Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Itu Petruk?

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/ElizaNavianaDamayanti
Petruk adalah salah satu tokoh Punakawan dalam pewayangan Jawa. Petruk tidak disebutkan dalam kitab Mahabarata karena Petruk merupakan tokoh pewayangan gubahan asli Jawa.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Petruk adalah salah satu tokoh Punakawan dalam pewayangan Jawa. Petruk tidak disebutkan dalam kitab Mahabarata karena Petruk merupakan tokoh pewayangan gubahan asli Jawa.

Petruk adalah anggota punakawan yang paling cerdas di antara dua saudaranya. Petruk juga merupakan tokoh wayang pria yang dikenal dengan leluconnya. Secara keseluruhan kisah-kisah yang bercerita tentang Petruk sudah pasti berisikan lelucon-lelucon saja. 

Sejarah Petruk

Petruk mempunyai nama asli yaitu Bambang Pecruk Panyukilan. Petruk merupakan anak dari Begawan Salantara yang berwujud rasaksa. Petruk bertempat tinggal di Pecuk Pecukilan. Istri Petruk Bernama Dewi Prantawati, putri dari Prabu Sri Bathara Kresna, dan dianugerahi anak yang Bernama Bambang Lengkungkusuma.

Di dalam ilmu pedalangan, Petruk mempunyai kakak Bernama Kyai Ki Lurah Nala Gareng dan adik Bernama Kyai Ki Lurah Bagong.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petruk dikenal dengan pribadi yang senang bercanda dengan siapapun. Dengan hobi berkelahi, menyebabkan Petruk selalu mencari masalah.

Ia juga bisa dijuluki jago kandang dikarenakan ia hanya berani berkelahi di daerah tempat tinggalnya saja. Tapi Petruk sadar akan hal itu dan memutuskan berkelana untuk menguji kesaktiannya.

Baca juga: Mengenal Tokoh Wayang Semar

Nama lain Petruk

Nama lain Petruk, yaitu:

Lihat Foto
commons.wikimedia.org/ Tropenmuseum
Gambaran fisik Petruk

Bentuk fisik Petruk

Ciri khas fisik yang dimiliki Petruk:

Keistimewaan Petruk

Petruk mempunyai 5 sifat yang istimea di dalam dirinya, yaitu:

Baca juga: 11 Tembang Macapat: Arti, Guru Gatra, Guru Wilangan, dan Guru Lagu

Kesaktian Petruk

Petruk mempunyai kesaktian, yaitu:

 

 

Referensi:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi