Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulan Recount Text dan Terjemahannya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi kumpulan recount text beserta terjemahannya
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Ervina, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Recount text adalah teks yang menceritakan kembali suatu pengalaman atau kejadian kepada pembaca atau pendengarnya.

Berikut disajikan contoh recount text:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Recount text 1

My Grandpas Hometown

Two weeks ago, I and my family were in my grandpa’s hometown. it is our annual agenda every holiday in the end of Semester. Unfortunately, it was rainy season there.

it rained almost every day there. We had no enough time to visit some tourism places there because of the rain. We had no enough sunlight even to dry up our laundries. As a result, we just stayed at home almost all day long.

Seeing the condition, we decided to make an interesting activity indoor to spend the holiday together. The activity we chose that day was making funny videos directed by me. Finishing the videos, we edited them and made them uploaded in YouTube.

By doing this, we could kill our boredom of staying at home because of the rain and made a creative activity instead.

Terjemahan:

Kampung Halaman Kakekku

Dua minggu yang lalu, saya dan keluarga saya berada di kampung halaman kakek saya. itu adalah agenda tahunan kami setiap liburan akhir semester. Sayangnya, di sana sedang musim hujan.

Hujan hampir setiap hari di sana. Kami tidak punya cukup waktu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di sana karena hujan. Kami tidak memiliki cukup sinar matahari bahkan untuk mengeringkan cucian kami. Akibatnya, kami hanya berdiam diri di rumah hampir sepanjang hari.

Melihat kondisi tersebut, kami memutuskan untuk membuat aktivitas menarik di dalam ruangan untuk menghabiskan liburan bersama. Kegiatan yang kami pilih hari itu adalah membuat video lucu yang saya sutradarai. Selesai video, kami mengeditnya dan mengunggahnya di YouTube.

Dengan melakukan ini, kita bisa membunuh rasa bosan kita tinggal di rumah karena hujan dan membuat kegiatan kreatif.

Baca juga: Personal Recount Text: Pengertian, Fungsi Sosial, Struktur, Kebahasaan

Recount text 2

My Holiday in China

Few years ago, I spent my holiday in China. I went there with my friends. It was an unforgettable moment for me.

On the first day, I was landed at Pudong International Airport around 7 a.m. Then we went straight to hotel to put all of our luggage and took shower. After breakfast, our bus came to pick up and sent us to several places. The first place we visit called The Bund Shanghai. It was a very famous place for tourist. We enjoyed the beautiful river and building’s view before had our lunch.

On the next day, we visited an International School in Shanghai. The school was very big and full of high-tech facilities. Me and my friends were so impressed.

The third day, we moved to Hangzhou by bus, and visited a very famous lake there, West Lake. This lake is well known by the white snake legend. After two days in this city, we continued our trip to Suzhou.

Suzhou was famous for its silk industry. Our tour guide took us to a shopping center, special for silk product. None of us bought anything because the products were expensive.

The next morning, we went to Beijing by express train. I was so excited because I never experience with that kind of high-speed train before, around 300 km/hours! In Beijing, we visited The Great Wall of China, The Palace Museum and historical place, Tiananmen.

On the last day, I bought some souvenirs for my family and friends, like perfumes, pens, and bags. I also ate some unique fruits that I never tasted before. It’s a very fantastic experience for me and my friends.

Finally, I went back to Jambi again after 10 days wonderful trip in China. I hope one day I can go to other places, like Europe.

Terjemahan:

Liburan saya di Cina

Beberapa tahun yang lalu, saya menghabiskan liburan saya di China. Saya pergi ke sana bersama teman-teman. Itu adalah momen yang tak terlupakan bagi saya.

Pada hari pertama, saya mendarat di Bandara Internasional Pudong sekitar jam 7 pagi. Kemudian kami langsung menuju hotel untuk meletakkan semua barang bawaan kami dan mandi. Setelah sarapan, bus kami datang menjemput dan mengantarkan kami ke beberapa tempat. Tempat pertama yang kami kunjungi bernama The Bund Shanghai. Itu adalah tempat yang sangat terkenal untuk turis. Kami menikmati pemandangan sungai dan bangunan yang indah sebelum makan siang.

Keesokan harinya, kami mengunjungi Sekolah Internasional di Shanghai. Sekolah itu sangat besar dan penuh dengan fasilitas berteknologi tinggi. Saya dan teman-teman saya sangat terkesan.

Hari ketiga, kami pindah ke Hangzhou dengan bus, dan mengunjungi danau yang sangat terkenal di sana, West Lake. Danau ini terkenal dengan legenda ular putih. Setelah dua hari di kota ini, kami melanjutkan perjalanan ke Suzhou.

Suzhou terkenal dengan industri sutranya. Pemandu wisata kami membawa kami ke pusat perbelanjaan, khusus untuk produk sutra. Tak satu pun dari kami membeli apa pun karena produknya mahal.

Keesokan paginya, kami pergi ke Beijing dengan kereta ekspres. Saya sangat bersemangat karena saya belum pernah merasakan kereta berkecepatan tinggi seperti itu sebelumnya, sekitar 300 km/jam. Di Beijing, kami mengunjungi Tembok Besar China, Museum Istana dan tempat bersejarah, Tiananmen.

Di hari terakhir, saya membeli beberapa oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman saya, seperti parfum, pena, dan tas. Saya juga makan beberapa buah unik yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Ini adalah pengalaman yang sangat fantastis bagi saya dan teman-teman saya.

Akhirnya, saya kembali ke Jambi lagi setelah 10 hari perjalanan yang luar biasa di China. Saya berharap suatu hari saya bisa pergi ke tempat lain, seperti Eropa.

Baca juga: Recount Text: Pengertian, Tujuan, Struktur dan Unsur Kebahasaannya

Recount text 3

Fishing

Last week, l went to the lake for fishing. It was the suitable time for fishing because I had nothing to do. I went there with my friends. I woke up earlier in the morning and prepared everything. Not long after that, my friends came and we went to the lake we have decided before to start fishing.

Arriving at the lake, I directly searched the best spot to get a giant fish. After searching for about ten minutes, finally I found the spot. It was under the big tree at the bank of the lake. I threw my hook as far as I could then I waited for the fish eating my bait. It had been 15 minutes and i finally saw the sign that there was a fish eating my bait. I tried to pull it up and i succeeded. I got a three kilograms fish. I was so excited.

I threw the hook again and again. I got more than ten fish that day. I enjoyed the moment so much that i didn’t realized that the sun had already set. I called my friends and we went home. I got so many fish that day even though i was so tired. I think i will visit the spot again in the next holiday.

Terjemahan:

Penangkapan ikan

Minggu lalu, saya pergi ke danau untuk memancing. Itu adalah waktu yang tepat untuk memancing karena saya sedang tidak ada kerjaan. Saya pergi ke sana bersama teman-teman . Saya bangun lebih awal di pagi hari dan menyiapkan segalanya. Tidak lama kemudian, teman-teman saya datang dan kami pergi ke danau yang telah kami putuskan sebelumnya untuk mulai memancing.

Sesampainya di danau, saya langsung mencari spot terbaik untuk mendapatkan ikan raksasa. Setelah mencari sekitar sepuluh menit, akhirnya saya menemukan tempat itu. Itu di bawah pohon besar di tepi danau. Saya melemparkan kail saya sejauh yang saya bisa, kemudian saya menunggu ikan memakan umpan. Sudah 15 menit dan akhirnya saya melihat tanda bahwa ada ikan yang memakan umpan saya. Saya mencoba menariknya dan saya berhasil. Saya mendapat ikan tiga kilogram. Saya sangat bersemangat.

Saya melemparkan kail lagi dan lagi. Saya mendapat lebih dari sepuluh ikan hari itu. Saya sangat menikmati momen itu sehingga saya tidak menyadari bahwa matahari telah terbenam. Saya menelepon teman-teman saya dan kami pulang. Saya mendapat begitu banyak ikan hari itu meskipun saya sangat lelah. Saya pikir saya akan mengunjungi tempat itu lagi di liburan berikutnya.

Baca juga: Contoh Recount Text tentang Liburan

Recount text 4

Recreation

Last week, my family and I had picnic. We went to Sanur beach. We left by car at four in the afternoon. My father drove his car carefully. We arrived at Sanur at six in the evening. Then we went to a motel located near the beach. We spent the night there. It was small but beautiful.

In the morning, i woke up early. My sister did too. We ran away to the beach together. We want to enjoy the sunrise. We walked along the beach. A few moments later, our parents joined us. The were some people sat at the beach to do the same things enjoy the sunrise.

An hour later, we went back to our motel and had breakfast. After that, my father took his fishing rod. He wanted to fish. I and my sister prepared our swimsuit. We want to swim in the beach. We spend whole day in the beach.We had lunch there. It was really fun. In the evening we went back to our house.

It was really nice holiday. We did our usual activities the following day.

Terjemahan:

Rekreasi

Minggu lalu, saya dan keluarga saya piknik. Kami pergi ke pantai Sanur. Kami berangkat dengan mobil pada pukul empat sore. Ayahku mengemudikan mobilnya dengan hati-hati. Kami tiba di Sanur pukul enam sore. Kemudian kami pergi ke sebuah motel yang terletak di dekat pantai. Kami menghabiskan malam di sana. Meski kecil tapi indah.

Di pagi hari, saya bangun lebih awal. Adikku juga melakukannya. Kami lari ke pantai bersama. Kami ingin menikmati matahari terbit. Kami berjalan menyusuri pantai. Beberapa saat kemudian, orang tua kami bergabung dengan kami. Beberapa orang duduk di pantai untuk melakukan hal yang sama menikmati matahari terbit.

Satu jam kemudian, kami kembali ke motel kami dan sarapan. Setelah itu, ayah saya mengambil pancingnya. Dia ingin memancing. Saya dan saudara perempuan saya menyiapkan baju renang kami. Kami ingin berenang di pantai. Kami menghabiskan sepanjang hari di pantai. Kami makan siang di sana. Itu sangat menyenangkan. Sore harinya kami kembali ke rumah kami.

Itu benar-benar liburan yang menyenangkan. Kami melakukan aktivitas seperti biasa keesokan harinya.

Baca juga: Contoh Recount Text tentang Riwayat Hidup Seseorang dan Terjemahannya

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi