Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hewan yang Melakukan Hibernasi

Baca di App
Lihat Foto
SMITHSONIAN/Carla Frare
Tupai tanah Arktik bisa berhibernasi hingga delapan bulan. Ilmuwan mencoba mempelajari hibernasi hewan ini untuk mencari cara membuat manusia dapat melakukan misi perjalanan luar angkasa yang lama, tanpa bergerak.
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Fungsi dari hibernasi salah satunya adalah untuk menghemat energi. Energi yang ada di dalam untuk akan dihemat selama periode tertentu. Khususnya ketika tidak lagi tersedia makanan yang cukup untuk bertahan hidup.

Ada beberapa contoh hewan yang melakukan hibernasi. Di antaranya:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tupai Tanah Golden Mantled (Citellus lateralis)

Hewan ini banyak ditemukan di bagian barat Amerika Utara. Tepatnya pada lintang 1500 m sampai 3600 m. Di antara bagian selatan California dan bagian utara British Columbia.

Secara normal, mereka melakukan hibernasi mulai dari 3 bulan sampai 4 bulan. Mereka akan mengkonsumsi makan secara cepat.

Hal itu akan membuat berat badan mereka meningkat. pada saat menjelang hibernasi dimulai, bulan Oktober.

Baca juga: 12 Contoh Hewan Vivipar

Serangga

Beberapa spesies serangga akan memperlihatkan pula inaktif selama masa perkembangan dan pertumbuhan berhenti.

Serta metabolisme yang berkurang cukup banyak. Pada keadaan tersebut, umumnya akan disebut dengan diapause.

Meskipun ketika dikorelasikan dengan bulan-bulan pada musim dingin, maka hal itu dapat dikategorikan sebagai hibernasi.

Kelelawar

Hewan yang melakukan hibernasi selanjutnya adalah kelelawar. Beberapa kelelawar adalah seorang hibernator. Contohnya seperti kelelawar coklat besar atau Big Brown Bat.

Mereka akan hidup berkelompok dalam jumlah yang cukup besar ketika musim dingin tiba. Para kelelawar tersebut akan menggantung turun dan naik dengan sayap dan ekornya. Mereka akan menutupi tubuhnya.

Tujuannya adalah untuk menjaga agar tubuh tetap terasa hangat. Temperature tubuh mereka akan turun. Hal itu akan membuat mereka terlihat seperti sudah mati.

Kelelawar akan melakukan hibernasi selama 7 bulan. Tepatnya pada bulan Oktober, sampai bulan April. Mereka hanya akan bangun satu kali saja dalam sebulan.

Kelelawar akan membangun semua kehangatan selama proses hibernasi. Caranya adalah dengan membuat lubang tiruang yang ukurannya sebesar ibu jari mereka.

Katak

Katak adalah salah satu hewan yang melakukan hibernasi. Mereka akan melakukan hibernasi di sekitar dasar sungai. Selain itu, mereka akan hibernasi di kolam, dimana airnya tidak dingin dan tidak membeku.

Katak woodland ditemukan di bawah kotoran dan di bawah daun-daun. Selama musim dingin, mereka akan membeku. Akan tetapi, jika musim semi datang mereka akan kembali cair dan bangun.

Baca juga: Contoh Paragraf Deskripsi tentang Hewan

Ular

Hewan yang melakukan hibernasi selanjutnya adalah ular. Ular akan melakukan hibernasi secara bersama ke dalam sebuah lubang. Tujuannya adalah agar dapat menjaga mereka tetap hangat.

Lubang-lubang yang dibuat oleh ular dapat ditemukan pada sekitar bebatuan. Selain itu, dapat juga ditemukan di lubang tersembunyi dan dasar-dasar sumur yang sudah  tua.

Kumbang

Para kumbang akan menghabiskan musim dingin mereka dengan melakukan hibernasi. Hal itu dikenal dengan nama diapause. Mereka akan menjadi gemuk, menjelas musim dingin.

Hal itu karena mereka akan banyak makan aphid dan pollen. Kemudian, mereka akan bersembunyi di dalam sebuah bangunan. Selain itu, tempat persembunyian mereka adalah di bawah batang-batang kayu, gundukan daun-daunan dan batu-batuan.

Baca juga: Mengapa Manusia dan Hewan Disebut Konsumen?

Beruang

Hibernasi yang dilakukan oleh beruang ini berlangsung secara unik. Pelaksanaannya berlangsung dari 3 bulan sampai 7 bulan. Hal itu ditandai dengan temperatur tubuh yang mendekati normal.

Saat musim semi sampai musim gugur berakhir, beruang akan makan jauh lebih banyak daripada biasanya. Hal itu bertujuan agar mereka memiliki timbunan lemak.

Kebiasaan makan itu disebut hyperphagia. Beruang dapat makan segala hal. Mulai dari buah, ikan, serangga, rumput, akar, bahkan hewan kecil lainnya. Mereka dapat makan sebanyak 45 kilogram makanan dalam sehari.

Hal itu membuat berat badan yang ditambah per minggunya mencapai 15 kg atau 30 pound. Beruang akan membuat sarang di bawah pohon-pohon yang ukurannya besar atau di bawah air terjun dan di lubang gua. 

Pembuatan sarang beruang tersebut terbilang rumit. Prosesnya bisa berlangsung dari 3 hari sampai 7 hari.

Kemudian mereka akan menutupi sarang tersebut dengan dahan dari pohon cemara. Kantong udara yang ada di dasar sarang juga ditujukan untuk menjebak energi panas.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi