Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Telur Puyuh

Baca di App
Lihat Foto
pixabay.com
Telur puyuh
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Telur puyuh adalah telur yang ditetaskan oleh burung puyuh dan merupakan salah satu jenis telur yang banyak dikonsumsi manusia. Telur puyuh memiliki penampilan yang berbeda dari telur lainnya. Tahukah kamu, apa ciri-ciri telur puyuh?

Ciri-ciri telur puyuh adalah:

Baca juga: Telur Ovipar: Bagian dan Fungsi-fungsinya

Ukuran yang kecil

Ciri-ciri telur puyuh adalah ukurannya yang kecil. Dilansir dari Backyard Poultry, telur puyuh memiliki ukuran kecil dengan berat hanya sekitar sembilan gram saja.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagai perbandingan, satu butir telur ayam memiliki berat sekitar 50 gram. Sehingga, dapat dikatakan bahwa telur puyuh berukuran lima kali lebih kecil daripada telur ayam.

Kaya akan nutrisi

Meskipun berukuran kecil, telur puyuh kaya akan nutrisi.

Dilansir dari Healthline, telur puyuh hanya mengandung 14 kalori namun kaya akan protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin seperti B12, B9, dan A, juga mineral seperti riboflavin, zat besi, selenium, dan kolin.

Baca juga: Lebih Dahulu Telur atau Ayam?

Pola cangkang telur yang unik

Ciri-ciri telur puyuh adalah pola pada cangkang telur yang unik. Di mana telur puyuh memiliki pola berbintik yang berasal dari pigmen pada cangkangnya.

Dilansir dari Live Science, pola bintik-bintik adalah kamuflase yang membuat pemangsa kesulitan mengenali telur.

Warna dasar telur puyuh juga sesuai dengan latar belakangnya. Jika burung puyuh bertelur pada pasir yang putih, maka warna dasar telurnya putih, krem, ataupun kuning pasir.

Namun, jika burung puyuh bertelur di tanah atau pasir yang gelap. Maka, warna dasar telur puyuh adalah gelap dengan bintik-bintik berwarna coklat atau hitam.

Baca juga: Mengapa Telur Asin Menggunakan Telur Bebek?

Cangkang yang tipis

Ciri-ciri telur puyuh selanjutnya adalah memiliki cangkang yang tipis jika dibandingkan dengan telur ayam dan telur lainnya.

Meskipun cangkangnya tipis, telur puyuh dilapisi oleh membran yang lumayan tebal. Sehingga, telur puyuh terasa sedikit alot ketika dipecahkan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi