Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Seni Rupa Postmodern

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/ElizaNavianaDamayanti
Prinsip modernisme telah diubah menjadi form follow fun.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Istilah postmodern diartikan untuk menunjukkan reaksi yang muncul dari dalam modernisme.

Sebuah gerakan yang menolak modernisme dalam birokrasi museum dan akademi. Menjelaskan siklus sejarah baru yang dimulai sejak berakhirnya dominasi barat, surutnya individualisme, kapitalisme, dan kristianitas, serta kebangkitan budaya non barat, hilangnya batas antara seni dan kehidupan sehari-hari. 

Dalam perkembangan selanjutnya, seni khususnya seni rupa telah terjadi pemilahan antara seni murni (pure art) dan seni pakai (applied art/useful art). Dalam konteks ini, postmodern dengan konsep pluralismenya telah menghapus pemilahan atau hierarki antara seni dan desain.

Prinsip modernisme telah diubah menjadi form follow fun. Kedudukan fungsi yang selama ini diagung-agungkan oleh kalangan modernisme mengalami pergeseran pada era postmodern.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, mengenal lebih dekat dengan seni rupa postmodern!

Ciri-ciri seni rupa postmodern

Adapun ciri-ciri dari seni rupa postmodern, yaitu:

Baca juga: Pengertian dan Tokoh Seni Rupa Orphisme, Bauhaus, Kinetic, dan Optic Art

Perbedaan seni rupa postmodern dan modern

Perbedaan karya seni rupa postmodern dan modern adalah:

Bahasa estetik postmodern

Wacana estetik postsmodern mencerminkan bahwa tanda dan makna pada estetika postmodern bersifat tidak stabil, mendua, dan plural (polisemi).

Dalam wacana ini, lebih ditekankan pada permainan tanda, keterpesonaan pada permukaan, dan diferensi daripada makna-makna ideologis yang bersifat stabil dan abadi. Bahasa estetik postmodern bersifat hiperriil dan ironik yang meliputi:

Pastiche 

Pastiche adalah karya sastra, seni, atau arsitektur yang disusun dari elemen-elemen yang dipinjam dari berbagai pengarang, seniman, atau arsitek dari masa lalu.

Parodi 

Parodi adalah sebuah komposisi dalam karya sastra, seni, atau arsitektur yang di dalamnya. Kecenderungan pemikiran dan ungkapan khas dalam diri seorang pengarang, seniman, arsitek, atau gaya tertentu diimitasi (imitasi yang ditandai oleh kecenderungan ironik) sedemikian rupa untuk membuatnya humoristik atau absurd.

Baca juga: Pengertian dan Tokoh Seni Rupa Neoklasikisme, Romantisme, dan Naturalisme

Kitsch 

Kitsch dalam bahasa estetik postmodern sering ditafsirkan sebagai sampah artistik atau sering pula didefinisikan sebagai selera rendah karena lemahnya ukuran atau kriteria estetis.

Camp 

Camp adalah satu bentuk dan dysme (tanpa identitas seks) dan karenanya menyanjung tinggi kevulgaran. Camp sering menekankan dekorasi, tekstur, permukaan sensual, dan gaya dengan mengorbankan isi.

Skizofrenia

Skizofrenia didefinisikan sebagai putusnya rantai pertandaan, yaitu rangkaian sintagmatis penanda yang bertautan dan membentuk satu ungkapan atau makna.

 

Referensi:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi