Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kebudayaan Menurut Ahli, Fungsi, dan Ciri-cirinya

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi kebudayaan suku Jawa
Penulis: Rahma Atillah
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Kebudayaan sejatinya tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat, sebab masyarakat yang melahirkan, menciptakan, menumbuhkan, serta mengembangkan kebudayaan.

Dengan demikian, tak ada masyarakat yang tidak memiliki kebudayaan dan sebaliknya tak ada kebudayaan tanpa masyarakat sebagai wadah dan pendukungnya.

Kebudayaan sudah hadir sejak dahulu dan dipertahankan dengan cara diteruskan dari generasi ke generasi berikutnya.

Untuk dapat mempertahankan suatu kebudayaan, tentu kita harus memahami dulu apa yang dimaksud dengan kebudayaan itu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nah, berikut penjelasan mengenai kebudayaan beserta fungsi dan ciri-cirinya:

Baca juga: Pengaruh Hindu–Buddha terhadap Kebudayaan Masyarakat Indonesia

Pengertian kebudayaan menurut para ahli

Kata kebudayaan berasal dari kata budh yang dalam bahasa Sanskerta berarti akal, kemudian menjadi kata budhi (tunggal) atau budhaya (majemuk). Sehingga kebudayaan dapat diartikan sebagai suatu hasil pemikiran atau akal manusia.

Ada pun pengertian lain mengenai kebudayaan yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain:

Edward B. Tylor mendefinisikan kebudayaan sebagai keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, serta kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan proses belajar.

Baca juga: 7 Unsur Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Ki Hajar Dewantara mengemukakan bahwa kebudayaan berarti buah budi manusia dari hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran dalam hidup dan penghidupannya, guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai. 

Kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi sosial, ideologi, religi, dan kesenian serta benda, yang kesemuanya merupakan warisan sosial.

Kebudayaan adalah segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistik, kebiasaan makan, di mana keahlian yang diperoleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan dari warisan masa lampau yang didapat melalui pendidikan formal atau informal.

Berdasarkan definisi di atas, maka kebudayaan dapat diartikan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta manusia atau masyarakat yang berkaitan dengan akal.

Dalam kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain.

Baca juga: Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Masyarakat

Fungsi kebudayaan

Masyarakat dan kebudayaan memiliki hubungan timbal balik, di mana masyarakat menciptakan kebudayaan sedangkan kebudayaan memberi corak pada masyarakat.

Dengan demikian kebudayaan lebih dari sekedar kesenian atau adat istiadat saja, tetapi meliputi bidang yang tidak terbatas. Sehingga kebudayaan memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan masyarakat.

Fungsi dari kebudayaan antara lain:

  • Mempersatukan masyarakat dan menciptakan stabilitas, di mana kebudayaan dapat dijadikan sebagai sebuah sarana untuk dapat menjalin sosialisasi.
  • Memelihara ketidaksamaan sosial, dengan kata lain kebudayaan sesungguhnya dapat menimbulkan rasa toleransi serta rasa empati dari masyarakat.
  • Kebudayaan berfungsi sebagai penentu batas, artinya kebudayaan dapat menciptakan perbedaan yang membuat setiap kelompok masyarakat memiliki ciri khasnya dan membedakannya dengan kelompok masyarakat lain.
  • Kebudayaan dapat meningkatkan rasa nasionalisme pada masyarakat yang memiliki budaya tersebut, karena budaya memberikan rasa identitas pada anggota kelompoknya.
  • Kebudayaan juga berfungsi sebagai media belajar, sebab dalam upaya pewarisannya melalui proses belajar.

Baca juga: Manfaat Keragaman Karakteristik Kebudayaan Indonesia

Ciri-ciri kebudayaan

Secara umum, kebudayaan yang ada di Indonesia memiliki ciri-ciri yang sama, yang membedakannya hanyalah coraknya masing-masing.

Ciri-ciri kebudayaan di antaranya:

  • Kebudayaan adalah hasil manusia, di mana masyarakat lah yang membentuk suatu kebudayaan tersebut.
  • Kebudayaan sealu bersifat sosial, artinya kebudayaan tidak dihasilkan secara individu, namun dihasilkan oleh sekelompok masyarakat.
  • Kebudayaan diteruskan melalui proses belajar, kebudayaan diwariskan dari generasi ke generasi melalui proses belajar sehingga kebudayaan akan berkembang seiring berjalannya waktu.
  • Kebudayaan bersifat simbolik, sebab kebudayaan merupakan suatu perwujudan ekspresi ungkapan kehadiran manusia.
  • Kebudayaan merupakan sistem pemenuhan berbagai kebutuhan manusia.

Baca juga: 3 Wujud Kebudayaan

 

Referensi:

  • (Sumber: KOMPAS.com/Cahya Dicky Pratama | Editor: Serafica Gischa)
  • Deddy Mulyana. 2005. Komunikasi Efektif : Suatu Pendekatan Lintas Budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • Drs. Mazzia Luth, M.S. 1994. Kebudayaan. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP): Padang.
  • Maran, Rafael Raga. 2007. Manusia dan Kebudayaan dalam Perspektif Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi