Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interaksi Wilayah: Pengertian dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Hubungan antara dua wilayah atau lebih yang menimbulkan gejala baru disebut interaksi wilayah. Contoh interaksi wilayah adalah Jakarta dan Bogor.
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Hubungan antara dua wilayah atau lebih yang menimbulkan gejala baru disebut interaksi wilayah.

Tiap kawasan atau daerah perlu berinteraksi, demi memenuhi kebutuhan mereka. Sebab, tak semua kebutuhan bisa terpenuhi hanya dengan mengandalkan sumber daya sendiri.

Apa itu interaksi wilayah?

Pengertian interaksi wilayah

Dilansir dari situs Wiley Online Library, interaksi wilayah adalah konsep dasar yang menerangkan bagaimana antarwilayah bisa saling berinteraksi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spatial interaction atau interaksi wilayah, pada dasarnya, berkaitan dengan pergerakan orang, abrang, jasa, energi, hingga informasi.

Baca juga: Integrasi Wilayah: Pengertian dan Contohnya

Sementara itu, dikutip dari situs Science Direct, interaksi wilayah adalah konsep yang menggambarkan ketergantungan dua wilayah atau lebih secara fungsional.

Pengertian interaksi wilayah adalah istilah umum untuk tiap pergerakan orang, barang, atau informasi yang dihasilkan dari proses pengambilan keputusan.

Contoh interaksi wilayah yang mungkin terjadi, yakni perpindahan penduduk (migrasi), perjalanan untuk rekreasi, dan penggunaan fasilitas kesehatan.

Jika disimpulkan, pengertian interaksi wilayah adalah interaksi atau hubungan dua wilayah atau lebih yang melibatkan pergerakan subyek maupun obyek.

Contoh interaksi wilayah

Menurut Ernan Rustiadi dalam buku Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (2018), salah satu contoh interaksi wilayah adalah kota Jakarta dan Bogor.

Baca juga: Wilayah: Pengertian dan Contohnya

Kedua kota yang berdekatan ini, meningkatkan peluang terjadinya interaksi wilayah. Sehingga kegiatan ekonomi, pendidikan, dan kesehatannya saling bersinggungan.

Contoh interaksi wilayah lainnya ialah kota Yogyakarta dan Solo. Meski tak bersebelahan, kedua kota ini saling berinteraksi.

Misal, banyak warga Yogyakarta yang datang ke Solo untuk berlibur, menempuh pendidikan, atau berobat, dan begitu pula sebaliknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi