Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Ekosistem Terumbu Karang?

Baca di App
Lihat Foto
pixabay.com
Terumbu karang
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com - Ada berbagai jenis ekosistem akuatik yang menunjang kehidupan di bumi, salah satunya adalah ekosistem terumbu karang. Apa itu ekosistem terumbu karang? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian ekosistem terumbu karang 

Habitat ekosistem dari terumbu karang atau coral reefs adalah lingkungan habitat ekosistem yang memiliki peran penting di daerah pesisir dan laut. 

Ekosistem terumbu karang merupakan habitat bagi berbagai satwa laut dan menjadi penjaga keanekaragaman hayati di lautan.

Baca juga: 8 Jenis Bioma Akuatik, Mulai dari Danau hingga Terumbu Karang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekosistem bawah laut ini menjadi tempat hidup dan perkembangbiakan aneka spesies, seperti ikan-ikan kecil hingga predator yang membentuk hubungan rantai makanan di lautan.

Ekosistem terumbu karang merupakan rumah bagi lebih dari 93.000 spesies, bahkan terdapat teori yang menyebutkan jumlahnya mencapai satu juta spesies.

Ekosistem ini kaya akan plasma nutfah mungkin tampak kokoh dan kuat, namun sebenarnya sensistif dan rapuh terhadap perubahan lingkungan.

Terbentuknya terumbu karang disebabkan oleh kalsium karbonat yang mengendap. Kalsium yang mengendap dihasilkan dari hewan hewan hermatipik (hewan pembentuk coral reefs).

Baca juga: Terumbu Karang: Jenis, Manfaat, dan Fungsinya

Selain itu, kalsium karbonat pembentuk terumbu karang juga didapatkan dari tumbuhan alga yang berkapur dengan fungsi menyekresi kalsium karbonat.

Organisme yang biasa hidup di ekosistem ini adalah organisme karang yang memiliki struktur terbuat dari perpaduan kapur dan tumbuhan alga menghasilkan kapur

Ekosistem terumbu karang terdapat pada wilayah perairan suhu tropis, sehingga ekosistem ini memiliki rentan dalam perubahan suhu sedimentasi, salinitas, eutrofikasi, dan keadaan lingkungan secara alami (pristine).

Baca juga: Bagaimana Coral Bleaching Dapat Terjadi?

Terumbu karang memerlukan daerah dengan kualitas perairan yang baik, karena itu ada beberapa faktor lingkungan yang memiliki peran penting untuk mendukung pertumbuhan karang. 

Beberapa kondisi habitat ekologi yang mendukung pertumbuhan terumbu karang adalah sebagai berikut: 

Baca juga: Mengapa Terumbu Karang perlu Dilestarikan?

Referensi:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi