Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Indonesia untuk Mencapai Cita-cita Bangsa

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Rahma Atillah
Mewujudkan Cita-cita Bangsa
Penulis: Rahma Atillah
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Bangsa indonesia telah melalui perjalanan yang panjang untuk mencapai kemerdekaannya, hingga akhirnya dapat terbebas dari penjajah dan dinyatakan sebagai negara yang merdeka. 

Meski begitu, bukan berarti perjuangan bangsa Indonesia berhenti begitu saja. Bangsa Indonesia masih harus terus berjuang agar bisa menjadi bangsa yang maju.

Selain itu, ada cita-cita bangsa yang harus diwujudkan demi kepentingan bersama dan kemajuan bangsa Indonesia. 

Mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia bukan hanya tugas pemerintah, seluruh rakyat Indonesia juga harus berupaya dalam mencapai tujuan dan cita-cita bangsa tersebut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oleh sebab itu, perlu adanya upaya yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdakaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Lalu, upaya apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa tersebut?

Adapun, upaya-upaya yang dapat dilakukan antara lain:

Baca juga: Fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia

Meningkatkan kesejahteraan rakyat

Sudah seharusnya menjadi fokus utama pemerintah dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang maju dengan cara menyejahterakan rakyatnya.

Kesejahteraan rakyat dapat tercapai dengan memperhatikan pendidikan, ekonomi, kesehatan, infrastruktur, serta berbagai bidang terkait.

Kemandirian ekonomi

Untuk menjadi bangsa yang merdeka, Indonesia harus mampu mengembangkan potensi ekonominya sendiri tanpa harus bergantung pada sektor impor dari negara lain.

Indonesia harus mampu memanfaatkan dan mengelola kekayaan alam serta sumber daya yang melimpah, untuk dapat menghasilkan produk-produk berkualitas yang dapat bersaing di pasar global.

Baca juga: Nilai-nilai Pancasila: Pengertian, Makna, dan Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari

Peningkatan taraf pendidikan

Pelajar menjadi bagian dari pemuda bangsa yang menjadi penerus bangsa Indonesia. Generasi penerus bangsa diperlukan untuk memajukan bangsa itu sendiri.

Sebagai generasi penerus, pelajar dituntut untuk bekerja keras dan belajar dengan giat demi meningkatkan kualitas dirinya.

Maka dari itu, untuk mendukung pelajar sebagai generasi muda, pemerintah perlu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan cara mendukung dan memfasilitasi segala hal yang terkait pendidikan.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia

Kemajuan suatu negara juga bergantung pada sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai kesadaran sebagai warga negara Indonesia, yang bersama-sama berjuang untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

Kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui sektor pendidikan, serta mendukung penuh potensi-potensi dari generasi unggul dengan cara memberi fasilitas yang memadai, memperluas lapangan pekerjaan, dan sebagainya.

Baca juga: Potensi Sumber Daya Manusia dan Upaya Pemanfaatannya

Memperkuat sikap nasionalisme dan patriotisme pada masyarakat

Sikap yang mencerminkan nasionalisme dan patriotisme dibutuhkan oleh generasi-generasi milenial sebagai generasi penerus bangsa.

Nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang kehidupan yang ruang lingkupnya meliputi bangsa dan negara. 

Salah satu bentuk perwujudan nilai-nilai tersebut yang paling terlihat adalah keberanian mengorbankan diri demi kemajuan masyarakat, bangsa dan negara

Peningkatan infrastruktur

Apabila infrastuktur memadai, maka hal tersebut akan lebih mempermudah transportasi barang dan jasa antar wilayah di seluruh penjuru Indonesia.

Sehingga harga barang dan jasa merata dan akan meningkatkan perkembangan sektor ekonomi serta menunjang tingkat perekonomian rakyat.

Baca juga: Infrastruktur Politik di Indonesia

Peningkatan kualitas demokrasi

Peningkatan kualitas demokrasi dapat dicapai dengan cara memberikan masyarakat suatu kebebasan berpendapat dan berserikat. 

Indonesia juga harus memperkuat lembaga-lembaga pemerintah yang berdemokrasi, dan menerapkan pemerintahan yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Peningkatan kualitas pelayanan publik

Dengan adanya kualitas pelayanan publik yang memadai, maka akan meningkatkan kepuasan serta kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Kualitas pelayanan publik yang baik juga akan meningkatkan kinerja pemerintah menjadi lebh efektif dan efisien dalam menjalankan tugas.

Peningkatan keamanan dan pertahanan

Keamanan dan pertahanan yang baik akan membantu mencegah adanya ancaman dari luar negeri, juga membantu menjaga ketertiban dan stabilitas di dalam negeri.

Peningkatan kerja sama internasional

Kerja sama internasional dapat membantu Indonesia dalam memperluas pasar ekspor dan memperoleh teknologi serta sumber daya lainnya. Hal tersebut tentu akan memperkuat posisi Indonesia di kancah internasional.

Baca juga: Contoh Kerja Sama Internasional Indonesia

 

Referensi: 

  • Nila Aulia Khairunnisa. 2018. Penerapan Filosofi Sila Kelima Guna Mewujudkan Cita-cita Bangsa. Buletin Hukum dan Keadilan, Vol. 2 No. 2.
  • Dian Ferricha. 2018. Pancasila: Cita Bangsa Menuju Negara Hukum Kesejahteraan di Tengah Arus Globalisasi. Pagaruyuang Law Journal, Vol. 2 No.1.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi