Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Individu Menurut Ahli

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi pengertian individu menurut ahli
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Individ berasal dari kata Yunani, individium. Dalam bahasa Inggris, individu disebut undivided yang artinya tidak berbagi.

Dikutip dari buku Perilaku Organisasi (2018) oleh Ivan Yulivan, sebagai organisme tunggal yang berdiri sendiri serta bersifat bebas, individu merupakan pembentuk masyarakat yang mampu berorganisasi untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Individu memiliki pikiran, kehendak, hasrat, dan perasaan yang bisa diekspresikan oleh dirinya sendiri.

Selain itu, individu juga memiliki naluri untuk bertahan hidup dan mencapai kepuasan untuk mempertahankan keturunan.

Baca juga: Mengapa Individu dan Masyarakat menjadi Bagian Penting dari Sosiologi?

Dilansir dari buku Perkembangan Peserta Didik (2021) oleh Pupu Saeful Rahmat, berikut pengertian individu menurut beberapa ahli:

Kata individu bukan berarti manusia sebagai keseluruhan yang tidak dapat dibagi. Melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan.

Artinya, individu adalah satu kesatuan organisme yang tidak dapat dibagi-bagi atau tidak dapat dipisahkan.

Individu berasal dari kata individium (Latin), yaitu satuan kecil yang tidak dapat dibagi lagi. Individu menurut konsep sosiologis berarti manusia yang hidup berdiri sendiri.

Individu sebagai makhluk ciptaan tuhan di dalam dirinya selalu dilengkapi oleh kelengkapan hidup yang meliputi raga, rasa, rasio, dan rukun.

Individu adalah kata benda dari individu yang berarti orang, perseorangan, oknum.

Kata individu merupakan sebutan untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas.

Dalam ilmu sosial, paham individu berkaitan dengan tingkah laku dalam kehidupan dan jiwa majemuk yang berperan dalam pergaulan manusia.

Individu sebagai kesatuan yang terbatas yang berarti individu sebagai manusia perseorangan bukan sebagai manusia keseluruhan.

Menurut M. J Langeveld (seorang pakar pendidikan yang tersohor di Negeri Belanda), setiap anak manusia dilahirkan telah dikaruniai potensi untuk menjadi berbeda dari yang lain, atau menjadi (seperti) dirinya sendiri.

Tidak ada diri individu yang identik di muka Bumi, bahwa dua anak kembar yang berasal dari satu telur pun yang lazim dikatakan seperti pinang dibelah dua, serupa dan sulit dibedakan satu dari yang lain, hanya serupa tapi tidak sama, apalagi identik.

Baca juga: Bentuk Tanggung Jawab sebagai Individu

  • Menurut Sujatmiko Eko

Menurut Sujatmiko Eko pengertian individu adalah orang seorang, pribadi orang (terpisah dari orang lain). Organisme yang hidupnya berdiri sendiri, secara fisiologi bersifat bebas (tidak mempunyai hubungan organik dengan sesamanya).

Individu merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Dalam ilmu sosial, individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil.

Sebagai contoh, suatu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Ayah merupakan individu dalam kelompok sosial tersebut, yang sudah tidak dapat dibagi lagi ke dalam satuan yang lebih kecil.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan, pengertian individu adalah manusia yang memiliki kepribadian yang khas atau spesifik.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi