Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Tokoh Wayang Yudhistira

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/ElizaNavianaDamayanti
Yudistira adalah yang tertua dari lima Pandawa, atau para putra Pandu. Dalam pewayangan, dia disebut prabu dan diberi julukan Puntadewa, dan kerajaannya disebut Kerajaan Amarta.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Dalam dunia pewayangan Yudhistira juga disebut Puntadewa. Yudhistira adalah salah satu karakter utama dalam cerita Mahabharata.

Ia adalah raja yang memerintah kerajaan Kuru, yang pusat pemerintahannya berada di Hastinapura. 

Yudhistira adalah yang tertua dari lima Pandawa, para putra Pandu. Dalam pewayangan, dia disebut prabu dan diberi julukan Puntadewa, dan kerajaannya disebut Kerajaan Amarta.

Mari Kita berkenalan dengan Yudhistira!

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Yudhistira

Anak Pandu lahir di istana Hastinapura. Kedatangan Bhatara Dharma hanya membantu kelahiran Puntadewa dan memberinya restu.

Puntadewa lahir dari ubun-ubun Kunti berkat bantuan dewa. Dalam pewayangan Jawa, Puntadewa lebih sering disebut, sedangkan Yudhistira baru disebut setelah menjadi dewasa dan raja.

Dalam versi ini, Puntadewa digambarkan sebagai seorang manusia berdarah putih, yang menunjukkan bahwa dia memiliki hati suci dan selalu menegakkan kebenaran.

Baca juga: Fakta Tokoh Wayang Arjuna

Setelah ayah Yudhistira, Pandu, meninggal, Yudhistira kembali ke Hastinapura bersama keempat adiknya yaitu Bima (digambarkan sebagai Bimasena), Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Dretarastra, kakak Pandu yang buta, pada waktu itu memimpin Hastinapura. Kelima putra Pandu, juga dikenal sebagai Pandawa, membuat sepupu mereka, para putra Dretarastra, yang merupakan seratus Korawa yang dipimpin Duryodana, iri. 

Bisma, sesepuh Dinasti Kuru, dan Widura lebih menyukai Yudhistira daripada putra Dretarastra, sehingga Duryodana cemas ketika Yudhistira berhasil dinobatkan sebagai putra mahkota.

Duryodana berusaha menghapus kelima Pandawa, terutama Bima, yang dianggap memiliki kekuatan terbesar. Namun, Yudhistira terus berusaha menyabarkan Bima supaya dia tidak menanggapi tindakan para Korawa.

Nama lain Yudhistira

Nama lain Yudhistira, yaitu:

Istri Yudhistira

Istri Yudhistira, yaitu:

Baca juga: Mengenal Tokoh Wayang Nakula

Senjata Yudhistira

Adapun senjata Yudhistira, seperti:

Sifat Yudhistira

Watak yang dimiliki Yudhistira, adalah:

Keistimewaan Yudhistira

Keistimewaan Yudhistira, yaitu:

Baca juga: Mengenal Tokoh Sadewa

Bentuk fisik Yudhistira

Bentuk fisik Yudhistira, yaitu:

Referensi:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi