Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Negatif dan Positif Primordialisme

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Serafica Gischa
Ilustrasi Dampak Negatif dan Positif Primordialisme
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Primordialisme merupakan faktor penting yang dapat memperkuat ikatan suatu kelompok ketika dihadapkan dengan ancaman dari luar.

Meskipun demikian, paham ini juga memiliki dampak negatif karena dapat mengganggu kelangsungan hidup masyarakat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain itu, pandangan primordialisme sering kali dianggap merusak, primitif, dan regresif. Bahkan, kepercayaan pada primordialisme bisa menghambat modernisasi, mengganggu integrasi nasional, dan menghambat proses pembangunan nasional. Karenanya, pandangan ini dapat memicu timbulnya konflik antarsuku di suatu negara.

Baca juga: Primordialisme: Pengertian dan Contohnya

Primordialisme memiliki berbagai dampak dalam kehidupan. Berikut penjelasanya:

Dampak negatif primordialisme

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif yang bisa muncul akibat adanya primordialisme, seperti: 

Maksud dari mengganggu kelangsungan hidup masyarakat adalah apabila seseorang yang mempunyai paham primordialisme cenderung mementingkan kepentingan kelompoknya dan menilai bahwa kebudayaan kelompoknya lebih baik dari siapa pun.

Sehingga hal tersebut menyebabkan jalinan persatuan dan kesatuan menjadi sulit diciptakan.

Hal ini bisa terjadi apabila seseorang ataupun sekelompok masyarakat cenderung menolak kebudayaan baru yang berasal dari luar kebudayaan mereka.

Hal ini karena mereka ingin mempertahankan adat istiadat yang lama. Tapi perlu diketahui bahwa kebudayaan baru tersebut bisa berpengaruh pada proses pembangunan dan modernisasi.

Jika primordialisme terjadi secara berlebihan, maka kita akan sulit menerima kebudayaan baru. Sehingga akan lebih sulit untuk bekerja sama dengan pihak lain.

Sebab, kita hanya mau melakukan sesuatu yang bertujuan untuk kepentingan kelompok sendiri saja.

Paham primordialisme yang terlalu berlebihan dapat membuat seseorang melihat segala sesuatunya secara obyektif. Mereka akan cenderung merasa apa yang telah dilakukan oleh kelompok sendiri selalu benar. Meskipun menurut ilmu pengetahuan, hal tersebut sudah tentu salah.

Paham primordialisme yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan sikap diskriminasi terhadap pihak lain yang mempunyai kebudayaan berbeda. Dengan begitu, mereka akan cenderung membeda-bedakan setiap orang yang berasal dari kelompok lain.

Contohnya: Diskriminasi terhadap penduduk yang baru saja melakukan transmigrasi oleh penduduk lokal

  • Faktor terjadinya konflik antarsuku 

Salah satu faktor pendorong yang bisa menyebabkan konflik antara suku satu dan suku lain di suatu negara adalah primordialisme. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kelompok yang terlalu menerapkan paham primordialisme akan kesulitan untuk menerima kelompok lain yang memiliki kebudayaan yang berbeda.

Baca juga: Apa Itu Primordialisme?

Dampak positif primordialisme

Berikut ini adalah beberapa dampak positif dari adanya paham primordialisme, yakni: 

  • Meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air 

Dengan adanya paham primordialisme, maka seseorang akan mempunyai cinta terhadap budaya dan juga daerah tempat lahirnya.

Sehingga hal tersebut dapat menjadi sebuah kekuatan yang mampu menolak kebudayaan lain yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang telah mereka ikuti sejak kecil.

  • Menciptakan kesetiaan terhadap negara 

Dengan adanya primordialisme, maka akan mendorong munculnya kesetiaan terhadap bangsa dan negara. Hal tersebut terjadi karena paham ini bisa menumbuhkan sikap cinta terhadap tanah air dan juga kebudayaan yang ada.

  • Meningkatkan semangat patriotisme 

Paham tersebut mampu menciptakan rasa nasionalisme yang tinggi kepada bangsa dan negara di mana mereka berasal. Dengan begitu, hal ini bisa mendorong segala keperluan serta kepentingan bangsa dan juga negara.

  • Menjaga keutuhan budaya 

Adanya paham primordialisme, hal itu mampu menjadikan suatu kelompok menjadi lebih bertanggung jawab atas keutuhan kebudayaan suatu negara.

Hal tersebut sangat penting, sebab kita juga perlu menyaring kebudayaan asing yang ingin masuk. Sehingga nilai dan kebudayaan yang sudah ada sejak dulu tetap terjaga.

Baca juga: 10 Contoh Sikap Cinta Tanah Air

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi