Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambulans atau Ambulan, Mana Penulisan yang Benar?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Ambulans atau ambulan? Bagaimana penulisan ambulan yang benar? Menurut KBBI, penulisan ambulan yang benar adalah ambulans (ada huruf s di belakang).
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - "Ambulan itu tiba di rumah sakit sekitar pukul 17.00 WIB, membawa pasien kecelakaan mobil di dekat pantai."

Menurutmu, sudah tepatkah penulisan kata ambulan dalam kalimat tersebut? Jika belum, bagaimana penulisan ambulan yang tepat?

Ambulan atau ambulans

Dilansir dari buku Pedoman Kata Baku dan Tidak Baku (2017) oleh Dini Fitri, penulisan ambulan yang benar adalah ambulans.

Jika kita mencari kata ambulan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hasil penelusuran akan mengarah pada kata ambulans.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut KBBI, ambulans adalah kendaraan (mobil atau lainnya), yang dilengkapi peralatan medis untuk mengangkut orang sakit, korban kecelakaan, dan sebagainya.

Baca juga: Astronaut atau Astronot, Mana Penulisan yang Benar?

Kata ambulans sendiri, kemungkinan besar diserap dari kata "ambulance" dalam bahasa Inggris, di mana pelafalan dan penulisannya cukup mirip.

Dikutip dari situs Cambridge Dictionary, ambulance adalah kendaraan yang dipakai untuk mengangkut orang sakit atau terluka ke rumah sakit.

Menjawab pertanyaan di atas, penulisan kata ambulan dalam kalimat tersebut masih kurang tepat. Karena seharusnya ambulan ditulis ambulans.

Berikut pembenarannya:

"Ambulans itu tiba di rumah sakit sekitar pukul 17.00 WIB, membawa pasien kecelakaan mobil di dekat pantai." 

Baca juga: Akhirat atau Akherat, Mana Penulisan yang Benar?

Berkaitan dengan hal tersebut, ambulans adalah kata baku, yakni kata yang penulisannya sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dan KBBI.

Sebaliknya, ambulan termasuk kata tidak baku, yaitu kata yang penulisannya tidak sesuai dengan EYD dan KBBI.

Walau begitu, kata ambulan tetap bisa digunakan dalam situasi tidak formal. Sementara kata ambulans dapat digunakan dalam situasi formal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi