Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organel dengan Sistem Membran Rangkap

Baca di App
Lihat Foto
bio.libretexts.org
Struktur mitokondria yang memiliki membran rangkap
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Organel sel memiliki ciri dan fungsi tertentu. Beberapa organel memiliki membran rangkap, namun beberapa di antaranya memiliki membran tunggal. Apa saja organel yang memiliki sistem membran ganda atau rangkap?

Organel yang memiliki sistem membran rangkap adalah kloroplas, plastida, mitokondria, dan nukleus.

Kloroplas

Kloroplas adalah organel yang memiliki sistem membran rangkap. Di mana kloroplas memiliki membran luar dan membran dalam yang dipisahkan oleh ruang antar membran.

Membran ganda kloroplas disebut sebagai selubung kloroplas.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kloroplas: Ciri-ciri, Letak, Struktur, dan Fungsinya

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, kloroplas juga memiliki membran ketiga yang terlipat dan dinamakan sebagai membran tilakoid.

Plastida

Pastida juga merupakan organel yang memiliki sistem membran rangkap.

Di mana plastida memiliki membran luar dan membran dalam yang terbentuk dari lipoprotein. Kedua membran plastida dibatasi oleh ruang antar membran.

Baca juga: Plastida: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Mitokondria

Organel yang memiliki sistem membran rangkap adalah mitokondria. Sistem membran miokondria terdiri dari membran luar dan membrandalam.

Membran luar mitokondria halus, kaya akan protein, dan mirip dengan membran plasma. Membran luar dan membran dalam mitokondria dipisahkan oleh ruang antar membran.

Adapun, membran dalam mitokondria memiliki struktur yag terlipat.

Dilansir dari Microbe Notes, membran dalam mitokondria memiliki banyak protein, enzim, koenzim, pompa proton, dan banyak protein permease yang berfungsi untuk pengangkutan molekul.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Pompa Natrium Kalium?

Nukleus

Nukleus adalah organel yang memiliki sistem membran rangkap. Nukleus memilki dua membran, yaitu membran dalam dan membran luar yang terikat pada reticulum endoplasma.

Dilansir dari National Human Genome Research Institute, membran nukleus berfungsi memisahkan kromosom dari sitoplasma sel sehingga materi genetik di dalamnya terlindungi.

Membran ganda juga berfungsi memberikan bentuk pada nukleus dan mengatur transpor zat melalui struktur yang disebut dengan pori nukleus.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi