Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Filosofis Musik?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia
Grup musik Kroncong Cafrinho Tugu yang sedang memainkan musik kroncong tugu. Musik kroncong tugu sendiri merupakan seni musik akulturasi dari budaya Prtugis, Melayu, Arab dan Betawi.
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com - Musik tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, yang artinya sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.

Musik digunakan di dalam banyak situasi, baik untuk hiburan semata, opening ceremony dalam sebuah acara, ritual ibadah, bisnis, pembelajaran di dalam pendidikan, dan sebagainya.

Filosofi adalah pemikiran dengan cakupan yang kompleks dan terkadang sulit dimengerti. Filosofi adalah pandangan dunia yang sistematis. 

Ada istilah yang disebut sebagai filosofis musik. Apa yang dimaksud dengan filosofis musik? Berikut adalag penjelasannya!

Baca juga: Jenis dan Fungsi Seni Musik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filosofis musik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan arti filosofi sama dengan filsafat. Filosofi adalah kata yang diserap dari bahasa Belanda, filosofie.

Sementara filsafat berasal dari serapan bahasa Arab, falsafa. Kata ini berakar dari bahasa Yunani, philosophia.

Istilah Yunani ini terdiri dari kata philos yang berarti cinta atau sahabat dan kata sophia yang berarti kebijaksanaan, kearifan atau pengetahuan.

Filsafat adalah ilmu untuk mencari kebenaran dan prinsip-prinsip dengan menggunakan kekuatan akal, pandangan hidup yang dimiliki oleh setiap orang, kata-kata arif yang bersifat didaktis. 

Baca juga: Filsafat: Pengertian, Ciri Berpikir, dan Alirannya

Ciri khas filsafat adalah selalu mempertanyakan tentang segala sesuatu dengan cara berpikir yang amat mendasar atau radikal dan juga bersifat universal. 

Ciri lain dari berpikir filosois yakni berpikir menyeluruh. 

Musik adalah cabang seni, yaitu segala perbuatan manusia yang timbul dari hidupnya, perasaan dan sifat indah, hingga dapat menggerakkan jiwa/perasaan manusia.

Filsafat dalam bidang ilmu musik merupakan pemberi arah dan pedoman dasar bagi terciptanya landasan kokoh suatu sistem pendidikan seni musik.

Selain itu juga terciptanya usaha-usaha perbaikan maupun upaya pengembangan pendidikan seni musik.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Filsafat 

Filosofis pendidikan musik sebagai upaya kritis untuk meninjau kembali konsep, ilmu, dan keyakinan tentang pendidikan seni musik.

Fungsi dari filsafat ini adalah untuk memberikan arah dan petunjuk pelaksanaan pendidikan musik. 

 

Referensi:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi