Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Praktis dari Akuntansi dan Tujuannya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Pengertian praktis dari akuntansi adalah aktivitas jasa yang melibatkan proses analisis, identifikasi, dan ikhtisar transaksi keuangan. Apa tujuannya?
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan, hingga pelaporan transaksi keuangan.

Tiap perusahaan atau lembaga, pasti membutuhkan akuntansi. Karena tanpanya, perusahaan tidak akan mengetahui bagaimana kondisi keuangannya.

Pengertian praktis akuntansi

Pengertian praktis dari akuntansi adalah ...

A. proses pencatatan, pengikhtisaran, dan pelaporan informasi ekonomi perusahaan untuk menyusun laporan keuangan sebagai bahan pengambilan keputusan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

B. proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi perusahaan sebagai bahan penilaian dan pengambilan keputusan bagi para pemakai informasi akuntansi

C. seni dalam pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran transaksi usaha perusahaan dengan menyatakannya dalam nilai uang serta menginterpretasikan hasil-hasilnya

Baca juga: Mengapa Pemerintah Membutuhkan Informasi Akuntansi?

D. ilmu yang mempelajari cara pencatatan informasi ekonomi suatu perusahaan, dengan menganalisis, mengidentifikasi, dan mengikhitsarkannya untuk membuat laporan keuangan sebagai bahan pengambilan keputusan

E. bahasa dunia usaha sebagai alat komunikasi tentang informasi ekonomi suatu unit usaha dengan pihak pemakainya.

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah opsi D.

Pengertian praktis dari akuntansi adalah ilmu yang mempelajari cara pencatatan informasi ekonomi suatu perusahaan dengan menganalisis, mengidentifikasi, dan mengikhitsarkannya untuk membuat laporan keuangan sebagai bahan pengambilan keputusan.

Menurut Syamsul Bahri dalam buku Akuntansi Perkebunan (2020), secara praktis, akuntansi adalah aktivitas jasa yang di dalamnya memuat pekerjaan, seperti:

Baca juga: 2 Aspek Penting dari Peranan Akuntansi: Fungsi dan Aktivitasnya

Tujuan akuntansi

Dikutip dari buku Konsep Dasar dan Praktik Akuntansi (2023) karya Derri Benarli Nugraha dkk, berikut tujuan akuntansi secara umum:

Sementara itu, secara khusus, tujuan akuntansi adalaj menyediakan informasi berupa laporan keuangan, laporan hasil usaha, dan perubahan posisi keuangan berdasarkan PABU atau Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi