
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Dalam geografi, dikenal 10 prinsip untuk mempelajari berbagai fenomena di permukaan Bumi.

Salah satu prinsip yang dikenal paling komprehensif adalah prinsip korologi. Prinsip ini pertama kali diperkenalkan pada 1905 oleh Alfred Hettner.

Menurutnya, korologi adalah ilmu tentang berbagai wilayah di permukaan Bumi, berikut dengan perbedaan serta relasinya.

Lantas, tahukah kamu mengapa prinsip korologi menjadi prinsip geografi yang paling komprehensif?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan korologi menjadi prinsip yang paling komprehensif

Dikutip dari buku Pemanfaatan dan Penerapan IOT di Berbagai Bidang (2023) karya Ade Putra dkk, korologi menjadi salah satu prinsip umum dalam geografi.

Sebab, pada dasarnya, prinsip ini merupakan gabungan dari beberapa prinsip geografi lainnya. Oleh sebab itu, prinsip korologi menjadi salah satu ciri studi geografi modern.

Baca juga: Ruang Lingkup Geografi: Fisik, Regional, dan Sosial

Menurut Akrim dalam Buku Ajar Strategi Pembelajaran (2022), korologi menjadi prinsip geografi yang paling komprehensif karena merupakan perpaduan beberapa prinsip.

Korologi mempelajari gejala, faktor, juga masalah geografi yang ditinjau dari segi penyebarannya dalam konteks keruangan.

Sebagai prinsip geografi yang paling komprehensif, korologi tidak hanya terbatas pada gejala, faktor, atau masalah, melainkan turut memperhatikan penyebaran dan interaksinya.

Berdasarkan sudut pandang korologi, suatu masalah, gejala, atau faktor geografi saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lain dalam konteks keruangan.

Karena itulah, prinsip korologi dalam geografi turut meninjau persebaran, interelasi, interaksi, beserta integrasinya dalam suatu ruangan.

Jika disimpulkan, alasan mengapa prinsip korologi menjadi prinsip geografi yang paling komprehensif karena korologi merupakan gabungan dari berbagai prinsip geografi.

Sebagai suatu prinsip geografi, korologi mempelajari berbagai unsur yang ada dalam konteks keruangan, yakni permukaan Bumi itu sendiri.

Baca juga: Prinsip-Prinsip Dasar Geografi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi