Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulan Descriptive Text dan Terjemahannya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi Kumpulan Descriptive Text dan Terjemahannya
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Ervina, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Descriptive text adalah teks yang menggambarkan sesuatu, seseorang, hewan, atau suatu tempat secara khusus.

Berikut disajikan contoh descriptive text:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Descriptive text 1

My Dog, Jojo

My father bought me a present I’ve wanted for years. It’s a dog. A puppy to be exact. I called him Jojo.

Jojo is a small puppy. His size is as big as the palm of my hand. Jojo is so fragile. Sometimes I afraid I will hurt him if I want to take him up. Dad said he found Jojo near our house, crying looking for his mom. But Dad can’t see her, so Dad decides to bring him home and give him some comfort.

Jojo is a good eater. He always finished everything we gave him. Now, it’s been a year since Jojo come to our family. His small body has grown up into a size of a football ball. Jojo is a good dog, and we love him so much.

Terjemahan:

Anjingku, Jojo

Ayahku membelikan hadiah yang saya inginkan selama bertahun-tahun, yaitu anjing. Seekor anak anjing tepatnya. Aku memanggilnya Jojo.

Jojo adalah anak anjing kecil. Ukurannya sebesar telapak tanganku. Jojo sangat rapuh. Terkadang aku takut akan menyakitinya jika aku ingin mengangkatnya. Ayah bilang dia menemukan Jojo di dekat rumah kami, menangis mencari ibunya. Tapi Ayah tidak bisa menemukan ibunya, jadi Ayah memutuskan untuk membawanya pulang dan menghiburnya.

Jojo adalah pemakan yang baik. Dia selalu menyelesaikan semua yang kami berikan padanya. Sekarang, sudah setahun sejak Jojo datang ke keluarga kami. Tubuhnya yang kecil telah tumbuh menjadi seukuran bola sepak. Jojo adalah anjing yang baik, dan kami sangat menyayanginya.

Baca juga: Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

Descriptive text 2

My Rabbit, Tutu

I have a pet. My pet is a rabbit. My rabbit’s name is Tutu. Tutu is a small rabbit. She has beautiful light brown fur. Her fur is clean and soft. Her ears are shorter than any other rabbit. Tutu also has big round and black eyes. Her fingers are so small and soft.

Tutu loves eating carrot and green veggie so much. She eats well and on time. Tutu can sleep for hours if her stomach is full.

Tutu is a very smart and funny rabbit. She also loves play with books, especially colorful and full picture books. She acts like she can read those books. I love Tutu so much.

Terjemahan:

Kelinciku, Tutu

Saya punya hewan peliharaan. Hewan peliharaan saya adalah kelinci. Nama kelinci saya adalah Tutu. Tutu adalah kelinci kecil. Dia memiliki bulu coklat muda yang indah. Bulunya bersih dan lembut. Telinganya lebih pendek dari kelinci lainnya. Tutu juga memiliki mata bulat besar dan hitam. Jari-jarinya begitu kecil dan lembut.

Tutu sangat suka makan wortel dan sayuran hijau. Dia makan dengan baik dan tepat waktu. Tutu bisa tidur berjam-jam jika perutnya kenyang.

Tutu adalah kelinci yang sangat cerdas dan lucu. Dia juga suka bermain dengan buku, terutama buku yang penuh warna dan bergambar. Dia bertindak seperti dia bisa membaca buku-buku itu. Saya sangat mencintai Tutu.

Baca juga: Descriptive Text: Pengertian, Struktur Isi, Unsur Kebahasaan, Contoh

Descriptive text 3

My Friend, Louis

Louis is my friend since we are kid. We are neighbour and we always go to the same school. Louis is taller than me. He has blonde hair and pointed nose. His favourite food is hamburger with fries and coke. We often playing video games together in my house. But sometime we love swimming in water park near our neighbourhood. Louis and I are best friend forever.

Terjemahan:

Temanku, Louis

Louis adalah temanku sejak kami kecil. Kami tetangga dan kami selalu pergi ke sekolah yang sama. Louis lebih tinggi dariku. Dia memiliki rambut pirang dan hidung mancung. Makanan favoritnya adalah hamburger dengan kentang goreng dan coke. Kami sering bermain video game bersama di rumah saya. Tapi terkadang kami suka berenang di taman air dekat lingkungan kami. Louis dan aku adalah sahabat selamanya.

Baca juga: Ciri-ciri dan Struktur Descriptive Text

Descriptive text 4

My Bedroom

My bedroom is my favorite room. The wall color is blue, which is my favorite color. it’s one snug bed that faces the window. Every morning, the sun shines through my window and wakes me up. I put my table for study and do my prep at the corner. Beside that table, there is a massive wardrobe wherever I place all of my garments.

My father created the wardrobe on behalf of me as my birthday present. On the left aspect of the table, there’s a shelf wherever I place all of my favorite books. On the table, there’s a lamp, laptop, stationery, and notebook. although my room is tiny and straightforward, I notice it is terribly cozy.

Terjemahan:

Kamarku

Kamar tidurku adalah kamar favoritku. Warna dindingnya biru, yang merupakan warna favorit saya. itu satu tempat tidur nyaman yang menghadap ke jendela. Setiap pagi, matahari bersinar melalui jendelaku dan membangunkanku. Saya meletakkan meja saya untuk belajar dan melakukan persiapan di sudut. Di samping meja itu, ada lemari besar tempat saya meletakkan semua pakaian saya.

Ayah saya membuat lemari pakaian atas nama saya sebagai hadiah ulang tahun saya. Di sisi kiri meja, ada rak tempat saya meletakkan semua buku favorit saya. Di atas meja, ada lampu, laptop, alat tulis, dan buku catatan. meskipun kamar saya kecil dan sederhana, saya perhatikan sangat nyaman.

Baca juga: Descriptive Text: Definition, Purpose, dan Structure

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi