Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mineral yang Mengandung Mangan

Baca di App
Lihat Foto
wikimedia.org
Pirolusit
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Mangan (Mn) adalah unsur golongan transisi dengan nomor atom 25. Apa saja mineral yang mengandung mangan? Berikut adalah penjelasannya!

Mangan adalah unsur paling melimpah ke 12 di alam, membuat mangan mudah ditemukan. Mangan ditemukan dalam bentuk mineral.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, di alam mangan dapat ditemukan dalam kurang lebih 300 mineral dengan kelimpahan keseluruhan sebesar 0,16 persen.

Konsentrasi mangan dalam mineral sangatlah beragam. Contoh mineral yang mengandung mangan adalah pirolusit dan manganit.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 9 Kelompok Mineral

Pirolusit

Mineral paling umum yang mengandung mangan adalah pirolusit. Pirolusit mengandung sekitar 60 hingga 63 persen mangan di dalamnya.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pirolusit terbentuk di bawah kondisi oksidasi tinggi dan membentuk lapisan, kerak, atau serat berwarna abu-abu muda hingga hitam, metalik, cukup berat, dan merupakan produk alterasi dari bijih mangan lainnya.

Karena pirolusit diendapkan oleh air, mineral tersebut kerap ditemukan pada endapan sedimen, bintil dan kerak di dasar laut, laut dangkal, rawa, dan juga danau.

Baca juga: Batuan Sedimen: Definisi, Klasifikasi, dan Karakteristiknya

Manganit

Manganit adalah mineral yang mengandung mangan, berupa kristal berwarna abu, abu-abu, hitam, keabu-abuan, dan hitam gelap, dengan garis berwarna coklat kemerahan.

Manganit mengandung sekitar 89,7 persen magan oksida berupa mangan sesquioxida yang larut dalam asam klorida.

Dilansir dari Geology Science, manganit terdapat dalam endapan hidrotermal yang terbentuk pada suhu rendah (hingga 200°C) bersama dengan kalsit siderit, dan barit, juga dapam endapan pangganti bersama geotit, dan di deposit air panas.

Baca juga: Jenis-jenis Bahan Tambang dan Mineral 

Adapun, contoh mineral yang mengandung mangan lainnya adalah:

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi