Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Content Management System: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Rahma Atillah
Content Management System: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya
Penulis: Rahma Atillah
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Perkembangan informasi yang sangat cepat di internet menyebabkan kebutuhan akan manajemen informasi yang baik dan efisien semakin meningkat.

Saat ini dalam membangun dan mengelola sebuah website sudah semakin mudah, tidak seperti dulu di mana kita harus membuat sistem sendiri dengan ratusan bahkan ribuan baris koding.

Dengan bantuan CMS (content management system) kita dapat dengan mudah mengelola website yang kita buat tanpa harus membuat sistem dari awal.

Baca juga: Komodifikasi Konten: Pengertian dan Contohnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian CMS

CMS (Content management System) atau dikenal dengan sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan, memanipulasi atau mengubah isi dari suatu situs web.

Konten mengacu pada setiap jenis atau unit informasi digital yang digunakan untuk mengisi setiap halaman misalnya teks, gambar, animasi, suara , dan lain sebagainya yang dipublikasikan.

CMS bersifat fleksibel, di mana arti fleksibel pada CMS adalah strukturnya dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

CMS berbentuk aplikasi berbasis web yang diterapkan menggunakan bahasa pemrograman yang memiliki kemampuan pemrograman berbasis web.

Fitur-fitur yang terdapat dalam CMS pun cukup bervariasi, mulai dari manajemen layout situs, fitur pencarian, editing berita, editing foto, editing produk, dan lain-lain.

Kegunaan CMS adalah untuk mempermudah user membangun sebuah situs website dan juga memudahkan dalam mengedit konten ataupun template tanpa harus mempelajari begitu dalam beberapa bahasa pemrograman website.

Baca juga: Komponen dan Tata Letak pada Halaman Blog

Fungsi CMS

Saat ini ada beragam CMS yang disediakan dan cukup populer serta memiliki fitur yang lengkap untuk membantu dalam hal manajemen konten.

Adapun beberapa fungsi pokok CMS di antaranya:

Fungsi ini berarti CMS diarahkan untuk mampu menangani pengisian informasi secara mudah dan efisien, sehingga penggunanya tidak perlu menggunakan tag HTML dalam membuat sebuah halaman web.

Pengguna dapat memasukan konten berupa gambar, tulisan, video, dan lain sebagainya dengan implementasi yang lebih sederhana.

Baca juga: Jenis dan Manfaat Blog

Pada fungsi ini, CMS dibuat untuk mengatur pusat isian, baik penampilan data yang sudah atau belum terpakai sehingga dalam proses penampilan informasinya menjadi mudah.

Fungsi ini berarti CMS dibuat untuk memuat fleksibilitas dan pengembangan halaman dengan pola yang telah disediakan atau template.

  • Fungsi penampil isi (presentation)

Pada fungsi ini CMS dibuat untuk menampilkan isi terhadap informasi yang telah tersimpan untuk ditampilkan pada browser.

CMS dapat menampilkan konten berdasarkan kategori tertentu, atau berdasarkan tanggal pembuatan konten, dan lain sebagainya tergantung dari CMS masing-masing.

Baca juga: SEO (Search Engine Optimization): Pengertian dan Manfaatnya

Contoh CMS

Karena kinerjanya yang efektif dan memudahkan penggunanya, CMS sudah banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Adapun contoh CMS yang cukup populer digunakan antara lain:

Wordpress

Sebagai CMS, wordpress cocok digunakan untuk website berbasis news atau berita, sebab kesederhanaan administrator sidenya membuat CMS jenis ini fasih digunakan meski oleh pemula. Namun kelemahan dari wordpress sendiri yakni fitur manajemennya yang sedikit.

Joomla

Joomla merupakan salah satu jenis CMS yang powerfull, sebab dapat digunakan pada website yang sederhana hingga yang kompleks. Kelebihan joomla sendiri terdapat pada penginstalan dan pengelolaannya yang mudah.

Drupal

Drupal pada awalnya dikembangkan sebagai sistem bulletin board, namun saat ini telah banyak digunakan oleh website yang memiliki tingkat penanganan yang kompleks. Drupal sendiri lebih cocok untuk website beskala besar dengan tingkat pemahaman admin yang advance.

Blogspot

Blogspot merupakan salah satu jenis CMS yang populer pada masanya, di mana blogspot lebih cocok untuk pemula dan mudah dioperasikan serta mengandung SFF sehingga lebih mudah ditemukan oleh search engine.

Baca juga: Apa Kegunaan SEO?

 

Referensi:

  • Gede Brahupadhya Subiksa, dkk. 2023. Pengembangan CMS (Content Management System) dalam Pembuatan Website Jurusan Menggunakan Framework Laravel. Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana, Vol. 11 No. 4.
  • Satyanarayana, K., et al. 2010. Content Management System. ICMR Library Bulletin, Vol. 7, No. 3.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi