Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Paket Kebijakan Juni 1983 (Pakjun 1983)

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Isi Paket Kebijakan Juni 1983 menjelaskan soal deregulasi perbankan di Indonesia, di mana pemerintah memberi keleluasaan bagi bank di Indonesia.
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Sebelum mengalami krisis moneter pada 1998, Pemerintah Indonesia pernah mengeluarkan dua paket kebijakan yang sangat berpengaruh bagi perekonomian nasional.

Paket kebijakan pertama dikeluarkan pada Juni 1983 (Pakjun 1983), dan yang kedua pada Oktober 1988 (Pakto 1988).

Artikel ini hanya akan membahas lebih jauh soal isi Paket Kebijakan Juni 1983, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pakjun 1983 atau Pakjun'83.

Paket Kebijakan Juni 1983

Menurut Yudhistira Ardana dan Nur Syamsiah dalam buku Perekonomian Indonesia (2023), Paket Kebijakan Juni 1983 ditujukan untuk mendorong ekspor selain migas.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilakukan sebagai bentuk antisipasi atas penurunan perolehan devisa Indonesia dari sektor minyak atau migas.

Baca juga: Bank Pemerintah: Pengertian dan Contohnya

Harapannya, dengan menerapkan Pakjun 1983 ini, bank di Indonesia terdorong untuk menjalankan prinsip manajemen yang berorientasi pasar.

Karena itulah, Paket Kebijakan Juni 1983 kerap disebut sebagai deregulasi perbankan.

Sebutkan isi Paket Kebijakan Juni 1983! 

Dikutip dari Deregulasi, Efisiensi, dan Pertumbuhan Ekonomi (1989) oleh Iswardono S. Permono, berikut isi Paket Kebijakan Juni 1983:

Baca juga: Bank Sentral: Pengertian dan Tugasnya

Dilansir dari Deregulasi di Indonesia (2001) karya Nuryasman dan Hidayat Wiweko, Pakjun 1983 adalah deregulasi pertama yang dilakukan pemerintah Indonesia.

Paket Kebijakan Juni 1983 ditujukan untuk memberi keleluasaan bagi bank dalam memberi pelayanannya, juga mengurangi campur tangan Bank Indonesia dalam implementasi kredit.

Variabel kuantitas (kredit yang diberikan untuk bank) diganti oleh variabel harga, dengan memberi kebebasan bagi bank untuk menentukan suku bunganya sendiri.

Jika disimpulkan, isi Paket Kebijakan Juni 1983 adalah soal deregulasi perbankan yang dilakukan Pemerintah Indonesia, untuk memberi kebebasan lebih terhadap bank.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi