Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Id, Ego, dan Superego

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Arfianti Wijaya Wardhani
Ilustrasi Mengenal Id, Ego, Superego
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Freud, seorang tokoh konsepsi manusia dalam psikoanalisis, berpendapat bahwa perilaku manusia adalah hasil dari interaksi tiga subsistem yang ada dalam kepribadian manusia, yaitu id, ego, dan superego.

Mari kita mengenal lebih dalam mengenai id, ego, dan superego.

Id

Id adalah bagian dari kepribadian manusia yang menyimpan dorongan-dorongan biologis manusia. Id dapat dianggap sebagai pusat insting, atau dalam kamus agama disebut hawa nafsu.

Id bergerak dengan berdasar pada prinsip kesenangan untuk segera memenuhi kebutuhannya. Id adalah tabiat hewani yang dimiliki manusia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Faktor dan Tahap Pembentuk Kepribadian

Terdapat dua insting dominan, yaitu:

Libido adalah insting reproduktif yang memberikan energi dasar untuk aktivitas-aktivitas manusia yang sifatnya konstruktif. Insting ini disebut juga sebagai insting kehidupan (eros).

Dalam konsep Freud, eros tidak hanya tentang dorongan seksual, tetapi juga mencakup berbagai hal yang mendatangkan kenikmatan. Misalnya, cinta diri (narcism) ataupun kasih ibu.

Thanatos adalah insting agresif dan destruktif. Insting ini juga merupakan insting kematian. Agresi mendorong id pada kerusakan, seperti perang, berkelahi, berkuasa, serta semua tindakan yang sifatnya merusak.

Segala motif manusia merupakan hasil perpaduan antara eros dan thanatos.

Contoh perwujudan insting libido dan thanatos secara bersamaan adalah hasrat untuk mendapatkan kesenangan dari menduduki pangkat tertinggi disertai nafsu untuk menyingkirkan kawan ataupun lawan dengan sadis.

Ego

Id mampu melahirkan keinginan, namun ia tidak mampu memuaskan keinginan tersebut. Untuk itu, kita akan mengenal subsistem kedua, yaitu ego.

Ego adalah mediator antara hasrat-hasrat hewani yang dimiliki manusia dengan tuntutan realistis dan rasional. Ego bergerak menurut prinsip realitas.

Ego berfungsi menjembatani tuntutan id dengan realistis yang ada di dunia. Ego menyebabkan manusia dapat menundukkan hasrat hewaninya dan hidup dengan rasional sebagai pribadi yang normal.

Contoh aplikasinya adalah ketika id mendorong kita untuk membalas ejekan yang dilontarkan kepada kita dengan ejekan balik, ego akan memperingatkan kita bahwa lawan bicara kita merupakan bos yang memiliki kuasa untuk memecat kita.

Apabila kita menuruti id, maka kita adalah orang yang konyol. Kita juga teringat bahwa bukan hal yang baik untuk melawan atasan, terlebih menurut Hubungan Industrial Pancasila.

Baca juga: Teori Psikologi Sastra Menurut Sigmund Freud, Abraham Maslow, dan David Krech

Superego

Freud menyebut superego sebagai unsur moral dalam pertimbangan terakhir.

Superego merupakan polisi kepribadian yang mewakili hal ideal. Superego adalah hati nurani yang menjadi internalisasi dari norma-norma sosial dan kultural yang ada di masyarakat.

Superego memaksa ego untuk menekan hasrat-hasrat yang menyimpang. Superego menjadi tali kekang id, sehingga superego menekan gejolak-gejolak nafsu yang ada dalam diri manusia.

Superego tidak mengatur id, melainkan memberikan hukuman pada perilaku menyimpang dengan rasa bersalah. Baik superego maupun id, keduanya berada di dalam alam bawah sadar manusia.

Ego berada di tengah Id dan Superego. Maka, ego harus memilih untuk bertindak antara memenuhi desakan id atau peraturan superego.

Dalam mengatasi ketegangan tersebut, ego dapat menyerah dan mematuhi desakan id. Namun, dengan begitu superego akan menghukumnya melalui perasaan bersalah.

Kesadaran dalam superego berkembang melalui penyerapan nilai-nilai kultural dan moral masyarakat. Orang tua merupakan faktor penting dalam pengembangan superego pada anak-anak.

Baca juga: Model Psikoanalisis dalam Teori Perilaku Konsumen

 

Referensi:

  • Rakhmat, Jalaluddin. (2022). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Setiadi, Nugroho J. (2019). Perilaku Konsumen. Jakarta: PrenadaMedia Group.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi