Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senyawa Organik Penyusun Sel

Baca di App
Lihat Foto
med.libretexts.org
Organel sel hewan
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Sel makhluk hidup tidak hanya disusun oleh senyawa organik, namun juga disusun oleh senyawa anorganik. Apa saja senyawa anorganik yang menyusun sel? Senyawa anorganik penyusun sel adalah air, vitamin, dan mineral.

Air

Senyawa anorganik penyusun sel yang pertama adalah air. Dilansir dari University of Michigan News, sekitar 60 persen sel terbentuk dari airatau H2O. Artinya, sebagian besar sel terbentuk dari air.

Air dalam sel berfungsi memberikan tekanan turgor, mendukung transportasi zat, pembuangan limbah, dan juga berbagai reaksi biokimia yang terjadi dalam sel.

Baca juga: Mengapa Semua Makhluk Hidup Perlu Air Bersih?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vitamin

Senyawa anorganik penyusun sel selanjutnya adalah vitamin. Vitamin dalam sel memegang peranan penting dalam metabolisme sel terutama vitamin B.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, vitamin juga membantu pertumbuhan sel dan jaringan, metabolisme mineral dan tulang, bertindak sebagai kofaktor untuk metabolisme energi, dan katalisator berbagai proses biokimia dalam sel.

Ada berbagai macam vitamin yang terkandung dalam sel dari mulai vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan C, juga vitamin yang tidak larut dalam air (larut dalam lemak) seperti vitamin A, D, E, dan K.

Baca juga: 13 Vitamin yang Diperlukan Tubuh 

Mineral

Senyawa anorganik penyusun sel selanjutnya adalah mineral yang biasanya berada dalam bentuk ion.

Menurut Copper dan Sunderland dalam The Cell: Molecular Approach. 2nd edition (2000), ion mineral menyusun hanya sekitar satu persen atau kurang dari keseluruhan massa sel.

Ion mineral tersebut adalah ion natrium (Na+), ion magnesium (Mg2+), ion kalisum (Ca2+), ion fosfat (HPO42-), ion klorida (Cl-), dan ion bikarbonat (HCO3-).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi