Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daur Hidup Cacing Kremi

Baca di App
Lihat Foto
cdc.gov
Daur hidup cacing kremi
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Seorang anak kecil sering menggaruk anusnya karena gatal dan oleh dokter diidentifikasi karena ada infeksi cacing. Cacing yang menginfeksi anak tersebut adalah …

  1. Ascaris lumbricoides
  2. Taenia saginata
  3. Oxyuris vermicularis
  4. Wuchereria bancrofti
  5. Ancylostoma duodenale

Jawabannya adalah c. Oxyuris vermicularis atau cacing kremi. Untuk lebih memahaminya, simaklah penjelasan tentang daur cacing kremi di bawah ini!

Baca juga: Mengapa Cacing Suka Tempat Gelap?

Daur hidup cacing kremi dimulai ketika telur cacing masuk ke dalam mulut dan tertelan dari permukaan yang terkontaminasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telur cacing kremi yang tertelah kemudian masuk ke dalam saluran pencernaan dan menetas di usus kecil.

Menurut Brian F. Jones dan Michael Capello dalam Encyclopedia of Gastroenterology (2004), larva cacing kremi mengalami beberapa kali pergantian kulit dan akhirnya bekermbang menjadi dewasa ketika mencapai usus besar.

Cacing kremi memakan darah dan juga jaringan di dalam usus manusia yang diinfeksinya.

Baca juga: Mengapa Cacing Mati jika diberi Garam?

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, cacing kremi betina dewasa mencapai ukuran delapan hingga 13 milimeter, sedangkan cacing kremi jantan dewasa mencapai ukuran dua hingga tiga millimeter.

Setelah dewasa, cacing kremi dapat kawin di usus kecil. Betina yang hamil kemudian akan bermigrasi ke rektum atau anus pada malam hari.

Dilansir dari Biology LibreTexts, telur yang tertutup lapisan lengket kemudian dikeluarkan dan disimpan di bagian luar atau dekat anus.

Lapisan lengket tersebut membuat telur cacing kremi mudah menempel pada pakaian, seprai, tangan, dan kuku. Terutama, jika seseorang yang mengalami infeksi menggaruk anusnya.

Telur yang menempel tersebut dapat ikut tertelan ketika seseorang makan dan mengawali daur hidup cacing kremi dari awal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi