Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Report Text Tentang Hewan dan Terjemahannya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Serafica Gischa Prameswari
Ilustrasi Contoh Report Text Tentang Hewan dan Terjemahannya
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Ervina, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Report text adalah jenis teks yang memberikan informasi atau penjelasan tentang sesuatu berdasarkan hasil pengamatan atau penelitian. Berikut adalah beberapa contoh report text tentang hewan:

Contoh 1

Angora Cat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Angora cat is a cat that comes from Türkiye. This cat is loved by many people. Angora cat is famous for its agility, and it also has adorable behavior.

Angora cats are generally white. The top of his head seems wider, while the bottom looks narrower, like an inverted triangle. Apart from that, the Angora cat's head is also slightly rounder.

The ears of the Angora cat appear more pointed, with very close spacing, without a lot of thick or long hair.

Do you know what is most unique about Angora cats? yes, the eyes. Angora cat's eyes appear slightly tilted upwards.

Another unique thing is that the Angora cat has blue eyes, which means this cat is deaf or cannot hear. unique isn't it?

Another difference between the Angora cat and other types of cats is the cat's nose which looks sharper and its face is oval.

Meanwhile, the tail looks thicker and bushier, and the legs also look tall and long.

Terjemahan

Kucing Anggora

Kucing Anggora adalah kucing yang berasal dari turki. Kucing ini sangat disukai oleh banyak kalangan. kucing anggora terkenal dengan kelincahannya, dan ia juga memiliki tingkah yang menggemaskan.

Kucing anggora umumnya berwarna putih. Bagian atas kepalanya tampak lebih lebar. sedangkan bagian bawahnya tampak lebih menyempit, seperti suatu segitiga yang terbalik. Selain itu, kepala kucing anggora juga sedikit lebih bulat.

Bagian telinga kucing anggora tampak lebih lancip, dengan jarak yang sangat berdekatan, tanpa ada banyak bulu yang lebat atau panjang.

apa kamu tahu apa yang paling unik dari kucing anggora? ya, matanya. mata kucing anggora tampak sedikit miring ke atas.  

Hal unik lainnya adalah kucing anggora yang memiliki mata berwarna biru, itu artinya kucing ini tuli atau tidak bisa mendengar. unik bukan?

Perbedaan lainnya antara kucing anggora dengan jenis kucing lainnya adalah pada bagian hidung kucing yang tampak lebih mancung, dan wajahnya yang lonjong. 

Sedangkan ekornya tampak lebih tebal dan lebat, serta juga memiliki kaki yang tampak tinggi dan panjang. 

Baca juga: Contoh Report Text tentang Prambanan Temple dan Terjemahannya

Contoh 2

Mini Hedgehog

From a young age I wanted to have a pet, and the animal I wanted to raise was a mini hedgehog.

Mini hedgehogs have small, spiny bodies. He looks very funny and cute. Mini hedgehogs can be unique pets.

Even though its body is full of spines, the spines are not very sharp because the mini hedgehog has air cavities in its spines.

Just like a baby, when he is just born, a mini hedgehog cannot see clearly. Then, his eyesight will continue to improve after he is half a month old.

Even though their eyesight can continue to improve, mini hedgehogs still have poor eyesight.

But on the contrary, mini hedgehogs have a very good sense of smell and hearing.

This animal's favorite food is insects, such as caterpillars. In addition, he also really likes fruit.

Apart from that, mini hedgehogs have many advantages. he can run, swim, and climb.

But unfortunately, the mini hedgehog does not have a long life. He was only able to survive until the age of 9 years.

Terjemahan

Landak Mini

Sedari kecil aku ingin memiliki seekor hewan peliharaan, dan hewan yang ingin ku pelihara adalah seekor landak mini.

Landak mini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan berduri. ia tampak sangat lucu dan imut. Landak mini bisa menjadi hewan peliharaan yang unik.

Walaupun tubuhnya penuh duri, namun durinya tidak terlalu tajam karena landak mini memiliki  rongga udara didalam duri- durinya.

Seperti halnya seorang bayi, saat baru dilahirkan, landak mini belum bisa melihat dengan jelas. Kemudian, penglihatannya akan terus meningkat setelah ia berusia setengah bulan.

Walaupun penglihatannya dapat terus meningkat, namun landak mini tetap saja memiliki penglihatan yang tidak begitu bagus. 

Namun sebaliknya, landak mini memiliki indera penciuman dan pendengaran yang sangat baik.

Makanan favorit binatang ini adalah serangga, seperti sejenis ulat. Selain itu, ia juga sangat menyukai buah-buahan.

Selain itu, landak mini memiliki banyak kelebihan. ia bisa bisa berlari, berenang, dan memanjat.

Namun sayangnya, landak mini tidak memiliki usia yang panjang. ia hanya mampu bertahan hingga usia 9 tahun. 

Baca juga: Contoh Report Text Tentang Surakarta Town dan Terjemahannya

Contoh 3

One-Horned Rhinoceros

The one-horned rhinoceros is one of the animals that can only be found in Indonesia. As the name suggests, the uniqueness of this rhino is its single horn. This four-legged animal is an animal that is protected by the state because it is rare and almost extinct.

This animal has a long snout and has large nostrils. Right above the muzzle is a sharp curved horn or horn. Meanwhile, the wide ears are on the back of the head and almost on the neck or hump.

His body is big and muscular. In fact, it is known that the one-horned rhinoceros is the largest animal on the island of Java. Just imagine, it can weigh up to 1.5 tons.

His whole body was covered with thick skin that looked almost like a knight's armor made of metal. The color of his skin is brown, almost like pale ash, like the color of a solid mountain rock.

This large rhino is supported by its four strong legs. Each leg has three nails. Their thick nails are covered with thick skin to support their tall body.

How extraordinary is this rare prima donna of Indonesia. It's time for all of us to help preserve these animals by at least getting to know them.

Terjemahan

Badak Bercula Satu

Badak bercula satu adalah satu di antara hewan yang hanya dapat ditemukan di Indonesia. Seperti namanya, keunikan badak ini adalah culanya yang tunggal. Binatang berkaki empat ini merupakan hewan yang dilindungi oleh negara karena langka dan nyaris punah.

Binatang ini bermoncong panjang dan memiliki lubang hidung yang besar. Tepat di atas moncongnya adalah cula atau tanduk yang meliuk tajam. Sementara itu kuping lebarnya berada di bagian belakang kepala dan hampir berada di bagian leher atau punuknya.

Badannya besar dan berotot. Bahkan, diketahui bahwa badak bercula satu adalah hewan terbesar di Pulau Jawa. Bayangkan saja, beratnya bisa mencapai 1,5 ton.

Sekujur tubuhnya dilapisi oleh kulit tebal yang bentuknya hampir tampak seperti baju kesatria yang terbuat dari logam. Warna kulitnya coklat hampir menyerupai abu pucat, seperti warna batuan gunung yang kukuh.

Badak yang besar ini disokong oleh keempat kakinya yang juga kukuh. Masing-masing kakinya berkuku tiga. Kukunya tebal dilapisi oleh kulit yang tebal pula untuk menyokong badannya yang tinggi besar.

Alangkah luar biasanya binatang langka primadona Indonesia ini. Sudah sepatutnya kita semua turut melestarikan hewan ini dengan cara setidaknya benar-benar mengenalnya.

Baca juga: Contoh Report Text tentang Citrus Fruit dan Terjemahannya

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi