Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tujuan Kebugaran Jasmani beserta Manfaatnya

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Arfianti Wijaya Wardhani
Ilustrasi 10 Tujuan Kebugaran Jasmani
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Menjaga tubuh untuk tetap bugar adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tubuh yang sehat dan bugar menjadi idaman semua orang karena kita menjadi bisa lebih mudah dalam beraktivitas sehari-hari.

Pengertian kebugaran jasmani

Apa itu kebugaran jasmani? Berikut beberapa pengertian kebugaran jasmani:

Kebugaran jasmani diartikan sebagai suatu aspek, yaitu aspek fisik dan kebugaran secara menyeluruh (total fitness) yang membuat seseorang sanggup untuk menjalani kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada setiap pembebanan fisik (physical stress) yang layak.

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh dalam menyesuaikan fungsi alat tubuhnya dalam batas fisiologi  terhadap lingkungan atau kerja fisik yang efisien tanpa mengalami kelelahan berlebih.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Bentuk Aktivitas Kebugaran Jasmani

Tujuan kebugaran jasmani

Berikut ini 10 tujuan menjaga kebugaran jasmani:

Tujuan utama dari menjaga kebugaran jasmani adalah untuk mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai tujuan tersebut, kita harus rutin dalam melakukan latihan kebugaran jasmani.

Dengan rutin latihan kebugaran jasmani, maka kita dapat mencapai peningkatan daya tahan tubuh. Metabolisme kita juga semakin halus dan mendapat peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Kondisi tersebut mencegah kita dari sakit, baik penyakit menular maupun tidak menular. Serta, kebugaran jasmani juga mampu membuat wajah terlihat cerah dan segar.

Dengan menjaga kebugaran jasmani, peredaran darah kita akan lancar. Karena latihan kebugaran jasmani memiliki pengaruh terhadap jantung yang merupakan organ penting sebagai pusat kehidupan karena menjadi organ utama untuk memompa darah keseluruh tubuh.

Jika kita melatih tubuh kita dengan latihan kebugaran jasmani, maka tulang kita dapat menjadi lebih kuat. Dengan begitu, kita dapat membawa beban tanpa mendapat masalah yang signifikan.

Contoh latihan untuk memperkuat tulang adalah berjalan, bersepeda, serta mengangkat beban.

Baca juga: 5 Komponen Kebugaran Jasmani

Olahraga secara teratur dapat mencegah kita mengalami obesitas.

Seperti yang diketahui bahwa obesitas adalah penyebab berbagai penyakit. Dengan begitu, menjaga kebugaran jasmani juga menjauhkan kita dari penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan oleh obesitas.

Melenturkan sendi merupakan salah satu tujuan dari menjaga kebugaran jasmani. Dengan latihan secara rutin, maka otot dan tungkai tubuh menjadi lebih fleksibel. Contoh bentuk latihan fleksibelitas otot adalah senam lantai.

Ketika melakukan aktivitas kebugaran jasmani, kita akan mendapatkan efek rileks pada tubuh dan otak kita. Oleh karenanya, melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin memiliki potensi dalam menurunkan stres yang kita alami.

  • Bisa meningkatkan kecerdasan

Jika tubuh kita cocok dalam melakukan latihan kebugaran jasmani yang kita lakukan, maka kinerja otak dapat lebih maksimal. Oleh karenanya, dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin setiap harinya, maka dapat meningkatkan kecerdasan kita.

  • Meningkatkan stamina dan kecepatan

Selain meningkatkan kelenturan, kebugaran jasmani juga memiliki tujuan dalam meningkatkan stamina dan kecepatan seseorang.

  • Merangsang perkembangan dan pertumbuhan

Tujuan ini sangat penting untuk anak-anak. Oleh karenanya, kebugaran jasmani perlu dijaga sejak dini.

Baca juga: Program Latihan Peningkatan Kebugaran Jasmani Terkait Kesehatan

Manfaat kebugaran jasmani

Kebugaran jasmani memiliki banyak manfaat untuk kita.

Manfaat kebugaran jasmani adalah sebagai berikut:

  • Menjaga berat badan ideal 
  • Membuat tidur lebih nyenyak 
  • Menurunkan risiko penyakit berat
  • Mencegah penyakit jantung 
  • Mengurangi lemak jahat dan meningkatkan lemak baik 
  • Mengurangi gejala depresi ringan 
  • Meningkatkan hormon kebahagiaan 
  • Mencegah dan mengatasi penyakit diabetes

 

Referensi:

  • (KOMPAS.com/Mochamad Sadheli)
  • Yuliatin, Enik. (2012). Bugar dengan Olahraga. Jakarta Timur: Balai Pustaka
  • Tarigan, D. (2021). Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 040471 Kampung Merdeka Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Quality Berastagi).
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi