Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Kecil: Pengertian, Karakteristik, dan Tipenya

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Rahma Atillah
Ilustrasi Pulau Kecil
Penulis: Rahma Atillah
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan karena Indonesia terbentuk dari banyak gugusan pulau yang bahkan jumlahnya terus bertambah setiap tahun.

Berdasarkan data tahun 2022 dari Badan Informasi Geospasial (BIG), Indonesia memiliki 17.024 pulau yang telah diresmikan dan dibakukan.

Negara Indonesia tidak tersusun oleh pulau-pulau besar saja, Indonesia juga memiliki ribuan pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh wilayah laut Indonesia.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai pulau kecil beserta karakteristik dan tipenya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 5 Pulau Besar di Indonesia

Pengertian pulau kecil

Pulau kecil adalah pulau dengan luas kurang dari 2.000 km² (kilometer persegi) beserta kesatuan ekosistemnya.

Pulau-pulau kecil memiliki keunikan ekologis dengan potensi sumber daya alam antar pulau yang bervariasi. Ekologis pulau kecil relatif homogen dengan posisi terisolir dan ekosistem laut mendominasi karakteristik pulau ini.

Kawasan ini menyediakan sumberdaya alam yang produktif seperti terumbu karang, padang lamun (seagrass), hutan mangrove, perikanan dan kawasan konservasi.

Keunggulan yang dimiliki pulau kecil berpotensi menjadi prime mover pengembangan wilayah nasional, antara lain perikanan, pemukiman, pelabuhan, dan pariwisata.

Baca juga: Pengertian Gugus Pulau dan Contohnya

Karakteristik pulau kecil

Perbedaan dalam proses pembentukan pulau-pulau kecil tentu akan mengakibatkan perbedaan karakteristik pada pulau-pulau kecil.

Karakteristik dari pulau kecil antara lain:

Baca juga: 12 Pulau-Pulau Terluar Indonesia

Tipe pulau kecil

Indonesia merupakan negara dengan beragam keanekaragaman hayati, salah satunya dengan beragamnya jenis pulau yang dimilikinya.

Pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh Indonesia pun memiliki jenis yang beragam, adapun tipe-tipe pulau kecil, di antaranya:

Pulau Aluvium

Pulau aluvium terbentuk oleh proses pengendapan yang biasanya terjadi di sekitar muara sungai besar, di mana laju pengendapannya lebih tinggi dibandingkan dengan intensitas erosi oleh arus dan gelombang laut.

Contoh pulau aluvium dapat dilihat pada pulau-pulau di pantai timur Sumatera dan pulau-pulau di delta-delta di Kalimantan.

Pulau Karang/Koral

Pulau karang atau koral terbentuk oleh sedimen klastik berumur kuarter. Umumnya, banyak pulau-pulau di Indonesia yang memiliki ekosistem terumbu karang.

Secara garis besar, pulau karang/koral sangat subur dan hijau, karena mempunyai daya kapilaritas yang tinggi, sehingga memiliki sumber air tawar yang banyak bagi kehidupan habitat di sekelilingnya. Salah satu contoh pulau karang yaitu terdapat di Raja Ampat.

Pulau Atol

Pulau atol terbentuk dari karang atol yang berbentuk cincin sehingga melingkari pulau tersebut. 

Pada umumnya, pulau atol ini merupakan pulau vulkanik yang ditumbuhi oleh terumbu karang membentuk fringing reef, kemudian berubah menjadi barrier reef, dan akhirnya berubah menjadi pulau atol.

Contoh pulau atol di Indonesia adalah pulau Tukang Besi, gugus pulau di Taka Bonerate.

Pulau Vulkanik

Pulau vulkanik terbentuk dari kegiatan gunung berapi, yang timbul secara perlahan-lahan dari dasar laut ke permukaan. 

Pulau jenis ini terbentuk di sepanjang pertemuan lempeng-lempeng tektonik, di mana lempeng-lempeng tersebut saling menjauh.

Contoh pulau vulkanik terdapat di daerah pertemuan lempeng benua, yaitu Kepulauan Sunda Kecil (Bali, Lombok, Sumba, Sumbawa, Flores, Wetar, Timor).

Baca juga: Pulau Manakah di Indonesia yang Tidak Memiliki Gunung Api?

Pulau Tektonik

Sebagaimana namanya, proses terbentuknya pulau vulkanik berkaitan dengan proses tektonik, terutama pada zona tumbukan antar lempeng.

Sumber daya air di pulau tektonik lebih banyak dijumpai sebagai aliran sungai, dan sangat sedikit air tanah. Contoh pulau tektonik di antaranya Pulau Nias, Pulau Siberut dan Pulau Enggano.

Pulau Genesis Campuran

Pulau genesis campuran adalah suatu pulau yang terbentuk dari gabungan dua atau lebih genesis pulau-pulau tersebut di atas. 

Potensi air di pulau genesis campuran tergantung pada genesis pulau yang bergabung, serta dapat berupa sumber air yang mengalir sepanjang tahun maupun aliran air permukaan dengan jumlah yang biasanya terbatas. 

Contoh pulau genesis campuran misalnya Pulau Haruku, Pulau Nusa Laut, Pulau Kisar dan Pulau Rote.

Pulau Karang Timbul

Pulau ini terbentuk oleh terumbu karang yang terangkat ke atas permukaan laut, karena adanya gerakan ke atas (uplift) dan gerakan ke bawah (subsidence) dari dasar laut karena adanya proses geologi.

Setelah berada di atas permukaan air laut, terumbu karang akan mati dan menyisakan terumbu dan terbentuk pulau karang timbul.

Contoh pulau karang timbul ini banyak dijumpai di perairan timur Indonesia, seperti di Laut Seram, Sulu, Banda.

Baca juga: Pulau Seram, Salah Satu Jalur Rempah di Indonesia

Pulau Petabah 

Pulau petabah terbentuk di daerah yang stabil secara tektonik, di mana litologi pembentukan pulau petabah sering terdiri atas batuan ubahan, intrusi, dan sedimen yang terlipat dan berumur tua.

Contoh pulau petabah antara lain seperti Pulau Batam, Pulau Bintan dan Pulau Belitung.

 

Referensi:

  • Dahuri, R., Rais, J., Ginting, S.P., Sitepu, M.J. 2001. Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Pradanya Paramita, Jakarta.
  • Kementerian Kelautan dan Perikanan. Definisi dan Tipe Pulau. Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Diakses pada 16 September 2023 pada laman
  • Undang-Undang No. 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi