Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pengertian Akuntansi Menurut Ahli

Baca di App
Lihat Foto
Freepik
PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka lowongan kerja untuk lulusan S1 dan S2 jurusan Manajemen dan Akuntansi
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Akuntansi sangat erat kaitannya dengan uang. Akuntansi merujuk pada proses pencatatan, penggolongan, dan penyusunan, serta pelaporan transaksi keuangan.

Untuk mengkaji lebih lanjut mengenai akuntansi, berikut 10 pengertian akuntansi menurut ahli:

Akutansi merupakan seni pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan uang, transaksi serta kejadian yang bersifat finansial dan penafsiran hasil-hasilnya, merupakan pengertian akuntansi menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA).

Berikut definisi akuntansi menurut American Accounting Association: 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Akuntansi adalah suatu proses mengindentifikasi, mengukur, mencatat, dan melaporkan transaksi keuangan suatu organisasi yang dijadikan informasi dalam pengambilan keputusan oleh pihak yang membutuhkannya."

Baca juga: Mengapa Akuntansi Disebut sebagai Bahasa Dunia Usaha?

Berikut definisi akuntansi yang dikemukakan oleh badan Accounting Principles Board:

"Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa, berfungsi menyediakan fungsi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan, agar berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi, serta membuat pilihan nalar di antara berbagai alternatif tindakan."

Akuntansi adalah proses yang terdiri atas tiga kegiatan, yakni mengidentifikasi, mencatat, dan mengomunikasikan.

Ketiga kegiatan tersebut dilakukan oleh organisasi untuk ditujukan kepada seluruh pihak berkepentingan atau yang membutuhkan.

Menurut Paul Gradi, akuntansi merupakan fungsi organisasi secara sistematis, tepercaya, dan orisinal dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtiar, menganalisis, dan menginterpretasikan seluruh transaksi, kejadian, serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasional perusahaan sebagai bentuk pertanggungjawaban.

Baca juga: Pengertian Akuntansi dari Segi Fungsi dan Prosesnya

Menurut Warren beserta kawan-kawannya, akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan untuk pihak yang memiliki sebuah aktivitas ekonomi serta kondisi perusahaan.

Akuntansi adalah sebuah proses pencatatan transaksi keuangan, mengolah data transaksi, dan menyajikan sebuah informasi kepada pihak-pihak yang berhak dan berkepentingan.

Definisi akuntansi sebagai suatu proses mengidentifikasikan, mengukur, dan memberitahukan informasi ekonomi sehingga memungkinkan terjadinya penilaian dan keputusan yang jelas bagi pengguna informasi tersebut.

S. Munawir berpendapat mengenai pengertian akuntansi sebagai berikut:

“Akuntansi adalah sebuah seni pencatatan, penggolongan dan peringkasan secara cepat mengenai peristiwa yang bersifat keuangan, dan juga menimbulkan suatu penafsiran”.

Baginya akuntansi adalah suatu tahapan yang terdiri dari proses pengumpulan, pengidentifikasian, pencatatan, penggolongan, peringkasan serta penyajian keseluruhan transaksi keuangan serta penafsiran hasilnya guna pengambilan keputusan.

Baca juga: Pihak-pihak Pemakai Informasi Akuntansi di Dunia Bisnis

 

Referensi:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi