Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Fungsi Stigma pada Euglena?

Baca di App
Lihat Foto
bio.libretexts.org
Struktur euglena
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Euglena dalam Kingdom Protista memiliki beberapa organel sel, salah satunya adalah stigma. Apa fungsi stigma pada euglena? Untuk mengetahuinya, simaklah penjelasan di bawah ini!

Stigma adalah bintik berwarna merah pada euglena. Warna merah berasal dari globul stigma yang kaya akan pigmen karotenoid (pigmen yang sama yang membuat wortel berwarna oranye).

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, stigma euglena terletak di kerongkongan tepatnya di dasar flagella (alat gerak euglena yang mirip cambuk).

Biasanya, stigma berada di dasar flagella besar (euglena memiliki dua flagella, yaitu flagella besar dan flagella kecil).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Macam-macam Protozoa Berdasarkan Alat Geraknya

Dilansir dari The Biology Corner, stigma pada euglena berfungsi sebagai fotoreseptor atau sensor yang dapat mendeteksi cahaya.

Stigma mendeteksi arah cahaya datang, membuat euglena dapat melihat cahaya walaupun tidak memiliki mata sesungguhnya. Hal tersebut membuat stigma euglena disebut sebagai bintik mata.

Stigma atau bintik mata euglena peka terhadap cahaya, terutama pada panjang gelombang cahaya biru.

Cahaya yang masuk ke stigma akan mengaktifkan protein dalam stigma dan mendorong produksi suatu senyawa kimia bernama cyclic adenosine monophosphate (cAMP).

Baca juga: Pengertian dan Macam-macam Sensor

Dilansir dari Biology Reader, senyawa cAMP kemudian memicu tranduksi kimiawi yang mengubah pola denyut flagella dan menghasilkan pergerakan sel atau fototaksis.

Di mana stigma yang menerima cahaya memicu pergerakan fototakis positif pada euglena.

Hal tersebut membuat flagella euglena menggerakkan badannya menuju area dengan intensitas cahaya yang lebih tinggi.

Sederhananya, stigma euglena berfungsi mendeteksi cahaya dan memicu agar euglena bergerak ke daerah yang lebih banyak cahaya.

Pada daerah yang lebih banyak cahaya, euglena dapat memanfaatkan lebih banyak sinar matahari untuk melakukan fotosintesis dan membuat makanannya sendiri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi