Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdagangan Internasional: Pengertian dan Tujuannya

Baca di App
Lihat Foto
Dok Port Logistics Community
Transaksi barang dan jasa antarnegara melalui ekspor dan impor adalah perdagangan internasional yang mana kegiatan perdagangan antarnegara disebut ekspor dan impor.
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Perdagangan internasional adalah kegiatan pertukaran barang dan jasa antarnegara atau secara internasional.

Tiap negara di dunia tidak ada yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Karena itulah, diperlukan perdagangan internasional.

Pengertian perdagangan internasional

Menurut Eddie Rinaldy, dkk dalam buku Perdagangan Internasional (2021), perdagangan internasional sering juga disebut perdagangan atau bisnis luar negeri.

Banyak pemerintah di berbagai negara yang membutuhkan perdagangan internasional, karena sangat berdampak pada perekonomian nasional dan luar negeri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelaskan pengertian perdagangan internasional! 

Baca juga: 5 Faktor yang Mendorong Perdagangan Internasional

Dikutip dari buku Langkah Awal Memahami Hukum Perdagangan Internasional dalam Era Globalisasi (2019) oleh Venantia Sri Hadiarianti, berikut pengertian perdagangan internasional:

"Perdagangan internasional adalah kegiatan jual beli yang melibatkan dua negara atau lebih, untuk memperoleh keuntungan."

Pengertian perdagangan internasional adalah hubungan peniagaan antara dua negara atau lebih, yang secara garis besar dilakukan lewat impor dan ekspor.

Salah satu ciri perdagangan internasional, yakni harga barang atau jasanya disesuaikan dengan standar atau kesepakatan internasional.

Kesimpulannya, pengertian perdagangan internasional adalah perdagangan antara dua negara atau lebih, secara impor dan ekspor, untuk memperoleh keuntungan.

Baca juga: 4 Hambatan dalam Perdagangan Internasional

Tujuan perdagangan internasional

Dilansir dari Buku Ajar Ekonomi Internasional (2023), salah satu tujuan perdagangan internasional adalah meningkatkan devisa negara. 

Selain itu, tujuan perdagangan internasional lainnya, yaitu:

Dalam buku Pengantar Bisnis Internasional (2023) karya Hardiyono, dituliskan bahwa tujuan perdagangan internasional yang tak kalah penting ialah memajukan kesejahteraan rakyat.

Ketika devisa atau pendapatan negara meningkat, hal ini diharapkan mampu memakmurkan bahkan memajukan kesejahteraan rakyat.

Baca juga: Ruang Lingkup Perdagangan Internasional

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi