Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosedur Pertunjukan Musik

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/ElizaNavianaDamayanti
Pertunjukan musik adalah penampilan musik yang dapat dinikmati dan disaksikan oleh berbagai kalangan, baik secara visual maupun auditorial.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Pertunjukan musik adalah penampilan musik yang dapat dinikmati dan disaksikan oleh berbagai kalangan, baik secara visual maupun auditorial.

Prosedur dapat dianggap sebagai langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki atau menyelesaikan suatu aktivitas, seperti pertunjukan.

Jadi, prosedur pertunjukan dapat dijelaskan sebagai langkah-langkah spesifik yang diambil untuk meningkatkan kualitas suatu pertunjukan.

Sebelum pelaksanaan kegiatan pergelaran, penting adanya perencanaan sebagai pedoman yang dapat mengarahkan kepada panitia agar dapat bekerja sesuai dengan tahap-tahap yang ditentukan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi perencanaan pertunjukan seni musik

Adapun fungsi perencanaan dalam kegiatan pergelaran seni musik sebagai berikut:

Baca juga: Fungsi Sosial Seni Musik

Prosedur pertunjukan seni musik

Berikut hal-hal yang harus dibahas dalam menyusun rencana pergelaran, yakni: 

Dalam kegiatan pergelaran seni musik, organisasi kepanitiaan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mewujudkan tujuan kegiatan yaitu terlaksananya pergelaran seni musik sesuai dengan yang direncanakan.

Dengan kegiatan pergelaran seni musik, maksud serta tujuan tersebut diungkapkan dalam sebutan tema. Dan tema yang disampaikan harus sesuai dengan misinya.

Dalam menentukan jenis musik yang ditampilkan, tidak bisa lepas dari tema yang telah ditetapkan. 

Perlu diingat bahwa segala kegiatan pasti memerlukan dana. Oleh karena itu, dalam menetapkan anggaran harus melihat besar kecilnya kegiatan tersebut.

Waktu dan tempat pelaksanaan pergelaran ditentukan dengan banyak pertimbangan agar dapat berjalan sesuai tujuan. Adapun tempat pergelaran dapat dilaksanakan di dalam ataupun di luar ruangan.

Panitia harus memperlihatkan segmen penonton pertunjukan yang akan dilaksanakan.

Ruangan pergelaran adalah tempat kegiatan pergelaran tersebut dilaksanakan. Ruang pergelaran meliputi panggung untuk kegiatan pentas, ruang untuk penonton, ruang ganti, ruang transit, ruang konsumsi, dan ruang panitia.

Dalam persiapan pergelaran hendaknya memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan penataan ruang pergerlaraan, yaitu, tentang dekorasi, pencahayaan, sound system, dan penampilan tema.

Perlengkapan-perlengkapan yang harus ada pada kegiatan pergelaran musik, antara lain peralatan musik, partiture musik, trap untuk penyanyi, sound system, dan kostum pemain.

Baca juga: Pengertian Aransemen dalam Seni Musik

 

Referensi:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi