Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengetahui Pemanfaatan Aliran Sungai di Singapura

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Rahma Atillah
Ilustrasi Tempat Ikonik di Singapura
Penulis: Rahma Atillah
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com - Singapura terdiri atas pulau-pulau kecil, dan merupakan dataran rendah yang rata dan sisanya adalah beberapa bukit kecil dan sungai-sungai.

Sungai-sungai di Singapura umumnya pendek dan berarus deras, karakteristik tersebut sesuai untuk keperluan pembangkit listrik, saluran irigasi, dan sumber air bersih.

Pembangkit listrik 

Sebagian besar wilayah di Singapura memiliki karakteristik sungai-sungai dengan aliran yang pendek, namun memiliki arus yang deras.

Sungai dengan aliran yang pendek-pendek dan turun dari dataran yang tinggi dan curam biasanya memiliki arus yang deras, di mana derasnya arus sungai dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Perbedaan Kondisi Bentang Alam Indonesia dan Singapura

Arus yang deras tersebut merupakan energi potensial yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dengan memanfaatkan tenaga potensial yang tersedia.

Kondisi air yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasil listrik memiliki karakteristik dengan kapasitas aliran dan ketinggian tertentu dari sistem saluran airnya.

Saluran irigasi 

Negara Singapura tidak memiliki sungai yang berlimpah airnya, di mana aliran sungainya relatif kecil dan pendek.

Umumnya, sungai-sungai kecil dan pendek di Singapura mengalir dari daerah perbukitan ke pantai, kecuali di sebelah selatan.

Baca juga: Singapura: Letak Wilayah, Sistem Pemerintahan, dan Keadaan Penduduk

Kondisi alam Singapura tidak banyak memiliki kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan, sehingga lebih mengandalkan industri jasa seperti pariwisata dan perdagangan.

Maka, dengan derasnya arus sungai di Singapura dapat menjadi potensi penghidupan bagi banyak penduduk serta dimanfaatkan untuk sumber irigasi pertanian.

Sumber air bersih

Saat ini, Singapura telah mampu menyediakan kebutuhan air bersih bagi penduduknya melalui manajemen pengelolaan air yang baik. 

Singapura mampu mengolah kembali air limbah, melakukan desalinasi (menghilangkan garam dan mineral dari air laut), memperluas area tangkapan air, dan mengefisiensikan penggunaan air serta manajemen pengelolaannya.

Baca juga: Kondisi Sosial Budaya di Singapura

Dengan demikian, meski terdapat keterbatasan daerah tangkapan air dan sumber air baku di wilayahnya, Singapura mampu mencukupi kebutuhan air bersih dengan berbagai inovasinya.

Melalui drainase permukaan, sungai dan reservoar, kemudian air sungai akan masuk ke instalasi pengolahan untuk diolah menjadi air bersih.

Baca juga: Mengapa Singapura Lebih Berfokus pada Perdagangan dan Industri?

Referensi:

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi