Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Pemasaran Mikro?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Fadila Rosyada Hariri
Apa itu Pemasaran Mikro?
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Dalam era globalisasi dan persaingan bisnis yang semakin ketat, penting bagi setiap perusahaan untuk memiliki strategi pemasaran yang efektif guna membedakan dirinya dari pesaing.

Salah satu pendekatan yang harus diperhatikan adalah pemasaran mikro. Pemasaran mikro menempatkan konsumen sebagai pusat dari strategi pemasaran, dengan fokus pada pemahaman mendalam terhadap kebutuhan, preferensi, dan perilaku individu.

Baca juga: Mengapa Pemasaran Sangat Penting?

Apa itu pemasaran mikro?

Dilansir dari buku Basic Marketing: A Global-Managerial Approach (2002) karya William D. Perreault dan E. Jerome McCarthy, pemasaran mikro adalah aktivitas yang berupaya mencapai tujuan organisasi dengan mengantisipasi kebutuhan spesifik pelanggan dan mengarahkan aliran barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan dari produsen ke pelanggan. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbeda dengan pemasaran tradisional yang cenderung bersifat massal, pemasaran mikro lebih menitikberatkan pada segmentasi pasar yang lebih kecil dan target audiens yang lebih terfokus.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menciptakan pesan-pesan yang lebih relevan dan menarik bagi konsumen potensial.

Dilansir dari Investopedia, tujuan utama pemasaran mikro adalah untuk berkomunikasi dengan kelompok konsumen yang ditargetkan dan membuat mereka mengambil tindakan, seperti membeli barang atau jasa.

Baca juga: 4 Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Tradisional

Kelebihan dan kekurangan pemasaran mikro 

Dilansir dari Corporate Finance Institute, pemasaran mikro memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut merupakan penjelasannya:

Kelebihan pemasaran mikro

Beberapa kelebihan pemasaran mikro adalah:

Baca juga: Pemasaran Langsung: Pengertian dan Tujuannya

Kekurangan pemasaran mikro

Berikut kekurangan pemasaran mikro, yaitu: 

Baca juga: Sponsorship dalam Pemasaran: Pengertian dan Tujuannya

Contoh perusahaan yang melakukan pemasaran mikro

Perusahaan yang berhasil menerapkan strategi micromarketing adalah Red Bull. Perusahaan memilih pemuda yang berpartisipasi dalam olahraga ekstrim sebagai kelompok sasaran mereka dan membangun strategi pemasaran yang sukses di sekitarnya.

Produsen minuman energi mulai mensponsori acara olahraga ekstrem, seperti cliff diving di Hawaii dan skateboard di San Francisco.

Hal ini menciptakan kegembiraan di kalangan pemuda, yang tertarik pada minuman energi. Acara olahraga ekstrem lainnya yang disponsori Red Bull adalah seperti panjat tebing, selancar angin, dan Formula One Racing.

 

Artikel ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberi tahu kami ke redaksikcm@kompas.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi