Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Report Text tentang Tiger (Harimau) dan Terjemahannya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi contoh reprt text bahasa inggris tentang hewan harimau (tiger)
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Ervina, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Report text dalam bahasa Inggris diartikan sebagai gambaran atau penjelasan sebuah keadaan yang terperinci. 

Isi dari report text umumnya hasil dari pengamatan, penelitian, observasi, hingga studi mengenai berbagai macam hal. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Contoh Report Text tentang Pengamatan Hewan

Agar lebih mudah memahaminya, berikut contoh report text dan terjemahannya: 

Tiger

The tiger is a carnivorous animal that can be found in various parts of the world. In Indonesia itself there are several types that can still be found today.

The Sumatera tiger is one that we can still meet today even though their numbers continue to decline. These animals spend more time hunting.

High caloric needs require hunting activity as one of the main activities. If they don’t hunt, they will lack caloric intake and may die of starvation.

The main prey of tigers are animals that are usually much smaller in size such as mouse deer and deer. If he has gripped his prey he will not let go of his bite.

The bite force from the tiger’s jaws could be used to break an adult’s wrist. So they are wild animals that are quite dangerous when we meet them in the wild.

Even though it is dangerous, the population of tigers in the world continues to decline. Hunting by humans is one of the main causes of their population decline.

Humans are indeed the highest predators that we cannot underestimate. With a gun, humans can easily hunt tigers from a distance without risk.

We really have to control this poaching if we want the population to survive. As humans, of course we must be able to live side by side with the wild so that the ecosystem is maintained.

Baca juga: Report Text: Struktur Isi, Unsur Kebahasaan, dan Contohnya 

Terjemahan

Harimau

Harimau merupakan hewan karnivora yang dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis yang masih bisa ditemui hingga saat ini.

Harimau sumatera merupakan salah satu yang masih dapat kita temui hingga saat ini meskipun jumlahnya terus menurun. Hewan-hewan ini menghabiskan lebih banyak waktu untuk berburu.

Kebutuhan kalori yang tinggi membutuhkan aktivitas berburu sebagai salah satu aktivitas utama. Jika mereka tidak berburu, mereka akan kekurangan asupan kalori dan bisa mati kelaparan.

Mangsa utama harimau adalah hewan yang biasanya berukuran jauh lebih kecil seperti kancil dan rusa. Jika dia sudah mencengkeram mangsanya dia tidak akan melepaskan gigitannya.

Kekuatan gigitan dari rahang harimau dapat digunakan untuk mematahkan pergelangan tangan orang dewasa. Jadi mereka adalah hewan liar yang cukup berbahaya jika kita jumpai di alam bebas.

Meski berbahaya, populasi harimau di dunia terus menurun. Perburuan oleh manusia adalah salah satu penyebab utama penurunan populasi mereka.

Manusia memang predator tertinggi yang tidak bisa kita anggap remeh. Dengan senjata, manusia dapat dengan mudah memburu harimau dari jarak jauh tanpa risiko.

Kami benar-benar harus mengendalikan perburuan ini jika ingin populasinya bertahan hidup. Sebagai manusia tentunya kita harus bisa hidup berdampingan dengan alam liar agar ekosistem tetap terjaga.

Baca juga: Struktur Report Text

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi