Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian ERP: Kelemahan dan Kelebihan

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Arfianti Wijaya Wardhani
Ilustrasi Pengertian ERP: Kelemahan dan Kelebihan
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Enterprise Resource Planning atau yang biasa disingkat ERP adalah suatu sistem yang membantu dalam mengatur proses bisnis.

Sistem yang terintegrasi seperti produksi, pembelian, marketing, accounting, serta penyimpanan semua transaksi dalam suatu database yang digunakan perusahaan dapat menyediakan informasi manajemen yang membantu pengambilan keputusan dan peningkatan daya saing.

Meningkatkan pelayanan yang baik di setiap level manajemen adalah hal yang penting.

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem informasi berbasis komputer atau perangkat aplikasi yang diterapkan di perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengelola seluruh sumber daya perusahaan dan bisnis proses secara otomatis.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sistem perangkat lunak yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola berbagai aspek operasional mereka.

Dengan ERP, suatu perusahaan mampu mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses yang berbeda, seperti keuangan, manufaktur, persediaan, dan sumber daya manusia, dalam satu platform yang terpadu.

Baca juga: Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur dan Bagannya

Kelemahan Enterprise Resource Planning (ERP)

Kelemahan ERP yaitu:

Dengan kata lain, kekurangan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP), sebagai berikut:

Aplikasi ERP adalah perangkat lunak berbayar dan mempunyai ketergantungan pada vendor.

Implementasi sistem ERP memerlukan waktu yang lama untuk dapat beradaptasi karena membutuhkan pelatihan khusus bagi personil tiap divisi.

Personil di setiap divisi perusahaan harus mampu memahami bagaimana sistem ERP diimplementasikan untuk masalah yang kompleks, tetapi dioperasikan dengan mudah.

Baca juga: Sistem Informasi Akuntansi: Pengertian dan Contohnya

Kelebihan Enterprise Resource Planning (ERP)

Kelebihan ERP adalah:

Selain itu, ERP mempunyai kelebihan, sebagai berikut:

Aplikasi ERP merupakan teknologi yang mampu beradaptasi untuk memberikan layanan sesuai pertumbuhan bisnis, sehingga dapat meningkatkan daya saing suatu perusahaan.

Aplikasi ERP membantu perusahaan untuk menghemat biaya dalam melaksanakan pekerjaan karena sebagian besar aktivitas dijalankan secara otomatis.

Data adalah hal penting dalam perusahaan yang diolah dengan model tertentu untuk menjadi informasi. ERP memakai data terkait perusahaan yang tersimpan dan dijadikan acuan perusahaan untuk membantu dalam mengambil keputusan.

Perlindungan firewall dapat menjadi langkah antisipasi pelanggaran data. Sistem terpusat dan pengendalian hak akses yang terbatas kepada setiap karyawan untuk memastikan keamanan data.

Sistem ERP membantu pekerjaan yang sifatnya rutin dan berulang dengan mudah. Hal ini dikarenakan sistem ERP berbasis cloud yang dapat dilakukan monitoring operasi kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: Program Pengolah Angka: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Aplikasi

 

Referensi:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi