Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Faktor Eksternal Penyebab Pelanggaran HAM

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Salah satu faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM adalah penyalahgunaan kekuasaan oleh mereka yang berkuasa. Apa saja faktor eksternal lainnya?
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) berarti melanggar kodrat juga hak dasar yang dimiliki tiap manusia.

Sayangnya, masih ada banyak pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat saat ini. Salah satu penyebabnya datang dari faktor eksternal.

Faktor eksternal pelanggaran HAM

Menurut Muhammad Ridha dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2020), pelanggaran HAM disebabkan oleh faktor eksternal atau faktor di luar diri individu.

Faktor yang dimaksud ini mencakup kondisi dan situasi di luar diri manusia, yang turut mendukung terjadinya pelanggaran hak asasi seseorang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikutip dari buku Memahami Macam-macam Upaya Penegakan HAM (2023) oleh Dian Wahyuni dkk, berikut empat faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia):

Baca juga: 4 Faktor Internal Penyebab Pelanggaran HAM

Penyebab eksternal pelanggaran HAM yang pertama adalah penyalahgunaan kekuasaan. Biasa terjadi di lingkungan kerja hingga pemerintahan.

Contoh pelanggarannya, yakni korupsi, uang lembur yang tidak dibayarkan, hingga kekerasan atau bullying terhadap pekerja baru.

Pelanggaran HAM disebabkan oleh struktur politik dan sosial masyarakat. Atau dengan kata lain, pelanggaran HAM ini terjadi karena adanya kesenjangan politik dan sosial.

Misal, ketidaksetaraan posisi politik dan sosial negara, mengakibatkan buruknya tata kelola dan kompleksitas sosial.

Faktor eksternal pelanggaran HAM, salah satunya, yakni lemahnya sistem hukum.

Baca juga: Jenis HAM Menurut UU Nomor 39 Tahun 1999

Kasus pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) terjadi, karena pelakunya tidak pernah dihalangi secara keras oleh pemerintah, lewat aturan.

Bahkan tak jarang dari pelaku tersebut, berani melakukan tindak pelanggaran lagi, karena lemahnya peraturan dan sistem hukum.

Faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM juga datang dari ketimpangan atau kesenjangan ekonomi yang terjadi di masyarakat.

Faktanya, kondisi ekonomi sering kali menggiring seseorang untuk melakukan tindak pelanggaran HAM.

Selain empat faktor di atas, penyebab eksternal pelanggaran HAM lainnya ialah penyalahgunaan teknologi dan kurangnya sosialisasi tentang HAM (Hak Asasi Manusia).

Baca juga: Arti dari Hak Asasi Manusia (HAM) Tidak Dapat Dibagi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi