Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jenis Kecepatan Arus Internet

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Rahma Atillah
8 Jenis Kecepatan Arus Internet
Penulis: Rahma Atillah
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Internet adalah kumpulan atau jaringan dari komputer yang ada di seluruh dunia, di mana komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi data.

Dalam menjalin komunikasi di internet, tentunya dibutuhkan kecepatan akses internet untuk melancarkan proses komunikasi tersebut.

Kecepatan akses internet akan sangat bergantung pada teknologi jaringan di sekitar jarak dan jarak atau kondisi lingkungan saat koneksi internet dilakukan.

Ada beberapa pilihan tipe kecepatan internet yang dapat kita gunakan, berikut ini adalah kecepatan akses internet berdasarkan saluran antara lain:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Macam-macam Hardware Untuk Mengakses Internet

Dial-up 

Dial-up adalah cara pengguna internet terhubung ke ISP (Internet Service Provider) melalui jaringan telepon reguler (PSTN).

Dial-up umumnya digunakan oleh pengguna yang menginginkan untuk mengakses internet dari rumah.

Komputer yang digunakan untuk dial-up pun pada umunya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer).

Kecepatan akses internet menggunakan dial-up dapat mencapai maksimal dengan kecepatan 56 kbps.

ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line)

ADSL adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1.104 kHz, di mana ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, sehingga data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain

Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara atau fax secara simultan.

Kecepatan maksimum yang dapat digunakan pada generasi terakhir modem ADSL menggunakan teknologi ADSL 2+ adalah sekitar 15Mbps untuk jarak antara rumah ke sentral telepon sekitar 1,5 km.

Baca juga: Mengenal Aplikasi-Aplikasi Internet

GPRS

GPRS adalah kepanjangan dari General Packet Radio Service, yaitu komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio.

GPRS memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile) dan dapat digunakan untuk transfer data.

Kecepatan GPRS mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet dan pengiriman data multimedia ke komputer, notebook, dan handheld komputer.

3G

3G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris yaitu third generation technology. Istilah ini umumnya digunakan untuk mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless).

Kecepatan akses 3G berbeda-beda berdasarkan kondisi, untuk kondisi gerak cepat (mobile) sebesar 144 kbps, untuk kondisi berjalan (pedestrian) sebesar 384 kbps, dan sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat.

Baca juga: Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet

WiFi (Wireless Fidelity)

WiFi adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio, sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman.

Salah satu kelebihan dari WiFi adalah kepraktisan, tidak perlu repot memasang kabel network. WiFi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, tetapi WiFi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan.

Kecepatan akses internet menggunakan WiFi cukup cepat dengan kecepatan minimal sebesar 1 Mbps sampai dengan sekitar 54 Mbps.

Wibro (Wireless Broadband)

Wibro diklaim dapat diakses sampai jarak 1 kilometer dari stasiun pemancarnya, dengan kecepatan transfer sekitar 128 kbps atau lebih.

Teknologi broadband yang paling umum digunakan di Indonesia untuk menghubungkan koneksi internet untuk anda adalah teknologi DSL, teknologi cable dan fixed wireless.

Baca juga: Pengertian Internet of Things dan Artificial Intelligence

LAN (Local Area Network)

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil.

Namun saat ini telah terdapat wireless LAN yang dapat digunakan pada jaringan peer to peer dalam ruangan dan juga point to point di luar ruangan maupun point to multipoint pada aplikasi bridge.

Wireless LAN didesain sangat modular dan fleksibel, jaringan ini juga bisa dioptimalkan pada lingkungan yang berbeda, dapat mengatasi kendala geografis dan rumitnya instalasi kabel.

TV Kabel

Televisi kabel dinilai cocok untuk pengguna internet dari kalangan keluarga (rumah tangga). Kelebihan mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel adalah dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.

Baca juga: Mengenal Aplikasi-Aplikasi Internet

 

Referensi:

  • Andri Maulana dan Ahmad Fauzi. 2018. Jaringan Komputer. Jakarta: Universitas Nusa Mandiri.
  • Mufadhol. 2008. Networking dan Internet. Semarang: Semarang University Press.
  • Rusito. 2021. Teknologi Internet. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi