Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Karakteristik Media Sosial

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Arfianti Wijaya Wardhani
Ilustrasi 5 Karakteristik Media Sosial
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Media sosial adalah platform media yang memfokuskan pada eksistensi pengguna yang memfasilitasi mereka untuk dapat beraktivitas dan berkolaborasi.

Media sosial juga merupakan nama untuk inovasi digital yang memungkinkan individu dalam mengasosiasikan, menghubungkan, memproduksi, serta menawarkan konten pesan.

Media sosial juga dapat diartikan sebagai jenis media komunikasi cerdas yang memungkinkan asosiasi dan input dua arah.

Baca juga: Jenis-jenis Media Sosial dan Contohnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa saja karakteristik dari media sosial? Berikut penjelasannya:

Salah satu karakteristik media yang paling menonjol adalah sifat partisipasi yang dimiliki. Partisipasi ini memungkinkan pihak-pihak yang berkepentingan untuk terlibat dalam interaksi.

Apabila dibandingkan dengan media tradisional, media sosial memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah.

Interaktivitas atau komunikasi dua arah bisa diukur dengan memusatkan perhatian pada dimensi kunci umpan balik sebagai komponen interaktivitas, sinkronisitas, serta kontrol aktif.

Baca juga: 5 Efek kehadiran Media Massa

Walaupun kehadiran fisik dianggap ideal dalam hubungan sosial, hubungan interpersonal bisa dipertahankan tanpa komunikasi tatap muka, namun dengan dimediasi melalui teknologi komunikasi.

Media sosial memungkinkan individu dan organisasi untuk mengidentifikasi dan berkomunikasi dengan orang yang ingin mereka kenal.

Karakteristik lain dari media sosial ialah keterbukaannya terhadap umpan balik pengguna dan partisipasi dalam mengakses informasi atau memberikan komentar.

Baca juga: Jenis dan Fungsi Media Komunikasi Visual

Dari karakteristik-karakteristik media sosial di atas, kita dapat melihat keunggulan media sosial dibandingkan dengan media arus utama yang biasa dijadikan sebagai rujukan oleh masyarakat, yakni media cetak dan televisi.

Keunggulan media sosial berdasarkan karakteristik tersebut yaitu media sosial dapat memberikan wadah untuk dilakukannya komunikasi dua arah.

Selain itu, media sosial juga memberikan kesempatan kepada khalayak komunikasi untuk bisa memberikan respons atau feedback kepada komunikan secara langsung.

Interaktivitas tersebut yang diinginkan oleh masyarakat saat ini. Sebagian masyarakat ingin menyampaikan pendapat atau keluhan mereka dan berharap untuk didengarkan.

 

Referensi:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi