Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Dimensi Diferensiasi Produk

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Serafica Gischa Prameswari
Ilustrasi Dimensi Diferensiasi Produk
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Diferensiasi produk biasanya mengubah sedikit karakter produk, antaranya kemasan dan tema promosi. Tanpa mengubah spesifikasi fisik produk meski hal itu diperlukan.

Diferensiasi produk merupakan strategi yang membuat produk berbeda dengan kompetitor bahkan melebihinya, sehingga hasil yang dapat dinilai oleh konsumen dan nilai yang diharapkan dapat memengaruhi pilihan dan kepentingan konsumen yang paling istimewa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehingga produk yang diciptakan oleh perusahaan mempunyai nilai lebih di masyarakat sebagai konsumen sehingga perusahaan yang memiliki diferensiasi yang kuat akan mendapatkan kinerja yang baik di antara para pesaingnya.

Baca juga: Pengertian Diferensiasi Produk Menurut Ahli

Dilansir dari buku Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition (2015) oleh Kotler Armstrong, berikut dimensi dalam diferensiasi produk, yaitu:

Bentuk produk dapat didiferensiasikan berdasarkan bentuk dan ukuran, atau struktur fisik produk.

Fitur produk yang ditawarkan mempunyai fitur atau keistimewaan yang berbeda-beda dan melengkapi fungsi dasar produk. Upaya untuk menjadi yang pertama dalam mengenalkan fitur baru yang dianggap berharga merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk bersaing.

Kualitas kinerja produk dapat diartikan sebagai level karakteristik dasar produk semakin bermutu produk maka semakin tinggi level karakteristiknya.

Kinerja produk yang lebih unggul memberikan dampak pembelian ulang yang lebih banyak, kesetiaan pelanggan, dan kesan yang positif dari pelanggan.

Kesesuaian pembeli memberikan produk memiliki mutu kesesuaian dengan standar atau spesifikasi yang tinggi. Mutu kesesuaian adalah tingkat kesesuaian dan pemenuhan semua unit yang diproduksi terhadap spesifikasi sasaran yang dijanjikan.

Daya tahan yaitu pembeli mengharapkan beberapa produk mempunyai daya tahan yang normal atau berat.

Produk yang mempunyai keunggulan pada daya tahan akan lebih menarik perhatian pelanggan untuk membayar lebih pada produk yang diharapkannya.

Baca juga: Pengertian Produk Menurut Ahli

Keandalan juga akan membayar lebih untuk mendapatkan produk yang mempunyai keandalan. Keandalan adalah ukuran probabilitas bahwa produk tertentu tidak akan rusak atau gagal dalam periode waktu tertentu.

Mudah diperbaiki yaitu membeli memilih produk yang mudah perbaiki, yaitu ukuran kemudahan untuk memperbaiki produk ketika rusak atau gagal. Pelanggan tertarik pada jenis yang mudah diperbaiki juga karena alasan efisiensi waktu dan biaya apabila bas diperbaiki sendiri.

Gaya menggambarkan penampilan dan perasaan yang ditimbulkan oleh produk bagi pembeli. Gaya memberikan pengaruh pada pelanggan dengan menampilkan keunikan dan performance pada produk untuk menarik minat beli pelanggan.

  • Rancangan produk

Rancangan menjadi salah satu potensi cara yang paling ampuh untuk mendiferensiasikan dan memposisikan produk dan jasa perusahaan.

Rancangan juga merupakan faktor yang akan sering menjadi keunggulan perusahaan, yaitu sebagai totalitas fitur yang mempengaruhi penampilan dan fungsi produk tertentu yang disyaratkan oleh pelanggan.

Baca juga: Aplikasi Pati pada Berbagai Produk Pangan

Dimensi diferensiasi produk lainnya

Disadur dari buku Manajemen Pemasaran (2012) oleh M Mursid, dimensi suatu diferensiasi produk, sebagai berikut:

  • Analisis diferensiasi produk

Mengarah terhadap pembeda produk tersebut dengan yang lainnya melalui jenis, bentuk, kegunaan, manfaat serta keunikan.

  • Analisis diferensiasi sumber daya manusia

Sumber daya manusia adalah komponen penting dalam strategi diferensiasi marketing. Karena faktor sumber daya manusia sangat menentukan maju atau tidaknya sebuah perusahaan atau perbankan.

  • Analisis diferensiasi proses

Proses lebih mencakup bagaimana cara perusahaan melayani permintaan tiap konsumennya, mulai dari konsumen melakukan kegiatan transaksi hingga akhirnya mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.

  • Analisis diferensiasi fisik

Tampilan fisik akan menjelaskan bahwa penataan bangunan dari suatu perusahaan atau perbankan. Apakah perusahaan tersebut menggunakan interior yang unik, tata letak yang menarik, desain ruangan yang indah, dan lain sebagainya.

Baca juga: 3 Contoh Produk Teknologi yang Menggunakan Magnet

  • Analisis diferensiasi saluran atau promosi

Menitikberatkan terhadap kegiatan pendistribusian produk melalui promosi baik secara online maupun online seperti media sosial, web, internet, iklan televisi, dan lain sebagainya.

Selain itu juga, banyak yang dapat dilakukan dalam kegiatan promosi ini serta cangkupannya yang luas membuat promosi hanya memerlukan ide atau kreativitas yang tinggi supaya menarik nasabahnya.

  • Analisis diferensiasi harga

Menekan terhadap posisi harga yang disesuaikan dengan kualitas produk tersebut yang dibagi dengan biaya-biaya sehingga harga yang tertanam sesuai serta berbeda dengan produk lainnya.

  • Analisis diferensiasi tempat

Mengacu pada tata letak atau lokasi strategis perusahaan yang mudah dijangkau dari berbagai sudut kota atau wilayah, akan tetapi untuk diferensiasinya sendiri yaitu lebih ke segi tata letak ruangan yang berbeda serta memiliki konseptual tersendiri bisa menjadi keunikan yang membuat nasabah datang langsung ke bank lebih nyaman.

Baca juga: Produk Elektronik dengan Kendali Otomatis: Macam dan Manfaatnya

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi