Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Arfianti Wijaya Wardhani
Ilustrasi 7 Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Perbedaan antara kepemimpinan dan manajemen adalah konsep yang paling penting dalam pengelolaan organisasi atau tim.

Kepemimpinan dan manajemen mempunyai peran penting dalam kesuksesan organisasi. Kedua peran tersebut saling berhubungan dan saling melengkapi.

Baca juga: Kepemimpinan: Definisi dan Konsepnya

Apa perbedaan antara manajemen dengan kepemimpinan? Berikut penjelasannya: 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus utama kepemimpinan adalah menginspirasi, memotivasi, serta memberikan arah kepada orang lain.

Pemimpin memegang tanggung jawab dalam menciptakan visi, mengarahkan organisasi atau tim menuju tujuan, serta membentuk budaya yang positif.

Di sisi lain, fokus utama manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, serta pengawasan sumber daya dan proses guna mencapai tujuan organisasi.

Manajer menaruh fokus pada tugas-tugas rutin, administrasi, serta perencanaan strategis.

Dalam kepemimpinan, pemimpin biasanya berperan sebagai visioner, motivator, serta penggerak perubahan.

Pemimpin menangani masalah besar, memandu dalam pengambilan keputusan strategis, serta menciptakan iklim kerja yang positif.

Sementara itu, dalam manajemen, manajer bertanggung jawab untuk melaksanakan rencana dan kebijakan yang sudah ditetapkan oleh pemimpin.

Manajer fokus pada pengelolaan tugas sehari-hari, mengawasi kinerja, serta memastikan tugas selesai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Kepemimpinan berfokus pada jangka panjang serta visi organisasi. Pemimpin menciptakan arah jangka panjang dan berorientasi pada masa depan.

Di sisi lain, manajemen berfokus pada tugas-tugas sehari-hari dan pengelolaan sumber daya yang dibutuhkan guna mencapai tujuan organisasi dalam jangka pendek atau menengah.

Baca juga: 5 Fungsi Manajemen Menurut S. P. Siagian

Kepemimpinan berkaitan erat dengan kemampuan seseorang untuk memengaruhi, menginspirasi, serta menciptakan perubahan positif.

Pemimpin yang efektif dapat memotivasi anggotanya guna mencapai tujuan bersama.

Manajemen cenderung lebih berkaitan dengan pengendalian dan pengawasan operasional untuk memastikan bahwa tugas dan prosedur dilaksanakan dengan efisien.

  • Perubahan versus stabilitas

Kepemimpinan kerap kali berhubungan dengan perubahan dan inovasi. Pemimpin mendorong perubahan, mencari peluang, serta mengatasi tantangan.

Sedangkan, manajemen cenderung menjaga stabilitas dan konsistensi. Manajer berfokus pada efisiensi operasional dan menjalankan tugas-tugas rutin.

  • Orang versus proses

Kepemimpinan lebih menaruh fokus pada pengaruh dan hubungan dengan orang. Pemimpin bekerja untuk menginspirasi, memotivasi, serta mengembangkan anggotanya.

Berbeda dengan kepemimpinan, manajemen lebih menaruh fokus pada proses dan tugas. Manajer memastikan bahwa tugas dan prosedur berjalan dengan baik dan semestinya (sesuai rencana).

  • Kreativitas dan inovasi

Kepemimpinan mendorong kreativitas, inovasi, serta pengembangan ide baru. Sementara itu, manajemen fokus pada penerapan tugas dan prosedur yang telah tersedia.

Baca juga: 5 Fungsi Kepemimpinan yang Efektif

 

Referensi:

  • Suiraoka, I. P., Sugiharti, Sewang, Ratih, I. A. D. K., Anwar, M., Solehudin, Susilatun, H. R., Werdiningsih, R., Noor, G. P., & Musin, Y. (2023). Model dan Gaya Kepemimpinan. Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
  • Iswahyudi, M. S., Umalihayati, Kasanusi, Sarie, F., Subhan, M., Zulkifli, Hasmirati, Gejir, I. N., Suiraoka, I. P., & Djibu, R. (2023). Gaya Kepemimpinan. Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi