Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candra Panatacara Panggih Pengantin: Gagrak Surakarta

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/ElizaNavianaDamayanti
Candra Panatacara Panggih Penganten: Gagrak Surakarta Hadiningrat
|
Editor: Serafica Gischa

 

KOMPAS.com – Panggih pengantin adalah upacara tradisional Jawa yang melibatkan keluarga kedua mempelai sebagai tanda persetujuan pernikahan.

Candra adalah kalimat pengibaratan di dalam bahasa Jawa, dengan melihat anggota tubuh yang bergerak dan melihat obyek yang lain.

Urutan panggih gagrak Surakarta 

Berikut urutan panggih gagrak Surakarta beserta penjelasannya: 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balang gantal

Balangan artinya melempar, sedangkan gantal artinya daun sirih yang diisi dengan bunga pinang, kapur sirih, gambir, dan tembakau yang diikat dengan menggunakan benang lawe.

Piyak antiga

Piyak antiga yaitu upacara pemecahan telur ayam dengan menggunakan kaki mempelai lelaki.

Wijikan

Wijikan masih lanjutan dari bagian piyak antiga. Setelah telur diinjak, mempelai wanita membasuhnya dengan air bunga ke kaki mempelai lelaki.

Baca juga: Mengenal Bedhaya Ketawang, Tarian Sakral dari Keraton Surakarta

Sinduran

Sinduran dengan cara Ibu dari pengantin wanita menyelimuti kedua lengan pengantin dengan kain sindur. Setelah itu kedua pengantin berjalan pelan-pelan menuju tempat duduk pengantin, diikuti oleh kedua orangtua.

Pangkon timbang

Pangkon timbang dilakukan dengan cara mempelai wanita mendudukan kedua mempelai ke kursi pengantin sambil memegang dan menepuk-nepuk bahu keduanya.

Tanem Jero

Tanem jero memiliki makna agar kedua mempelai telah ditanam agar menjadi pasangan yang mandiri.

Kacar-kucur

Kacar-kucur dilakukan dengan cara mempelai pria menuangkan isi keba ke pangkuan wanita dan diterima dengan kain sindur.

Dulangan

Dulangan yang dimaksud adalah kedua mempelai saling menyuapi nasi.

Contoh candra sesuai dengan urutannya

Berikut beberapa contoh dari urutan candra panggih gagrak surakarta, yaitu: 

Balang gantal 

Gantal pratitis dhumawah ing angganipun penganten putri dening penganten kakung. Semanten ugi, sakwangsulipun. Nedahaken pakartining gondhang tutur lan gondhang kasih ingkang ngemu pitutur luhur ing salebeting sarana. Suruh hayu ingkang beneh lumah lan kurebipun, mratandhani penganten kakung lan putri ingkang beneh setunggal lan setunggalipun. Nanging, nalika ginigit tuwuh rasa datan wonten prabedanipun. Sedaya tinangsulan lawe utawi benang warni abrit, minangka pratandha wani pinanggih prakawis ingkang becik. Memangung kulawarga.

Artinya:

Pengantin wanita diantar oleh pengantin pria. Memang begitulah adanya. Tunjukkan keterampilan berbicara dan cinta yang mengandung nasihat hebat dalam mediumnya.

Beritahukan kepada mempelai laki-laki dan perempuan untuk menjadi satu dan sama. Namun saat menggigit rasa datanya ada perbedaan.

Semua jawabannya adalah benang merah atau benang merah, sebagai tanda keberanian mencari hal baik. Merawat keluarga

Baca juga: 4 Fungsi Keraton dalam Budaya Jawa

Piyak antiga

Wujud esthining lampah penganten kakung andadosaken penganten putri manembah prasetya mring lakinira. Samangsa parabotanipun pyak antiga sampun sawega, penganten putri nyumanggakaken garwanipun amiyak garbaning wiji sejati. Antiga-tigan, utawi endhog ingkang sampun kapiyak, pecah prol sanalika. Wujudipun dados tigang warni, klothokan, kuning, lan warni bening. Antiga minangka wewarah tetiganing sastra wedha, bener, jujur, lan adil ingkang ugi sinebat Tri Sula Wedha. Mugi-mugi, sipat tetiga rumasuk-rumesep mring badanipun penganten, dadya lalambaraning laku memangun kulawarganira.

Arinya:

Wujud sebenarnya dari tindakan mempelai pria dan komitmen mempelai wanita terhadap mempelai wanita. Begitu pakaian wanita tua itu siap, pengantin wanita meminta suaminya untuk mengawinkannya dengan benih asli.

Antiga-tigan atau telur yang sudah menetas langsung pecah. Bentuknya tiga warna, klotokan, kuning, dan bening.

Antiga merupakan ungkapan sastra Wedha, benar, jujur, dan adil, yang disebut juga dengan Tri Sula Wedha. Harapannya, ketiga kodrat tersebut merasuk ke dalam tubuh kedua mempelai, dan perjalanan berumah tangga sekeluarga.

Wijikan 

Minangka wanita sigaraning nyawa kang sejati, penganten putri anetepi jejibahanipun, njejamas suku-samparan utawi sikil penganten kakung kanthi tirta lan sekar. Maweh pralampita bilih penganten putri minangka jejer gandhenganing gesang nggadhahi sipat wajib ngemutaken mring laku singlar bilih garwa pribadi lumampah ing tindak ingkang kirang prayoga. Sipat banyu bening kadi weningipun cipta lan rasa, dene sekar-sekaring jagad angganda arum nedahaken reseping laku ingkang kebak ing pangalembana becik sasama-samaning dumadya. Pramila, nalika rumaos bombong ing sajroning manah, penganten kakung andherekaken garwanipun jumeneng jajaring patra, memangun endahing kulawarga.

Artinya:

Sebagai wanita kehidupan sejati, mempelai wanita menunaikan tugasnya dengan membalut kaki mempelai pria dengan air dan bunga.

Dikatakan bahwa mempelai wanita sebagai subyek hubungan hidup mempunyai sifat wajib untuk mengingatkan perilaku lajang bahwa istri pribadi sedang berjalan dengan cara yang tidak patut.

Sifat airnya yang jernih menjadi sumber kreativitas dan cita rasa, sedangkan wewangian dunia menunjukkan resep perilaku baik yang penuh pujian baik dari sesama manusia.

Karena itulah, ketika merasakan cinta di hatinya, mempelai laki-laki dan istrinya berdiri bersama di patra, mempertemukan keindahan keluarga.

Baca juga: Mengenal Tari Klasik Keraton 

Sinduran

Rama lan Ibu sampun miyarsa lampahipun penganten. Kekalihipun rumaos marem sajroning penggalih. Penganten kekalih dipun-kukub mawi sindur warni gula klapa utawi abang-putih, anjangkepi kawruh kekalihipun kalyan kawruhipun gesang rama lan ibu. Rama matrap ing ngarsa sung tuladha, penganten mriksani ing madya memangun karsa, dene ibu mapan tut wuri handayani. Tegesipun, nalika rama sampun paring patuladhan becik, wiwit mangarsani gesang penganten putri ngantos manggih jathu-kramanipun, penganten kekalih kesdu sinau mring patuladhan becik punika. Pramila, ing benjang, penganten kekalih bakal tetiru ambangun kulawarga ingkang sae, malah kepara pantes tinulad sinudarsana becik mring kulawarga sanesipun. Samukasiwipun lampah menika tansah kapangestoni dening ibu ingkang rinten kalawan dalu nyenyadhong donga pangajab rahayu mring Gusti ingkang Mahaasih. 

Adat sinduran sampun badhe paripurna. Rama ibu lan penganten kekalih wiwit minggah ing sitinggil, tumuju ing dhampar kencana, panti pinajang. Isinipun, amung raos bingah ing sajroning manah, awit penganten kekalih pranyata katampi dening kulawarga agung lan bebrayan agung. Kapiyarsa minangka kulawarga enggal ingkang bakal bakuh samukawisipun. Sindur warni gula-klapa sampun kaprenahaken malih dening Juru Sumbaga Wasis. Pramila, badhe kalampahaken adat pangkon timbang dening rama lan ibu.

Artinya:

Ayah dan Ibu telah mendengar tentang calon pengantin. Keduanya merasa puas dengan kenikmatannya. Kedua mempelai dihias dengan sutra berwarna gula kelapa atau merah putih, untuk melengkapi pengetahuan hidup Ayah dan Ibu mereka.

Sang ayah berdiri di depan teladan, mempelai laki-laki sedang memeriksa di tengah wasiatnya, sedangkan sang Ibu berdiri Tut Wuri Handayani. Dengan kata lain, ketika sang Ayah sudah memberikan teladan yang baik, mulai dari menjalani kehidupan calon pengantin hingga menemukan pernikahannya, maka kedua calon pengantin pun ingin sekali belajar dari teladan baik tersebut.

Oleh karena itu, ke depannya kedua calon pengantin akan berusaha membangun rumah tangga yang baik. Akhir dari perjalanan ini selalu dihadiri oleh para Ibu yang bermalam dengan berdoa memohon ridho Tuhan Yang Maha Penyayang.

Adat sinduran akan segera selesai. Ayah, Ibu dan kedua mempelai mulai menaiki tangga, menuju singgasana raja, panti pinajang. Isinya, hanya perasaan gembira di hati, karena kedua mempelai diterima dalam keluarga besar dan pernikahan yang hebat. Dikatakan bahwa ini adalah keluarga baru yang akan memiliki segalanya.

Sindur berwarna gula kelapa kembali dihadirkan oleh Juru Sumbaga Wasis. Oleh karena itu, kebiasaan menimbang kandungan oleh Ayah dan Ibu akan dilaksanakan.

Pangkon timbang

Nalika pun rama pinarak jenak. Ibu anuduh pundhak kanan lan kering penganten, saprelu kalenggahaken ing wentis Rama penganten putri. Lenggahipun penganten kekalih, bapa penganten putri rumaos sengsem. Esemipun rama adamel eramipun ibu penganten putri. Pramila, pun ibu lajeng nyuwun priksa dhumateng garwanipun, 

“abot pundi, Pak?” (disampaikan oleh Ibu)

“padha abote, Bu.” (disampaikan oleh Bapak)

Warta becik menika nedahaken bilih penganten kekalih pancen sami awratipun. Tegesipun, bibit-bebet-lan bobot penganten kekalih boten wonten bentenipun. Sami jejeripun, sami tanggel jawab ingkang badhe karampungi dening kulawarga enggal menika.

Baca juga: Beksan Lawung Ageng, Tarian Pusaka Keraton Yogyakarta

Artinya:

Meski sang Ayah sedang marah. Sang Ibu meletakkan bahu kanan mempelai wanita yang kering, lalu duduk di kaki Ayah mempelai wanita. Saat kedua mempelai duduk, Ayah mempelai wanita terkesan. Senyuman sang Ayah membuat Ibu mempelai wanita tersenyum. Oleh karena itu, sang Ibu kemudian meminta suaminya untuk memeriksa,

“Berat yang mana, Pak?” (disampaikan oleh Ibu)

"Sama beratnya, Bu." (disampaikan oleh Ayah)

Kabar baiknya, kedua calon pengantin memang memiliki berat badan yang sama. Dengan kata lain, tidak ada perbedaan antara keturunan dan berat badan kedua calon pengantin. Hal yang sama, tanggung jawab yang sama yang akan diemban oleh keluarga baru ini.

Tanem jero

Bapa penganten putri malajeng jumeneng ing ngajengipun penganten, angungkuri para kadang ingkang miyarsa. Asta kekalih nyenyandhak pundhak penganten. Sanalika kanthi manteb, Bapa penganten putri nglenggahaken penganten kekalih. Katandur penganten, kalenggahaken penganten kekalih. Kados dene sipat tetanduran. Bakalipun, penganten kekalih ginanjar ngrembaka, kebah tetuwuhan, paring pangayoman para kadang ingkang nandang dhuhkita. Tegesipun, gesang penganten bakal kebak ing rejeki, saguh angayomi. Pramila, bapak lan ibu sampun pitados mring laku gesang ingkang bakal tinakdir mring kekalihipun. Rama-ibu kondur pinarak mriksani saking katebihan.

Artinya:

Ayah mempelai wanita kemudian berdiri di depan mempelai wanita, dan orang-orang yang mendengarkan pun terkejut. Kedua tangannya bersandar di bahu mempelai wanita. Segera dengan penuh percaya diri, Ayah mempelai wanita mendudukkan kedua mempelai. Ketika kedua mempelai sudah duduk, maka kedua mempelai pun ikut duduk. Sama seperti sifat tumbuhan.

Sesungguhnya kedua mempelai akan tumbuh subur, segala tanaman, memberikan perlindungan kepada mereka yang sedang kesusahan. Dengan kata lain, kehidupan kedua mempelai akan penuh rejeki, mampu mengayomi.

Oleh karena itu, Ayah dan Ibu telah meyakini jalan hidup yang akan diperuntukkan bagi mereka berdua. Para Ibu kembali ke rumah untuk melihat dari kejauhan.

Baca juga: Arti Motif Batik Keraton, Batik Cuwiri, Batik Pringgodani, dan Batik Sekar Jagad

Kacar-kucur 

Wijang inglang lampah, juru sumbaga nyiyagakaken parabotanipun tampa kaya utawi kacar-kucur dana kaya. Kados dene naminipun adat, penganten kakung badhe ngasokaken kacang kawak, beras kuning, redana receh, sinartan sekar melathi ingkang sampun piniji mring pangkonipun penganten putri. Kanthi sipat gemi, nastiti, ngati-ati, penganten kakung ngasokaken sarana datan wonten pedhotipun. Semanten ugi, penganten putri anampi sumpah prasapa penganten ingkang bakal ngayomi tanpa wonten bab-sarana ingkang dipunsingidaken utawi dipun-delikaken, dana pangupa gesang menika karukti kanthi kebak ing pangati-ati ugi. Pramila, kekalihipun bakal ginanjar sugih, turah ing rejeki.

Dhasar pribadi becik ingkang kagadhahi, penganten kakung tansah ngemutaken garwanipun, kedah eling mring tiyang sepuh. Nadyan amung putra mantu, nanging bektinipun kepara nglangku-nglangkungi para putra pribadi rama-ibu penganten putri. Lampah menika katedahaken, penganten kekalih maringaken srana kacar-kucur menika ing ngarsanipun rama lan ibu penganten putri.

Kados pundia, rama lan ibu penganten bakal sepuh lan boten gadhah daya menapa-menapa. Amung nyenyadhong sih wilasanipun putra, murih saged nglajengaken gesang, memanjang yuswa, lan rumaos ayem-tentrem. Pramila, kekalihipun bakal janji tansah bekti mring kekalihipun. Bombong birawanipun manah rama-ibu, nalika anampi srana kacar kucur punika.

Artinya:

Di tengah aksinya, juru sumbaga menyiapkan perabotannya untuk menerima kekayaan atau menghamburkan dana kaya. Sesuai dengan nama adatnya, mempelai pria akan mempersembahkan kacang kawak, nasi kuning, redana receh, dan bunga melati yang diletakkan di pangkuan mempelai wanita.

Dengan sifat gemi, nastiti, hati-hati, mempelai pria menawarkan sarana tidak ada putusnya. Sekaligus kedua mempelai mengucapkan sumpah mempelai laki-laki yang akan melindungi tanpa ada maksud untuk disembunyikan atau disembunyikan, dana kehidupan penuh dengan kepedulian. Maka dari itu, keduanya akan kaya, lebih direjekinya.

Memiliki landasan pribadi yang baik, mempelai pria selalu peduli terhadap istrinya, ia harus mengingat orang tuanya. Walaupun hanyalah seorang menantu, namun pengabdiannya melampaui putra-putra pribadi Ibu mempelai wanita. Langkah ini ditunjukkan, kedua mempelai melewati cacar di hadapan Ayah dan Ibu mempelai wanita.

Dengan demikian, Ayah dan Ibu mempelai wanita akan sudah tua dan tidak mempunyai kekuasaan apa pun. Hanya dengan menjaga belas kasihan putranya, ia dapat melanjutkan hidupnya, memperpanjang umurnya, dan merasa damai. Oleh karena itu, keduanya akan berjanji untuk selalu berbakti kepada keduanya. Hati Ibu dan Ayah diliputi kegembiraan, saat mendapat perhatian seperti ini.

Baca juga: Tari Gambyong, Tari Tradisional Jawa Tengah

Dulangan

Penganten kekalih nedya pinarak angresepi swasana, angrahapi dhaharan, dulang-dulangan, kembul bujana. Sarana ingkang sampun kasiyagakaken Juru Sumbaga mawujud sekul jangkep ing lawuh sampun kaparingaken mring penganten. Kekalihipun gilir gumantya dulang-dulangan, penganten kakung andulang penganten putri, semanten ugi kosok wangsulipun. Manggih piwulangan luhur, samangsa memangun kulawarga parikedah linambaran tresna, asah-asih-asuh, murih lestari lan ngrembakanipun kulawarga. Penganten putri hangrimat penganten kakung, penganten kakung angrimat penganten putri. Ing benjang bakalipun. Nama limrah bilih penganten putri lelabuh mring garwanipun. Nanging kepara ing kahanan kulawarga, penganten kakung ugi  kedah siyaga ngrimat penganten putri. Wonten bab-bab wingit ingkang bakalipun amung saged dipun-labuhi dening penganten kakung, kados dene rerimat sakbibaripun babaran utawi lairan. Upamiya dipun-byantu piyantun sanesipun, malah adamel kuciwa utawi malah kepara andadosaken saru lan kirang prasaja.

Adat punika ugi sinebat kembul bujana. Kembul kumpul, bojana inggih anane mung bojo utawa sigaraning nyawa ingkang mapah ing penggalih lan pangrasa. Isinipun, amung tresna lan asih, engga boten bakal nalingsir saking kahanan lan pakarti becik.

Lampah adat dulangan kapungkasi ngonjuk tirta wening utawi banyu bening. Tirta narabas sakehing sesereting dhaharan. Bilih seret dhahar mujudaken sukerta utawi pepalang, pramila, tirta utawi banyu ingakang mujudaken sipating panggalih ingkang bakal ngleremaken prakawis utawi pepalang. Isening pamulangan luhur. Penganten kekalih pancen parikedah kagungan penggalih ingkang tansah adhem lan mbayu-mili kados sipatipun toya. Boten kaku, boten nengenaken agaling penggalih. Bab menika ingkang adamel tentremipun kulawarga penganten, benjangipun.

Artinya: 

Kedua mempelai sedang menikmati suasana, makanan, hidangan, upacara pernikahan. Sarana yang telah disiapkan oleh Juru Sumbaga berupa satu set masakan lengkap telah diberikan kepada kedua mempelai. Keduanya bergantian menjaga satu sama lain, mempelai pria menjaga mempelai wanita, dan sebaliknya.

Temukanlah hikmah yang luar biasa, ketika membangun sebuah keluarga, praktikkanlah keluarga yang penuh kasih sayang, kepedulian, kepedulian, lestari dan sejahtera. Pengantin wanita memberi salam kepada pengantin pria, pengantin pria memberi salam kepada pengantin wanita. Hari berikutnya. Merupakan hal yang lumrah bagi calon pengantin untuk menikah dengan suaminya. Namun dalam situasi kekeluargaan, pihak mempelai pria juga harus siap menjaga mempelai wanita. Ada hal yang hanya bisa dilakukan oleh kedua mempelai, seperti upacara pernikahan. Jika ditolong orang lain, malah pekerjaannya akan kecewa atau bahkan dibuat cabul dan kurang sederhana.

Baca juga: 5 Lagu Daerah di Jawa Tengah

Adat ini disebut juga kembul bujana. Berkumpul bersama, suami adalah satu-satunya istri atau belahan jiwa yang mampu mengungkapkan perasaan dan emosinya. Isinya hanya cinta dan kasih sayang, tidak akan lepas dari situasi dan perilaku yang baik.

Langkah adat Dulangan diakhiri dengan mengunjungi air jernih. Tirta memecahkan semua makanan itu. Jika hambatan atau hambatan makanan adalah hambatan, maka air adalah sifat pikiran yang akan menyelesaikan masalah atau hambatan tersebut. Isi pendidikan tinggi. Kedua calon pengantin ini memang memiliki hati yang selalu dingin dan mengalir bagai sifat air. Tidak sulit, tidak sulit. Hal inilah yang membuat keluarga calon pengantin bahagia keesokan harinya.

Referensi:

  • Puspitosari, E. (2011). Kajian Stilistika Panyandra Penganten Jawa Adat Surakarta. digilib.uns.ac.id.
  • Sidhiq Hidayatulloh, S. T. (2021). Panatacara Text of Sanggar Pasinaon Pambiwara Keraton Surakarta as a Nation Character Builder in Language Politeness. Atlantis Press. 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi