Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kritik Teater: Pengertian dan Fungsinya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/Titis Anis Fauziyah
Pemain teater Pitulas Untag dan SMK 17 menggambarkan suasana Pertempuran Lima Hari di Semarang di Tugu Muda Semarang, Jumat malam (14/10/2022).
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com - Dalam seni selalu ada yang dinamakan dengan kritik, termasuk kritik teater. Apa yang dimaksud dengan kritik teater dan apa fungsi kritik teater? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian kritik teater

Kritik dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang dalam menanggapi sesuatu, yaitu menilai, menghargai karya teater.

Kritik karya teater merupakan proses dan produk kreatif dari seseorang melalui kepekaan terhadap seni.

Kepekaan inilah, yang harus dimiliki sebagai seorang kritikus.

Baca juga: Apresiasi dan Kritik Karya Seni Rupa: Pengertian dan Fungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kritikus adalah orang yang melakukan kritik dengan objektif, tidak memihak, bijaksana, dan bertanggung jawab pada karya kritiknya.

Seorang kritikus teater  menggunakan kepekaannya untuk mengetahui, menemukan, memaparkan, menjelaskan dan memahami karya teater dalam bentuk simbol dan makna, serta nilai yang ditawarkan pencipta untuk penontonnya.

Kritik hadir dan diterima di tengah-tengah masyarakat, karena kritik memberikan manfaat dan memiliki fungsi bagi pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

Baca juga: Kritik: Ciri, Struktur, Kaidah, Jenis dan Hal yang Harus Diperhatikan

Fungsi kritik teater

Fungsi kritik dalam karya teater mencakup fungsi sosial, fungsi apresiatif, fungsi edukasi, dan fungsi prestasi. Berikut adalah penjelasannya!

Fungsi sosial artinya kritik yang dilakukan kritikus memberikan dampak pencitraan terhadap kritikus sendiri dan mendorong munculnya kritikus-kritikus teater.

Fungsi apresiatif artinya kritik dalam bentuk ulasan yang berbobot dan komunikatif menjadi media pembelajaran masyarakat.

Di mana kritik teater dapat mendorong peningkatan apresiasi karya seni sebagai objek apresiasi sekaligus subjek bagi pelakunya.

Baca juga: Tahapan Kritik Seni Rupa

Fungsi edukasi artinya mengandung unsur pendidikan dan pembelajaran bagi pembaca, penonton maupun bagi para pelakunya teater dalam memaknai dan mewarnai kehidupan.

Fungsi prestasi artinya sebagai sarana aktualisasi diri, eksistensi diri, penghargaaan diri melalui aktifitas dan kreativitas seni yang dikomunikasikan kepada penontonnya.

Fungsi prestasi dalam seni, yaitu suatu penghargaan yang diberikan kepada seniman, kreator seni, pelaku seni, siswa atas kemampuannya berkreasi seni.

Baca juga: Nilai Estetis Seni Teater

Referensi:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi