Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candra Panatacara Panggih Pengantin: Gagrak Yogyakarta

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/ElizaNavianaDamayanti
Candra adalah kalimat pengibaratan di dalam bahasa Jawa. Dengan cara melihat anggota tubuh yang bergerak dari sesesorang dan mengubahnya menjadi kalimat yang indah
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Panggih pengantin adalah upacara tradisional Jawa yang melibatkan keluarga kedua mempelai sebagai tanda persetujuan pernikahan.

Candra adalah kalimat pengibaratan di dalam bahasa Jawa. Dengan cara melihat anggota tubuh yang bergerak dari sesesorang dan mengubahnya menjadi kalimat yang indah.

Urutan panggih pengantin gagrak Yogyakarta

Berikut adalah urutan panggih pengantin gagrak Yogyakarta beserta penjelasannya:

Balang gantal 

Balangan artinya melempar, sedangkan gantal artinya daun sirih yang diisi dengan bunga pinang, kapur sirih, gambir, dan tembakau yang diikat dengan menggunakan benang lawe. Dilakukan dengan cara melempar dari arah berlawanan dengan jarak sekitar 2 meter.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wijikan 

Wijikan artinya mempelai Wanita membasuh kaki mempelai lelaki dengan air dan bunga. Dengan tujuan mencerminkan bakti istri terhadap suami agar rumah tangga berjalan dengan harmonis.

Tetes wiji dadi

Tetes wiji adalah prosesi pemecahan telur dan diusapkan ke dahi kedua mempelai.

Kirab tumuju sasana palenggahan

Artinya adalah kedua mempelai berjalan pelan-pelan menuju tempat duduk pengantin dan diikuti oleh kedua orang tua pengantin.

Tampa kaya

Tampa kaya adalah upacara seperti kacar-kucur versi Surakarta. Mempelai pria menuangkan isi keba yang berisi beras kuning, kacang, kedelai, uang logam, kembang telo ke pangkuan mempelai Wanita yang sudah terselimuti oleh kain sindur.

Dhulangan 

Dhulangan adalah bagian upacara saling suap menyuap nasi anatara kedua mempelai. Mempelai pria membuat 3 kepalan nasi kuning dan diletakkan di piring yang dipegang oleh pengantin Wanita.

Contoh candra panggih pengantin gagrak Yogyakarta

Berikut adalah contoh candra panggih pengantin gagrak Yogyakarta:

Balang gantal

Ngancik wahyaning mangsa kala, dhumawahing kodrating Hyang Kuwasa. Penganten kakung, ingkang winastan gondhang kasih. Datan saranta penganten kakung gya gumantya ambalang gantal ingkang winastan gondhang tutur. Punapa ta wujud sarta wredining gantal ingkang kinarya bebalanganing penganten sarimbit.

Pranyata, wujuding gantal dumadi saking sedhah lininting tinangsulan lawe wenang, sarta pinilih suruh ingkang atemu rose, ingkang amengku wredi sinandi: Suruh, yen dinulu lumah lawan kurepe, nanging lamun ginigit padha rasane. Menika amengku wredi sanadyan kang sajuga jejer priya kang sawiji putri, nanging lamun wus manunggal tekade, bisa manunggal cipta, rasa, miwah karsane, pinasthi jatukramanipun.

Artinya

Mengubah visi masa lalu, kekuatan Yang Mulia. Mempelai laki-laki yang penuh cinta. Bersama kedua mempelai, sepasang suami istri sedang berbincang bersama. Apa bentuk dan makna calon pengantin. Ternyata, bentuk gantal itu terdiri dari sedah silinting yang dijawab oleh yang berwibawa, dan memilih untuk menceritakan kepada yang bertemu dengan mawar itu, yaitu hatiku: Katakanlah, kalau pertama kali digigit, maka itu adalah akan sama dengan yang lain, namun jika digigit maka rasanya akan sama. Maksudku, walaupun laki-laki yang punya anak perempuan, tapi kalau mereka bersatu dalam tekad, bisa bersatu dalam kreativitas, selera, dan kemauan, mereka pasti akan menikah.

Wijikan 

Katon kambang-kambang kumambanging sekar triwarna kang aneng jroning bokor mawar, mlathi, miwah kanthil. Yekti menika, kinarya pralampita, lamun winawar ing tembung manis lumantar kedaling lathi, dadya pambukaning karyatama kang anggung kumanthil-kanthil ing padoning netra, tumameng tung-tunging nala. 

Artinya

Nampak kupu-kupu beterbangan di dedaunan tiga warna di dalam bunga mawar, melati, dan kantil. Kalau diucapkan dengan kata-kata manis lewat lidah, itulah terbukanya karya yang ada di depan mata, apalagi di penghujung malam.

Tetes wiji dadi

Sakala, kanang antiga tinapak ing pada. Ing pralampita, temanten kakung calon dados lantaraning tuwuh/wiji ingkang suci,pratima bangkit tata jalma,putra kinarya tetalining akrama. Kawistara sri pangantyan kekalih wus pinaringan her wening kang mijil saking kendhi pratala. Menika minangka pralampita mrih sabarang pakarti kang arsi linampahan, linambaran weninging panggalih miwah manteping kalbu, kang tinemu hayu hayem hangayomi. Paripurna gatining kang titi laksana panggih. Bebrayaning putra sarimbit tinuntun rehing kautamen pinayungan ing budi rahayu, wani marang bebener, wedi marang kanisthan. Sang Larasmaya memuji memuja asung pangastawa, umiring kang daweg winiwaha, laju manjing sasana rinengga, lulus raharja, sirna saliring rubeda.

Artinya

Nah, saat itulah Anda menginjak pada. Dahulu sahabat calon suami menjadi benih suci, orang pertama yang bangkit, anak orang saleh. Ini adalah tanda pertama dari segala jenis keterampilan yang penting bagi dunia, ketenangan pikiran dan stabilitas hati nurani, yang ditemukan dalam diri mengayomi. Semuanya seperti pertemuan. Keluarga putra Sarimbit berpedoman pada keutamaan perlindungan dalam semangat kebahagiaan, keberanian terhadap kebenaran, ketakutan terhadap penistaan. Sang Larasmaya memuji dan memuja asung pangastawa, mengagumi orang yang berdiri di winiwaha.

Kirab tumuju sasana palenggahan

Penganten kekalih kairing rama-ibu penganten minggah ing sitinggil. Kapyarsa dening para rawuh kakung-putri, wredha-muda minulya bilih penganten kekalih sampun pinaringan pangestu dening tyang sepuh sajangkepipun. Pramila, bingah raosipun manah awit samukawisipun sampun kapangestoni. Boten namung rama ibu, nanging para rawuh ingkang samya anekseni.

Artinya

Kedua mempelai didampingi oleh orang tua kedua mempelai. Terdengar oleh sepasang suami istri yang hadir, para pemuda bangsawan bahwa kedua mempelai telah diberikan restu secara utuh oleh para sesepuh. Makanya, hatinya senang karena semuanya sudah diurus. Bukan hanya bapak dan ibu, tapi semua yang hadir.

Tampa kaya

Tampa kang ateges nampi, kaya kang ateges hasil pakarya. Menika piwulang lamun kakung ngadahi tanggung jawab tumandang makarya pados pangupa jiwa. Kang kaparingaken dateng ingkang garwa, kagem nyekapi kabetane bale umaAh. Tataning tampa kaya temanten kakung jumeneng hangasta kampil kang isi ubarampe winih pinilih wiji piniji bibit kang bobot. Arupi gabah, jagung, dele lam sak panungaling.

Sekar taman lambange raos kabahagyan mugi tansah pinaringan kasarosan. Lan nglebetaken receh, ora ana akeh tanpa saka setitik, ora ana gede tanpa saka cilik, ora ana mulya tanpa wani rekasa. Uga tansah pinaringan kasuhat. Sedaya ubarampe kasebat kasuntak ing pangkon ingkang garwa. Katadahan mawi sindur manten putri. Tampa kaya kang sumuntak datan wonten ingkang marebel lan kapikir sajiwa.

Awit saking kebake pangatos atos. Angenipun nampi. Mugi, menika dados lelambangan angenipun nampi pinaringan ingkang kakung. Saget dipun cakaken tampi kanthi ughi, setiti, nastiti, lan ngati ati. Asilipun tampa kaya tumuli titipaken dateng wanadya kang pinitados rumeksa widadaning dinakaya.

Datang sanes inggih ingkang ibu. Mugi kasimpen ing pendaringan. Sa ingsampunipun hanampi titipan tampa kaya tumuli paring puji, dedonga. Mugi ingkang putra mangun balai wisma tansah kacekapan pangan, sandang, lan papan. Winantu kasarasan lan kabagyan. Sukur bagi antek kasugeran satema dumadi dateng kulawarga, kadang, kencab lan tangga teparo.

Artinya

Menerima artinya menerima, karena artinya hasil kerja. Inilah hikmahnya jika suami bertanggung jawab atas pekerjaan untuk mencari nafkah. Itu diberikan kepada istri, untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Penataannya ibarat seorang sahabat berdiri di dalam keranjang yang berisi tanaman obat dan benih, memilih benih dari benih yang berat. Terdiri dari padi-padian, jagung, dele lam di panungaling.

Taman adalah simbol kebahagiaan, jadi harap selalu bahagia. Dan dengan memasukkan sebuah koin, tidak ada yang berarti tanpa setetes pun, tidak ada yang besar tanpa yang kecil, tidak ada yang mulia tanpa keberanian. Itu selalu diterima dengan baik. Semuanya konon berada di pangkuan istri. Ini seperti pernikahan putri. Terimalah seolah-olah ada orang yang memberontak dan suka memprovokasi.

Karena penuh dengan kerja keras. Dia ingin menerima. Semoga ini menjadi simbol keinginannya untuk menerima kado dari suaminya. Saget disambut dengan kebaikan, cinta, kebaikan, dan perhatian.

Akibatnya ibarat menitipkan kepada orang yang diyakini orang kaya. Satu lagi adalah ibu. Saya harap itu disimpan di perpustakaan. Setelah menerima titipan, ibarat memberikan pujian dan doa. Saya berharap anak yang membangun wisma ini selalu mendapat cukup makanan, sandang, dan papan. Semoga Anda sehat dan bahagia. Bersyukur atas bantuan kekayaan yang menimpa keluarga, terkadang teman dekat dan tetangga.

Dhulangan

Penganten kekalih nedya pinarak angresepi swasana, angrahapi dhaharan. Sarana ingkang sampun kasiyagakaken Juru Sumbaga, mawujud sekul jangkep ing lawuh sampun kaparingaken mring penganten. menapa ta werdine dedulangan sekul walimah kang kagimi dening pengantin sarimbit, Minangka pralamita ajange urip tumrap ing pengantin sarimbit . awit jroning dedaharan maneka rasa manunggal nyawiji,  ana manis asin asem pait  kudu disonggo lan dirasake bebarengan.

Semana uga urip, maneka rasane urip kudu diyayahi.  awit jroning maneka rasa pacoban kaya kui ,dadi kekuatan pengantin kekalih ngembat wataning baroyo. Sak kepel mbaka sak kepel sak sendok mbaka sak sendok, anggone dedulangan lamun dinulu kadyo peksi ingkang nembe andum katresnan. dadi ruciti penggalih ingkang sami handulu kekalihinya. Manggih piwulangan luhur, samangsa memangun kulawarga parikedah linambaran tresna, murih lestari lan ngrembakanipun kulawarga.

Penganten putri hangrimat penganten kakung, penganten kakung angrimat penganten putri. Nadyan sekedik sekul kang kawulu ananging kadya madeg mandaning jangga. Tumuli juru sembaga  ngaturi unjukan tirta wening. pinanganten sarimbit ngunjuk toyo wening dadi pratandha, kalamun risang pinanganten badhe necep maduning asmoro janmo, manunggalaken ing roso, satemah mijilaken komo warni seto saking pokaling bapa.

Menapa ta werdine tirta wening kang kaunjukan dening pengantin sarimbit. tirta kang kapundut sangking pitung sumber kang ginajab, mugi tansah pikantuk pitulungane gusti kang antera jagat. Tirta wening saking pitung sumber mengku werdi, kekalihipun genya ngancik alam ing madya yo alaming bebrayan. tansah pinambahan wening ing budi weninging cipta, miwah weninging ngraksa.

Artinya

Kedua calon pengantin sedang menikmati suasana dan makanannya. Sarana yang telah disiapkan Juru Sumbaga berupa satu set masakan lengkap telah diberikan kepada kedua mempelai. Apa Arti Upacara Pernikahan Yang Dicintai Kedua Calon Pengantin, Sebagai Kodrat Kehidupan Calon Pengantin. karena di dalam makanan banyak rasa yang menyatu, ada yang manis, asin, asam dan pahit, hendaknya didukung dan dicicipi secara bersama-sama.

Begitu juga hidup, perasaan hidup harus dijalani. karena banyak cobaan seperti ini maka kekuatan kedua mempelai adalah mempertahankan kota Baroyo. Sesendok sesendok sesendok sesendok. jadi senang sekali keduanya memiliki tangan yang sama. Temukan hikmah yang luar biasa, ketika Anda membangun sebuah keluarga, Anda harus mencintai, memelihara, menopang dan mengembangkan keluarga Anda.

Pengantin wanita memberi salam kepada pengantin pria, pengantin pria memberi salam kepada pengantin wanita. Meski sedikit berbulu, namun seperti berdiri di langit. Tumuli sembaga tura tirta wening. mempelai laki-laki meminum air tandanya, jika mempelai laki-laki khawatir, dia akan meminum madu cintamu, menyatukan indra, hingga semakin berwarna dari cangkir sang ayah.

Apa maksud dari gaun pengantin yang diperlihatkan kedua mempelai. tirta yang diambil dari tujuh sumber yang diharapkan, semoga selalu mendapat pertolongan dari Tuhan semesta alam. Ada tujuh sumber hikmah yang keduanya menjadikan dunia tengah dalam dunia pernikahan. selalu ada peningkatan pikiran penciptaan, dan pelestarian pikiran.

 

Referensi:

  • Bangunjiwa, K. J. (2019). Tata Cara Pengantin Jawa. Yogyakarta: Narasi.
  • Didik Supriadi. Unnes, B. J. (Director). (2021). Candra Gagrak Surakarta [Motion Picture].
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi