Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Ahli 

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi pengertian prestasi belajar menurut ahli
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, prestasi diartikan sebagai hasil usaha yang dicapai dari apa yang dikerjakan atau yang diusahakan. 

Seseorang diangga berprestasi jika sudah meraih suatu hasil dari apa yang diusahakan. Baik karena hasil belajar, bekerja, atau berlath keterampilan dalam bidang tertentu. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikutip dari buku Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 (2021) karya Paramita Susanti Runtu, prestasi merupakan hasil nyata dari puncak pengembangan potensi diri. 

Prestasi hanya dapat diraih dengan kemampuan dan usaha yang ada dalam diri. Jika seseorang bisa menjadi juara, itu karena proses pembelajaran yang dilakukan selama ini sukses besar. 

Prestasi belajar secara umum sering dikaitkan dengan dunia pendidikan. Namun, sebenarnya prestasi belajar juga bisa dilakukan untuk hal lain, misalnya dalam proses pengendalian diri. 

Baca juga: Pengertian Prestasi Diri dan Budaya Unggul

Berikut beberapa pengertian prestasi belajar menurut para ahli, yaitu: 

Prestasi belajar adalah bukti seseorang telah mencapai keberhasilan. Bukti pencapaian tersebut merupakan sebuah hasil yang telah dilalui seseorang dengan usaha-usaha pembelajaran. 

Prestasi belajar diartikan sebagai sesuatu yang bisa dicapai maupun tak bisa dicapai seseorang. Prestasi belajar tersebut nantinya bisa diperoleh dengan mengikuti sebuah tes belajar. 

Prestasi belajar adalah sebuah proses perubahan yang dicapai oleh individu sebagai hasil dari pengalaman. Jadi bisa diartikan bahwa prestasi belajar merupakan pencapaian dari sebuah pengalaman yang sudah dijalani oleh seseorang. 

Prestasi belajar yaitu proses perubahan yang dialami oleh seseorang baik itu perubahan kualitas dan kuantitas seperti tingkah laku, pengetahuan, sikap, kecakapan, dan lain sebagainya. 

Jadi prestasi belajar di sini diartikan sebagai perubahan pada diri seseorang menuju ke hal yang lebih baik. 

Arif Gunarso mengungkapkan jika prestasi belajar itu diartikan sebagai hasil maksimal yang telah dicapai oleh seseorang dengan usaha-usaha belajar yang telah dilaksanakan. 

Belajar merupakan perubahan tingkah laku yang dimiliki seseorang atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan mengamati, membaca, mendengarkan, meniru dan lain sebagainya. 

Prestasi merupakan hasil yang didapat dari pencapaian tujuan yang sebelumnya telah direncanakan dan dibuktikan melalui angka. ? ?

Belajar adalah proses dalam diri yang menyebabkan perubahan tingkah laku karena hasil interaksi individu dengan lingkungannya secara sadar. 

Baca juga: Pentingnya Prestasi Diri bagi Keunggulan Bangsa Indonesia

  • Menurut Hamalik 

Prestasi belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu dan tidak mengerti menjadi mengerti.

  • Menurut Tohirin 

Prestasi belajar diperoleh dari apa yang telah dicapai oleh siswa setelah siswa melakukan kegiatan belajar. 

Prestasi belajar sangat berkaitan dengan nilai yang diberikan dosen sebagai hasil pengukuran kemampuan siswa dalam sebuah periode yang berupa angka atau pun huruf.

?Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa, prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh dari seseorang setelah melakukan kegiatan belajar yang ditunjukkan dengan nilai berupa angka atau huruf sebagai hasil pengukuran kemampuan dalam sebuah periode tertentu dan dijadikan sebagai tolok ukur atas keberhasilan terhadap pelajaran yang diampu.

Baca juga: Contoh Bentuk Prestasi Diri bagi Keunggulan Bangsa

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: KBBI
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi